Tuesday, October 26, 2021

AS Tamrin Harap Asosiasi Penghulu Implementasikan Nilai-nilai Po-5

Written by  October 11 2021

 

BAUBAU, BUTONRAYANEWS.CO.ID - WaliKota Baubau Dr H AS Tamrin MH resmi mengukuhkan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kota Baubau Periode 2021-2025 di Aula Kantor Walikota Baubau, Sabtu 9 Oktober 2021.

 

Dalam Focus Group Discussion (FGD) Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) dan peningkatan Capacity Building Penghulu itu, Dr AS Tamrin mengharapkan APRI dalam bekerja selalu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung didalam Po-5 sebagai instrumen revolusi mental 5.0.

 

"APRI pertama kalinya dicanangkan di kota baubau, inilah bentuk warna warni kebangkitan Kemenag di baubau. Kegiatan ini patut dibanggakan patut diapresiasi dan diacungi jempol. Untuk itu harus diwadahi dengan penuh toleransi kemudian memerlukan kebersamaan dan konsisten semua pihak," ujar Dr AS Tamrin,MH. 

 

Wali Kota dua periode ini menambahkan,  Po-5 itu adalah nilai-nilai kearifan lokal yang sudah ada sejak lama, menyangkut seluruh aspek dimana itu adalah suatu instrumen untuk mengubah mental manusia. Sebab landasan filosofisnya diambil dari "sara pataanguna" landasan ideologisnya dari Pancasila, sehingga tercipta kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional bila nilai-nilainya diimplementasikan. Oleh sebab itu,; pengurus APRI Baubau harus menjadi contoh dan harus memegang teguh substansi dari nilai-nilai Po-5 itu. Sehingga tercipta kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional seluruh anggota APRI.

 

Dikatakan, sebagai wujud kemandirian Pemerintah Kota Baubau dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau bersama Kemenag Baubau sepakat mencanangkan revolusi mental 5.0 dalam bentuk kerjasama program Samawa Five In One. Dimana pasangan baru dimudahkan memperoleh lima dokumen dalam satu kali urus."Semoga semua berjalan lancar. Terimakasih yang sebesar besarnya kepada pimpinan kemenag pusat hingga wilayah sebab sudah mendukung pengimplementasian nilai-nilai yang ada didalam Po 5 bersinergi dengan program kerja kemenag," tandasnya. 

 

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Baubau, H. Rahman Ngkali, S.Ag, M. Pd menjelaskan,, kerjasama yang dibangun  bertujuan memudahkan  masyarakat agar memperoleh lima dokumen kependudukan sekaligus. Dimana sebelumnya para penghulu usai  menikahkan pasangan biasanya cuma menyerahkan buku nikah untuk laki-laki dan perempuan, kini lebih komplit dengan beberapa buku penunjang sebagai dasar instrumen revolusi mental untuk mencegah KDRT dan lain-lain.

 

Sedangkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau, Arif Basari mengungkapkan Program Samawa Five In One itu sebagai bentuk pengoptimalan Baubau menuju Smart City. "Untuk mendukung program itu, kita akan menerbitkan Kartu Keluarga dan E-KTP sebagai bahan pelengkap program tersebut. Sehingga pasangan yang baru menikah memperoleh buku nikah, kartu nikah, dan buku PO 5, KK dan KTP," pungkasnya.

 

Editor : Mulyadi

Rate this item
(0 votes)
Read 139 times
Login to post comments

iklan tahun baru

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

5381529
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1021
3468
8026
5338253
73167
113529
5381529