Friday, August 14, 2020

Sekda

Puskesmas Kadolomoko Bentuk Kelurahan Sadarco, Libatkan Lintas Sektor

Written by  July 21 2020
Ketgam : Kepala Puskesmas Kadolomoko, Lurah Kadolomoko, dan Baninsa saat pertemuan pembentukan relawan Kelurahan Sadarco Ketgam : Kepala Puskesmas Kadolomoko, Lurah Kadolomoko, dan Baninsa saat pertemuan pembentukan relawan Kelurahan Sadarco

- Kelurahan Kadolomoko Masih Zona Hijau

BAUBAU, BUTONRAYANEWS.CO.ID - Semakin meningkatnya angka terkonfermasi positf covid 19 di Indonesia setia harinya, tentu akan menjadi masalah secara nasional dan terus melakukan langka inovasi, untuk itu Puskesmas Kadolomoko melakukan inovasi dengan membentuk kelurahan sadar co (sadar covid 19) diwilayah kerja puskesmas kadolomoko.

Kepala puskesmas Arni Maruju, AMG, SKM mengungkapkan menurut data rillis gugus tugas percepatan penanganan COVID 19 RI jumlah kasus terkonfermasi positif hingga 15 juli 2030 sekitar 78.572 orang dengan jumlah kematian 3.710. dari kedua angka ini dapat disimpulkan jika data kematian yang disebabkan oleh Covid 19 di Indonesia 4,7 persen," ungkapnya saat ditemui pada pertemuan pembentukkan kelurahan sadarco, selasa 21/07/2020.

Ia menambahkan sehubungan dengan hal tersebut perlu terus melakukan upaya untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan Covid 19 dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan berkelanjutan. "Diera new normal tentu sangat perlu adanya kewaspadaan yang tinggi sehingga sangat perlu adanya tin relawan kelurahan Sadarco yakni kelurahan sadar Corona," ujar orang nomor satu di Puskesmas Kadolomoko ini.

Kelurahan Sadarco ini bertujuan  untuk memberikan pemahaman apa itu Covid 19, mendekatkan pelayanan lesehatan kepada masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, memberika kesadaran masyarakat tentang pentingkan menggunakan masker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam situasi pandemi covid 19 saat ini. Beberapa kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan melalui kelurahan Sadarco yakni melakukan edukasi tentang penyakit Covid 19 di masa new normal.

Erni menambahkan saat ini Kelurahan Kadolomoko masih masuk zona hijau.  Namun sangat diperlukan adanya kesadaran masyarakat tentang kehidupan normal saat ini. "Menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan dan juga membiasakan pola hidup sehat dan bersih, masyarakat tetap harus sadar jika Covid 19 ini memang betul adanya dan tidak menggap remeh tentang virus ini," tambahnya.

Ada beberapa langkah yang akan diambil jika ada masyarakat yang terkonfermasi positif yakni melalui protokol kesehatan dan tetap melakukan karantina baik dirumah sehat dan rumah pemulihan. Untuk itu diharapkan dengan adanya kelurahan Sadarco akan muncul relawan sadarco, dan akan melakukan penggalangan komitmen bersama lintas sektor yang ada ditingkat kelurahan. Relawan Kelurahan Sadarco melibatkan Ketua RT/RW, Tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, dan stekholder lainnya di tingkat kelurahan.

Lurah Kadolomoko dalam sambutannya sangat mengapresiasi adanya pembentukan relawan Kelurahan Sadarco dimana diharapkan dengan terbentuknya relawan ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat melakukan pencegahan Covid 19 ini.

Pembentukan Inovasi kelurahan sadar covid 19 tingkat kelurahan ini juga dihadiri Bhabinsa Kelurahan Kadolomo, tenaga medis Puskesmas Kadolomoko dan Ketua RT / RW serta tokoh masyarakat.

 

Peliput / Editor : Mulyadi

Rate this item
(0 votes)
Read 745 times
Login to post comments

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

3102464
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1985
4702
24374
3040331
66556
152174
3102464