Thursday, October 29, 2020

iklan arifudin

Sekda

Pemkot Sukabumi Studi Banding di Baubau

Written by  January 30 2020
Foto : La Ode Aswad (Kepala Bappeda Kota Baubau) Foto : La Ode Aswad (Kepala Bappeda Kota Baubau)

BUTONRAYANEWS.CO.DI - Kota Baubau sebagai salah satu daerah terbaik di Sulawesi Tenggara dalam penyusunan perencanaan pembangunan mendapat kepercayaan dari Pemerintah Kota Sukabumi didalam melakukan studi banding.

Kepala Bappeda Kota Baubau, La Ode Aswad mengungkaokan Keberhasilan implementasi program E-Planning menjadikan Kota Baubau layak dijadikan tujuan studi banding. Terbukti, Pemerintah Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat menyambangi Kota Baubau untuk menambah ilmu terkait program itu. Bappeda Kota Sukabumi datang ke Baubau ingin menambah atau berbagi pengalaman tentang E-Planning. Sebab memang Kota Baubau adalah salah satu peraih penghargaan perencanaan terbaik di Sultra pada 2019 lalu," ungkapnya.

Ia menambahkan Bappeda Kota Sukabumi menilai program E-Planning yang telah dikembangkan Kota Baubau sudah lebih baik. Fokus mereka adalah ingin menjajal soal integrasi program. "Program E-Planning kita gagas dari tiga tahun terakhir, sedang mereka baru tahun lalu. Jadi kita dianggap sudah lebih baik," katanya.

Selain E-Planing, Bappeda Kota Sukabumi juga menambah ilmu tentang pengelolaan dana kelurahan dan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) tahun 2021. Terkait dana kelurahan, Kota Baubau juga dianggap lebih baik dari daerah lain. Khusus dana kelurahan, kata dia, memang anggarannya baru turun pada pertengahan tahun. Namun Pemerintah Kota Baubau telah mengantisipasi melalui Musrenbang dengan menampung seluruh usulan kelurahan diawal tahun. "Sehingga begitu dananya turun langsung dikerjakan," katanya.

Bappeda Baubau juga terus memberikan dukungan dan mengawal pengusulan serta pengelolaan dana kelurahan. Sehingga program tepat sasaran sesuai amanat Permendagri 130 yakni terkait sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat. "Ini adalah komitmen pemerintah dalam rangka penggunaan dana kelurahan sesuai sasaran dan ketentuan. Tentu dibutuhkan pendamping untuk memberi arah dan membantu asistensi kegiatan kelurahan sehingga tidak lari dari ketentuan," katanya.

Ia pun berharap pendamping dapat bekerja maksimal membantu pihak kelurahan. Jangan justru menjadi terbalik. Rombongan Pemerintah Kota Sukabumi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sukabumi pun diterima langsung Kepala Bappeda Kota Baubau, La Ode Aswad di kantornya, Kamis 30 Januari 2020.

Editor / Peliput  : Mulyadi

Rate this item
(0 votes)
Read 563 times
Login to post comments

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

3541722
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2658
4798
22848
3476321
161384
177939
3541722