Thursday, January 27, 2022

BAUBAU, BUTONRAYANEWS.CO.ID - Perkembangan permasalahan Narkoba di Indonesia dewasa Ini semakin memprihatinkan. Pasalnya, kejahatan Narkoba telah menyerang seluruh sendi kehidupan masyarakat hingga di kalangan pejabat Pemerintah dan pejabat Publik. Untuk itu, sinergitas Pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya saat membuka dengan resmi Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat tahun 2021 yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) di Hotel Galaksi INN, Rabu, (10/3/3021).

La Ode Ahmad Monianse menuturkan, tidak ada satu pun wilayah di Indonesia yang bebas dari penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba. Selain itu, kejahatan narkoba juga merupakan Transnational organized crime yang melibatkan multi Kewarganegaraan dan melintasi berbagai negara (negara Asal, Transit, Tujuan Dan pemasaran).

“Melihat fakta tersebut, saat ini negara kita berada dalam kondisi "darurat narkoba", Sehingga Atas kondisi ini maka Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan Instruksi presiden sebanyak 2 (dua) kali. yaitu Inpres No. 6 Tahun 2018 tentang rencana aksi nasional P4GN tahun 2018-2019 dan Inpres No. 2 tahun 2020 tentang rencana Aksi Nasional P4GN Таhun 2020-2024”, tuturnya.

Wawali juga menjelaskan, Program Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) adalah sebagai upaya Pemerintah dalam penanggulangan terhadap permasalahan Narkoba yang terjadi di Indonesia. Untuk itu, perhatian dari Pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan sebagai wujud sinergitas dalam melawan Narkoba.

“Penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang mengancam dunia dan bisa digunakan sebagai salah satu senjata dalam proxy war Untuk melumpuhkan kekuatan bangsa. Oleh karena itu, Kejahatan ini harus diberantas dan ditangani secara komprehensif dan menyeluruh”, tandasnya.

Ditambahkan, sebagai upaya dalam menyukseskan program P4GN tersebut, Pemerintah Kota Baubau telah menetapkan 5 Kelurahan yang menjadi percontohan sebagai kelurahan yang Bersih dari Narkoba. Hal ini sesuai dengan surat keputusan Walikota Baubau Nomor: 527/ VII/2019 tentang penetapan kelurahan Bersih Narkoba dalam wilayah Pemerintah Kota Baubau tahun 2019.

Orang nomor dua di Kota Baubau ini menyebutkan, 5 Kelurahan yang menjadi percontohan tersebut yaitu, Kelurahan Bukit Wolio Indah, Kelurahan Wale, Kelurahan Lanto, Kelurahan Wameo, dan Kelurahan Sulaa. Sementara itu, di tahun 2021, Kelurahan Bukit Wolio Indah terpilih menjadi pilot project sebagai Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) untuk tingkat Kota baubau.

“Diharapkan Kelurahan Bukit Wolio Indah ini dapat bersinergi dengan BNN Kota Baubau dalam mengupayakan rencana aksi P4GN ini di lingkungan Kelurahannya. Kita juga berharap, setelah pelaksanaan kegiatan ini masing-masing Camat dan Lurah segera melakukan langkah-langkah nyata dalam menindaklanjuti Inpres No. 2 Tahun 2020 dan Permendagri No. 12 Tahun 2019 ini”, imbuhnya.

Lebih lanjut La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan, langkah-langkah tersebut ialah dengan melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu melakukan sosialisasi P4GN bagi seluruh ASN/pegawai Dan masyarakat, melakukan pemeriksaan urine narkoba bagi ASN/pegawai dan masyarakat minimal dua kali setahun, dan membentuk satgas (satuan tugas) atau relawan anti narkoba di Instansi masing-masing.

“Buat regulasi tentang pelarangan dan sanksi apabila terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. Selanjutnya hasil rencana aksi ini akan dilaporkan secara Berjenjang mulai dari kepala BNN Kota Baubau, Wali Kota hingga ke Gubernur, Menteri Dalam Negeri dan terakhir dilaporkan kepada Presiden Republik Indonesia”, pungkasnya.(ist)

 

EDITOR : MULYADI

Rate this item
(0 votes)
Read 2858 times
Login to post comments

iklan tahun baru

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

5798633
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1166
4827
24022
5737762
132234
145409
5798633