Thursday, January 27, 2022

BAUBAU, BUTONRAYANEWS.CO.ID - PemkotBaubau memastikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) masuk kantor pada hari pertama setelah libur idul fitri yakni Senin (17/5/2021) sebagaimana penegasan dari surat edaran dari Menpan RB. Oleh sebab itu, guna memastikan kehadiran ASN lingkup Pemkot Baubau maka Sekda Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Senin (17/5/2021).

Menurut Sekda Kota Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd sidak yang dilakukannya kali ini adalah menyisir 3 OPD sebagai sampel yakni Dinas Kesehatan, Perhubungan dan Kominfo yang kebetulan jarak ketiga kantor ini berdekatan. Kehadiran ASN pada 3 dinas ini tentunya sudah bisa menjadi gambaran bahwa ASN Kota Baubau sangat tertib dan patuh terhadap surat edaran pemerintah pusat dalam hal ini Menpan RB . “Alhamdulilah dari ketiga dinas itu ASN hadir, dimana untuk yang di rumah sakit, tadi saya lihat langsung aktivitas pelayanan utamanya terkait dengan pelayanan covid-19. Kemudian, di dinas perhubungan, dikarenakan ada beberapa yang tugas lapangan tetapi laporan dari Kadis setelah datang pagi di kantor terus kemudian menyebar melaksanakan tuga di lapangan. Demikian pula dengan yang di Dinas Kominfo. Alhamdulillah saya melihat langsung semua ASN hadir dan masuk kantor mulai hari ini dan ini membahagiakan,”ujarnya.

Jenderal ASN Kota Baubau ini memastikan bila seluruh aktivitas ASN pasca lebaran idul fitri akan kembali normal. Bahkan, pada saat di secretariat daerah Senin (17/5/2021) dirinya langsung memimpin apel dan tentu apel yang diselenggarakan mengacu pada Protokol Kesehatan (Prokes) yang paling utama meskipun kewajiban sebagai ASN harus terlaksana.

Terkait untuk peningkatan kinerja, Roni Muhtar mengakui jika Pemkot Baubau sudah punya aplikasi yang dinamakan Sipolima yang saat ini sudah dipakai walaupun masih butuh beberapa pembenahan sistimnya. Akan tetapi paling tidak, sebagai pijakan awal ini sudah menjadi dasar untuk menentukan bahwa ASN Baubau itu telah bekerja sesuai porsinya. Kemudian, tentu akan diikuti dengan pengawasan yang dilakukan dari tingkat OPD sampai ke bawahnya. Sehingga, ke depan apa yang ada di aplikasi Sipolima akan terus disempurnakan sebab harapannya ada koneksi antara apa yang dilakukan hasil pengamatan, pendataan untuk basis data tentang kehadiran ASN dengan mengukur kinerjanya dan nanti dihubungkan dengan tindakan-tindakan baik itu sifatnya punishment maupun reward. “Nanti akan dilakukan supaya tidak ada kekagetan dari ASN tiba-tiba ada punihsmentnya. Kita masih melakukan pengontrolan pengawasan tidak hanya Sipolima tapi masih juga secara manual dilakukan. Belum sepenuhnya menggunakan ini secara khusus tapi kita mengarah kesana,”ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si menyambut baik dengan Sidak yang dilakukan oleh Sekda Kota Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd yang tentunya menjadi pemicu semangat untuk memacu kinerja ASN menjadi lebih baik lagi ke depannya.(ist)

Editor: Mulyadi

Rate this item
(0 votes)
Read 630 times
Login to post comments

iklan tahun baru

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

5798589
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1122
4827
23978
5737762
132190
145409
5798589