Thursday, January 27, 2022

BAUBAU, BUTONRAYANEWS.CO.ID - Perjanjian kerja sama antara Kantor Kementerian Agama (Kan Kemenag) Kota Baubau dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari untuk dapat menerapkan dan mengembangkan pengetahuan Mahasiswa, khususnya pengelolaan gerobak bakso halal.

Perjanjian kerja sama ditandatangani para pihak (pihak pertama, Dekan Fuad IAIN Kendari, Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd dan pihak kedua Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, S.Ag., MP.d), disaksikan Ketua Baznas Kota Baubau, Muhadi Ilimi, Plt, Kasubbag TU, Khairiyati Rahmah, S.HI., M.HI, dan Kasi Bimas Islam Kan Kemenag Baubau, H. Sanudin S.Ag., M.A bersama para Kepala KUA Kecamatan Se_ Kota Baubau, Penyuluh Agama Islam dan Pengelola Gerobak Bakso Halal serta rombongan tenaga pengajar FUAD IAIN Kendari, berlangsung di Aula Kan Kemenag Baubau/ Auditorium Muirun Awi, Senin, (29/ 03/2021)/ Sore.

H. Rahman Ngkaali, menjelaskan ruang lingkup sebagaimana naskah perjanjian kerja sama. "Jika diperlukan masing- masing pihak berhak memberi bantuan tridarma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah serta tenaga pengajar.

"Jika diperlukan, para pihak, melakukan penelitian bersama baik di Sulawesi Tenggara maupun di seluruh Indonesia, papar, Ka Kan Kemenag Baubau.

Intinya, kata pria yang diketahui juga sebagai ketua Badan Wakaf Indonesia Kota Baubau, kami berkewajiban akan saling membantu sepanjang tidak mengganggu pelaksanaan fungsi kelembagaan masing-masing.

Bahwa FUAD IAIN Kendari tertarik dengan kegiatan Gerobak Bakso Halal (GBH) yang kita sudah launching tahun 2018 lalu. Launching GBH saat itu, kita bekerjasama dengan Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kota Baubau, karena itu kita hadirkan BAZNAS Kota Baubau pada kegiatan hari ini, kata Mantan Kasubbag Hukum dan Kerukunan Umat beragama Kanwil Kemenag Sultra.

Sementara itu, Dr. Nurdin mengatakan alasan mengapa memilih kerjasama dengan Kementerian Agama Kota Baubau. Pertama Kemenag Baubau ini sudah melakukan terobosan terbaru terkait dengan pemanfaatan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) lewat Gerobak Bakso Halal yang diberikan pada Mustahik.

Yang kedua kepentingan lembaga kami meriset terkait ini, tujuannya untuk memberikan edukasi pengembangan seperti apa? jadi studi banding dan ini kemudian bisa untuk dijual pada yang lain- lainnya supaya orang tahu oh ini loh kira- kira kita punya ZIS, pemanfaatan Zakat Infak sedekahnya kita, kenapa di Kemenag Baubau bisa, tuturnya.

Ketiga, kami itu ada program studi manajemen Dakwah dan itu konsentrasinya ada di ZIS, maka ini kemudian menjadi studi banding, riset pengembangan pemanfaatan ZIS untuk dikembangkan, terangnya.

Diketahui, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Kendari menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pengembangan program studi, Kolaborasi dengan Kemenag Baubau mengusung tema 'Transformasi Mustahik menjadi Muzakki berbasis Gerobak Bakso Halal menghadirkan juga pemateri ketua BAZNAS Kota Baubau.

Pantauan kami, awal acara dilangsungkan pemasangan vidio Launching GBH dan Launching Wakaf uang di Lingkungan Kemenag Baubau.(ist)

Editor : Mulyadi

Rate this item
(0 votes)
Read 376 times
Login to post comments

iklan tahun baru

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

5798755
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1288
4827
24144
5737762
132356
145409
5798755