Thursday, January 27, 2022

 

BAUBAU, BUTONRAYANEWS.CO.ID  - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Baubau dibawah pimpinan Plt Ketua Samsul Bahri (Bojes) dan Sekretaris Erwin menggagas pembentukan kampung digital di 8 kecamatan dalam wilayah Kota Baubau. Bahkan, pada Senin (7/6/2021), KNPI dan Dispora Kota Baubau sudah melalukan sosialisasi di Kecamatan Lea-Lea dan Surawolio untuk rencana pembentukan kampung digital tersebut. Dan pada Selasa (8/6/2021) akan dilanjutkan sosialisasi pada 6 kecamatan lainnya.

Menurut Kadispora Kota Baubau La Ode Darussaalam, S.Sos, M.Si, pembentukan kampung digital sebetulnya agar ke depan orang-orang yang berkumpul dengan aktifitas kampung digital dan diharapkan seluruh kelurahan yang ada bahkan sampai di grassrood paling bawahnya yakni RT dan RW nya itu semua dilakukan dengan merek digital khususnya kaum mudanya atau pemudanya. Dan program ini dilaksanakan untuk seluruh kecamatan yang ada di kota Baubau.

Dikatakan Darussalam, sesungguhnya kerjasamanya tepat yang bahkan tadinya juga akan digandeng Kominfo Baubau sebab digitalnya ini sesungguhnya berkaitan dengan Kominfo. “Yang audience nya pemuda tetapi kontennya adalah Kominfo. Nah untuk pemuda dan konten digitalnya ini itu kenanya di Adi Guna, dia pemuda dan jago IT. Nanti setelah itu pak Adi Guna, akan mentransfer ilmu digitalnya nanti kepada komunitas atau kampung pemuda kita yang sudah terbentuk nanti di setiap RT dan RWnya. Untuk itu harapan2 kita semua sesungguhnya sekali lagi sebagai spirit untuk anak muda kita semua ini. Adiguna ini akan menjadi spirit untuk Kita semua. Mudah2an ini, beliau dari STPDN dan semoga bisa mengikuti jejak2 kita di depan ini. Bahkan mungkin lebih, karna pandangannya jauh lebih ke depan dari kita yang terlahir di jaman yang terlambat digital. Dia ini lahirnya sudah di era digital dan dipenuhi oleh berbagai pengetahuan yang mempuni,”katanya.

Ke depan tambah Darussalam yang juga Plt Kadis Kominfo Baubau adalah sangat penting dan merupakan tugas kominfo bekerja sama dengan Dispora untuk mencatat berapa usia 16 sampai dengan 40 tahun atau 30 tahun yang masih melek digital, yang masih melek teknologi, yang tidak mampu menggunakan smartphone dengan baik, tidak menggunakan digital ini dengan baik. Sebab jangan sampai masih ada, anak di usia muda yang masih ada seperti itu. Padahal, era sekarang ini anak muda tidak boleh lagi melek digital, melek teknologi informasi, tidak bisa lagi. Ini harus yang di update terutama di kalangan anak muda yangs emua serba online, serba teknologi. Sehingga bila ketinggalan, melek ini bisa bahaya.”Yang penting saat ini adalah bersama sama untuk mengawal bagaimana Lea-Lea sebagai kecamatan pertama untuk pelaksanaan kegiatan dan kedepannya sudah bisa menjadi 0% dari pengguna yang melek teknologi informasi,”ungkapnya.

Ditempat yang sama, Camat Lea-Lea La Ode Arwa, S.Sos memberikan apresiasi terhadap Dispora dan KNPI Baubau yang ingin menjadikan Kecamatan Lea-Lea sebagai kampung digital, Hanya saja, yang menjadi persoalan sekarang ini adalah masalah siginal karena masih tempat di Kecamatan Lea-Lea yang blank spot atau kondisi suatu tempat tidak tersentuh atau terlingkupi sinyal komunikasi. Namun, hal ini sudah dijawab oleh Kadispora yang juga Plt Kadis Kominfo Kota Baubau Darussalam bila pihaknya sudah bersurat ke Gubernur Sultra melalui Kominfo Provinsi Sultra agar Baubau di bangunkan beberapa BTS untuk mengatasi tempat-tempat yang masih blank spot. Dan sudah disahuti akan dibangunkan BTS terutama di Kecamatan Lea-Lea.

Sementara itu, ketua KNPI Kota Baubau Samsul Bahri (Bojes) yang didampingi ketua panitia sosialisasi kampung digital Adiguna mengakui, kegiatan pembentukan kampung digital karena ide salah satu pemuda Baubau yakni Adiguna yang digagas berawal dari keprihatinan dan kesadaran terkait dengan situasi pandemi covid-19 yang telah merubah sendi-sendi perekonomian nasional dan berdampak pada UMKM juga. Sehingga, selama Pandemi ini pun telah berubah pola konsumsi masyarakat juga berubah yang tadinya offline menjadi online sebab banyak masyarakat yang berdiam dirumah karena ada kebijakan stay at home yang memang harus dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Karena itu, dengan situasi tersebut, KNPI Baubau berpikir sudah saatnya kaum muda untuk mengambil peran dengan kreatif mengatasi solusi tersebut dengan ide memanfaatkan teknologi digital untuk menggairahkan kembali usaha-usaha masyarakat terutama yang berada di kecamatan-kecamatan dalam 8 wilayah Kota Baubau.

Pada sosialiasi kampung digital di 8 kecamatan tersebut, Dispora dan KNPI Kota Baubau juga melibatkan pemateri analisis monev Ditjen Polpum Kementerian Dalam Negeri yakni Dr Marsudi Asinu yang membawakan materi dengan judul penguatan ketahanan ekonomi masyarakat di era pandemi dengan berbasis ekonomi digital.(ist)

 

Editor : Mulyadi

Rate this item
(0 votes)
Read 568 times
Login to post comments

iklan tahun baru

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

5798607
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1140
4827
23996
5737762
132208
145409
5798607