Saturday, November 28, 2020

iklan arifudin

Sekda

Mau Dapat Suket Layak Berangkat Ini Caranya

Written by  June 03 2020
DR Roni Muktar DR Roni Muktar
 
BAUBAU,BUTONRAYANEWS.CO.ID - Masih meningkatnya angka positif Covid 19 seluruh Indonesia maka masih diberlakukan adanya protokol kesehatan Covid 19. Bagi anda yang ingin bepergian atau berangkat keluar daerah maka wajib mengantongi Surat Keteranga Suket lajak berangkat.  Pemkot Baubau melalui gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Baubau menfaslitasi masyarakat Kota Baubau untuk pengurusan surat keterangan layak berangkat ke luar wilayah Baubau.
 
Hal ini diungkapkan sekretaris gugus tugas covid-19 Kota Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd dalam jumpa pers kepada sejumlah media Selasa (2/6). 
Menurut Roni Muhtar,  pengurusan surat keterangan yang difasilitasi oleh Pemkot Baubau melalui gugu tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Baubau ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat Kota Baubau dimana terlihat saat dibuka Selasa (2/6) di Sekber gugus tugas jalan dayanu ikhsanuddin banyak masyarakat yang memanfaatkannya dengan datang melakulan pemeriksaan. Hal ihi patut diapresiasi karena masyarakat begitu patuh dan tertib untuk melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.
 
Dikatakan, penerbitan surat keterangan layak berangkat adalaj melalui mekenisme pemeriksaan rapid tes sesuai edaran gugus tugas Nomor 5 tahun 2020 yang mengatur bepergian orang ditengah wabah covid-19. " terimakasih kepada masyarakat Baubau yang telah memanfaatkan ruang yang disiapkan pemerintah melalui gugus tugas covid-19 untuk mendapatkan surat keterangan layak berangkat," katanya. 
 
Ditambahkan, untuk memudahkan pengurusan surat keterangan itu, pihaknya memusatkan pengurusan di sekber gugus tugas covid-19 sebagai upaya untuk membuat pelayanan lebih cepat karena dapat terpusat satu pintu. Pasalnya, kalau terbagi-bagi setelah menjalani pemeriksaan rapid tes pasti akan datang lagi ke gugus tugas minta surat keterangan lebih lanjut. Makanya diambill pilihan terpusat di gugus tugas sehingga satu pintu dalam pengurusannya.
 
 Lebih lanjut dikatakan Roni Muhtar, Pengurusan surat keterangan layak berangkat gratis bagi warga Kota Baubau itu,  sudah berjalan beberapa hari, namun demkian pihaknya lebih mengatur dan menata lagi sehingga mekanismennya rapih dan lebih baik lagi. Karena diyakini, setiap hari akan semakin banyak yang datang memanfaatkan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. 
 
Apalagi, memang kampus-kampus sudah mulai buka, lalu kegiatan-kegiatan masyarakat dalam hal bisnis dan sebagainya sudah ada ruang untuk beraktifitas, sehingga menjadi banyak yang membutuhkan surat keterangan layak berangkat itu. "Surat keterangan berangkat wajib dimiliki setiap orang yang akan bepergian karena setibanya didaerah tujuan  yang bersangkutan akan dimintai surat keterangan tersebut. Dan Saya juga minta kepada teman-teman media mencoba menginformasikan kepada masyarakat yang mau masuk ke Baubau juga harus melengkapi itu (surat keterangan), karena kalau tidak kita juga akan memperlakukan hal yan sama seperti yang dilakukan daerah lain,"katanya
 
Sementara itu, juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Baubau dr Lukman, Sp.PD menjelaskan surat keterangan layak berangkat ini diprioritaskan bagi anak-anak daerah yang akan keluar untuk sekolah atau kembali bertugas didaerah lain. Dan (Selasa (2/6), masyarakat yang mendaftar pengurusan surat keterangan itu sebanyak 100 orang, namun yang memenuhi kriteria atau syarat berjumlah 63 orang.
 
dr Lukman membeberkan, pengurusan surat keterangan berpergian di gugus tugas Baubau akan berlangsung sampai 7 Juni 2020, hal itu sesuai surat edaran gugus tugas Nomor 5 tahun 2020.  Namun akan dilihat lagi respon pemerintah apakah tetap diperpanjang surat edarannya atau akan ada aturan baru lagi. Jadi pada dasarnya pihaknya merespon orang yang keluar masuk suatu wilayah.(ist)
 
Editor : Mulyadi
Rate this item
(1 Vote)
Read 1067 times
Login to post comments

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

3700875
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2186
5226
35017
3628406
144881
175656
3700875