Thursday, January 27, 2022

BAUBAU,BUTONRABANEWS.CO.ID - Kejadian pengeboman gereja Katedral di Makassar Sulsel Minggu (28/3/2021) menjadi perhatian dari seluruh dunia termaksud di Kota Baubau dikarenakan sangat tragis, bengis bahkan sangat susah untuk diucapkan dengan kata-kata. Namun yang dapat ditangkap dari kejadian ini khususnya di Kota Baubau yakni sudah saatnya untuk mengaktualisasikan nilai-nilai PO 5 untuk menjaga Kota Baubau. Sehingga mau tidak mau, suka atau tidak suka, senang atau tidak senang maka dengan bersama-sama mengupayakan agar nilai-nilai PO 5 yang selalu disampaikan oleh Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin, MH dapat ditaati. Hal ini dimaksudkan sebaga wahana dan sarana untuk mencegah radikalisme dan sejenisnya
Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd saat mewakili Wali Kota Baubau membuka lomba senam PO 5 antar kelurahan, DWP unit kecamatan, DWP unit OPD dan instansi vertikal, BUMN/BUMD tingkat Kota Baubau tahun 2021 di aula kantor Wali Kota Baubau Palagimata Senin (29/3/2021).

Menurut Sekda Baubau Roni Muhtar, dikarenakan masyarakat Kota Baubau yang jumlahnya sangat banyak maka yang dapat diintervensi untuk penerapan nilai-nilai PO 5 yakni kalangan ASN karena merupakan bagian dari Pemkot Baubau termaksud seluruh keluarganya. Sebab ASN bisa diatur apalagi ada reward and punishment sehingga seluruh keluarga mulai dari suami ataupun istri, anak termaksud cucu dapat diterapkan nilai-nilai PO 5. “Karenanya maka, asbabul nuzulnya diadakan acara senam PO 5 adalah seperti itu bahwa kita harus mengintevensi ini sehingga menjadi kebiasaan baru yang tadi saya katakan radikalisme dan yang sejenisnya menjadi sesuatu yang meresahkan kita dan saya kira harus bersepakat pesan-pesan nilai PO 5 menjadi sarana dan wahana kita untuk mencegah radikalisme dan sejenisnya,”ujarnya.

Ditambahkan, lomba senam sehat PO 5 yang tentunya kalau didalami manfaatnya maka banyak hal yang bisa diurai. Hal pertama dari segi sosial, lomba ini akan semakin menyemarakkan, semakin mensosialisasikan dan semakin menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya nilai-nilai PO dalam praktek kehidupan sehari-hari. Kemudian, dari aspek lainnya dengan kegiatan seperti akan melahirkan keseimbangan dan meningkatkan hormon tubuh sebab penyaluran emosi dari ibu-ibu dharma wanita bisa enjoyn dengan kegiatan seperti ini. Sehingga, langkah Dispora Kota Baubau menginisiasi kegiatan ini bekerja sama dengan DWP Kota Baubau patut diberikan apresiasi dengan melaksanakan kegiatan yang positif.

Hal kedua yakni dari segi ekonomi, dapat dibayangkan di kelompok dhama wanita, dipastikan dalam lomba ini akan membeli baju baru, selendang baru, topi baru sepatu baru, termaksud juga usaha salon. Sehingga berdampak secara instrumental secara ekonomi. “Kesimpulannya, ekonomi menjadi bergerak sehingga melahirkan juga peluang kerja bagi yang lainnya sehingga inilah yang kemudian disebut kegiatan yang bersentuhan langsung dengan peningkatan dalam upaya kita untuk membangun ketahanan ekonomi masyarakat. Karena itu, kepada para Kadis bila melakukan konsultasi di provinsi dan di jakarta agar mengundang mereka menyeleggarakan acaranya di Baubau supaya roda ekonomi berputar. Belum lagi penjual sayur, rumah makan, dengan ini akhirnya beli makanan, beli nasi kotak sehingga semua berputar,”jelasnya.

Terkait dengan banyaknya peserta yang mengikuti lomba senam sehat PO 5, Jenderal ASN Kota Baubau ini tetap berpesan agar lomba senam sehat PO 5 ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) sehingga jangan karena bersemangat menjadi tidak memakai masker lagi, tidak lagi menjaga jarak dan jangan sampai kemudian diplintir orang dimana mau sehat tapi tidak prokes.

Ditempat yang sama Ketua panitia yang juga Kadispora Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si mengakui, kegiatan ini merupakan program dari Dispora dimana tujuan utamanya adalah mensosialisasikan nilai-nilai PO 5 dalam gerak dan lagu wasiati yang diciptakan oleh Drs Masrin Abidin sehingga nilai-nilai PO 5 ini sampai di tengah-tengah masyarakat yakni di grassroot paling bawah yakni tingkat kelurahan. Lomba ini diikuti oleh DWP Kota Baubau, OPD, kecamatan dan instansi vertikal, BUMN dan BUMD, kemudian seluruh kelurahan 43 dan 8 kecamatan. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada DWP Kota Baubau yang telah bermitra dengan Dispora Kota Baubau untuk melaksanakan kegiatan ini. Kemudian kKepada Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin, MH yang sebelumnya begitu melihat pesertanya yang cukup banyak dan menjadi ragu dan setelah dijelaskan pelaksanaannya selama 4 hari. Dan setiap harinya akan dibagi 2 sift yakni sift pertama 10 grup dan sift kedua 10 grup dengan tujuan menghindari kerumunan dan tetap melaksanakan prokes dapat memahami.
Sementara itu, ketua DWP Kota Baubau Dr Nanik H Roni Muhtar, SE, M.Si menyambut baik karena DWP menjadi mitra Dispora dalam lomba senam sehat PO 5. Karena itu, DWP dalam lomba ini DWP Kota Baubau menurunkan 2 kontingen untuk lomba senam sehat PO 5. Yang mana 1 regu adalah semua mantan atlet 75 yang saking senangnya tidak mau kalah dari atlet milenial. Namun DWP Kota Baubau tidak akan mengikuti lomba melainkan hanya memberikan suport pada pembukaan lomba senam sehat PO 5.

Dr Nanik H Roni Muhtar, SE, M.Si menghimbau kepada tim juri untuk melihat syarat anggota DWP sehingga tidak ada pertengkaran dalam penilaian. “Walaupun kami ingin sedikit protes senang diajak bermitra hanya logo dharma wanita tidak ada artinya adalah bermitra. “Intinya kita bersenang-senang di lomba kembalikan kesegaran mental dan kebugaran fisik dimana kita melepaskan rutinitas keseharian sehingga hal ini sangat luar biasa. Sehingga dirinya juga harus meninggalkan tugas negara di Universitas Haluoleo demi untuk kegiatan ini. Lomba untuk bukan siapa yang menang atau kalah tapi lebih pada kebersamaan dan kerinduan kita setelah lama hampir satu tahun tidak ketemu, disinilah ajang silaturahmi dengan semangat kebersamaan dan berandaskan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Buton PO 5,”pungkasnya.

 

Editor : Mulyadi

Rate this item
(0 votes)
Read 508 times
Login to post comments

iklan tahun baru

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

5798482
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1015
4827
23871
5737762
132083
145409
5798482