Tuesday, March 2, 2021

Monianse Himbau Perawat Menjiwai Nilai-nilai PO5

Written by  February 15 2021

BAUBAU, BUTONRAYANEWS.CO.ID - Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menghadiri peresmian gedung Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Baubau, Sabtu, (13/2/2021) melalui sambutannya, menghimbau para Perawat untuk menjiwai dan menerapkan nilai-nilai luhur PO-5. Yaitu “Pomamasiaka, Poangka-angka taka, Popiapiara, Pomamaeaka, dan Pobinci-binciki kuli”.

Menurut La Ode Ahmad Monianse, dengan menjiwai nilai-nilai luhur PO-5 perawat dapat menjalankan profesinya dengan tulus tanpa membeda-bedakan pasien yang dirawatnya. Di samping itu, dengan nilai-nilai PO-5, ketulusan dalam menjalankan profesi sebagai perawat akan lebih tinggi karena menganggap pasien adalah bagian dari diri seorang perawat.

“Wali Kota kita sangat berharap, dengan nilai-nilai luhur PO-5 ini, seorang Perawat bisa bekerja dengan tulus dan menjiwai profesinya. Yang kita rawat itu harus menjadi bagian dari diri kita agar kita benar-benar total dalam memberikan perawatan. Karena kalau kita masih menganggap yang kita rawat itu adalah orang lain maka kita tidak akan pernah total dalam memberikan pelayanan”, ujarnya.

La Ode Ahmad Monianse juga berharap, dengan semangat PO-5 para Perawat dapat menjaga semangat persatuan dan kesatuan. Pasalnya, dengan semangat persatuan dan kesatuan, komunikasi antara insan perawat akan selalu terjalin. Menurutnya, berbentuk lingkaran pada lambang PPNI merupakan simbol persatuan bagi Perawat Indonesia yang harus selalu dijaga dan dipelihara.

“Kalau kita lihat lambang dari PPNI yang berbentuk lingkaran ini, itu adalah sebuah simbol bahwa kita tidak boleh terpecah belah walaupun kita berasal dari berbagai daerah. Baik itu Baubau, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Buton Utara. Tapi semangat PPNI harus tetap dalam satu kesatuan yang utuh”, jelasnya.

“Mari kita jaga terus semangat persatuan dan kesatuan ini, sebagaimana yang diharapkan bapak Wali Kota kita Dr. H. AS Tamrin, MH. Beliau selalu mengingatkan kepada kita bahwa ada nilai-nilai luhur di Negeri ini. Yaitu Sara Patanguna yang kemudian beliau elaborasi menjadi PO-5 yaitu: Pomamasiaka, Poangka-angka taka, Popiapiara, Pomamaeaka, dan Pobinci-binciki kuli”, imbuhnya.

Untuk itu, orang nomor dua di Kota Baubau ini menekankan agar PO-5 tidak hanya menjadi slogan yang ditempel di dinding-dinding rumah dan perkantoran saja. Namun ia sangat berharap agar nilai-nilai luhur dari PO-5 tersebut dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh lapisan masyarakat Baubau khususnya dan Buton pada umumnya.

“Saya perlu ingatkan kepada kita semua termasuk kalangan pejabat di pemerintah Kota Baubau, bahwa PO-5 ini tidak hanya ditempel di dinding rumah dan kantor-kantor saja. Namun harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan hanya lantang di podium tapi tidak diikuti dengan penerapannya, karena Wali Kota kita tidak mengangkat nilai-nilai PO-5 ini hanya sebagai retorika belaka namun harus diterapkan”, tandasnya.

Atas nama Pemerintah Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse sangat mengapresiasi semangat dari pengurus PPNI Kota Baubau tersebut. Ia juga berharap, dengan adanya gedung sekretariat PPNI tersebut para insan perawat dapat bersatu serta menjadikan sekretariat tersebut sebagai pusat pergerakan organisasi dalam memantapkan pengabdian.

“Mudah-mudahan di sekretariat ini akan dilakukan program-program peningkatan kapasitas profesi keperawatan. Seiring dengan perkembangan teknologi, keperawatan tidak hanya sekedar mengandalkan apa yang didapatkan di bangku pendidikan. Perawat harus terus mengupdate terus pemahamannya tentang apa yang terbaik yang harus dilakukan oleh seorang perawat”, pungkasnya.(ist)

Rate this item
(0 votes)
Read 128 times
Login to post comments

iklan tahun baru

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

4107094
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
3154
3570
12890
4074162
6724
100328
4107094