Wednesday, April 1, 2020

Alami Gangguan Jiwa dan Gizi Buruk, Ibu dan Anak di Buteng Butuh Uluran Tangan

Written by  February 14 2020
Rumah keluarga penderita gangguan jiwa Wa Lani dan anaknya penderita gizi buruk. Foto: Muhammad Al Rajap Rumah keluarga penderita gangguan jiwa Wa Lani dan anaknya penderita gizi buruk. Foto: Muhammad Al Rajap

BUTON TENGAH, ButonRayaNews.co.id - Satu keluarga di Kabupaten Buton Tengan (Buteng) tepatnya di Desa Lowu-Lowu, Kecamatan Gu mengalami kondisi yang cukup memprihatinkan.

 

Bagaimana tidak, ibu Wa Lani (23) menderita gangguan jiwa selama kurang lebih tiga tahun terakhir sementara anaknya La Rungge yang masih berusia enam tahun divonis penyakit gizi buruk.

 

Kepala Dusun Langkule yang juga merupakan tetangga, La Hanisi menuturkan Wa Lani tinggal disebuah rumah kecil bersama anaknya dan kakek La Mbolosi serta neneknya Wa Nini.

 

"Jadi, satu rumah itu tinggal berempat. Kakek Lambolosi tidak punya pekerjaan apa-apa yang bisa menghasilkan uang. Begitu pula dengan nenek Wa Nini. Mereka hanya mengharap kiriman dari anak-anaknya dari luar daerah," tutur La Hanisi pada media ini, Jumat (14/02/2020).

 

La Hanisi menambahkan jika penyakitnya kambuh, Wa Lani sering "menyiksa" nenek Wa Nini dengan menjambak rambutnya. Kakek La Mbolosi pun tak luput dari hardikan cucunya tersebut. Bahkan Wa Lani sempat berniat untuk membakar kediamannya itu.

 

Menurutnya, kakek La Mbolosi dan nenek Wa Nini berniat agar cucunya tersebut di rawat di tempat yang layak agar penderitaannya bisa berangsur-angsur membaik. Namun, karena biaya yang serba terbatas membuat harapan itu jadi terpendam.

 

Sementara itu, Kepala Desa Lowu-lowu, Karim Wendo menjelaskan sebelumnya pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak keluarga Wa Lani untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang dialami.

 

"Kalau kakek dan neneknya sih setuju kalau Wa Lani ini di rawat di rumah sakit jiwa. Hanya saja kita terkendala dengan komunikasi orang tua kandungnya. Sampai saat ini kita belum menerima tanggapan apapun dari orang tua Wa Lani yang berada di luar kota," ungkap Karim.

 

Di tempat yang sama, nenek Wa Nini berharap agar pemerintah daerah segera mencari jalan terbaik untuk kesembuhan cucunya itu. Dirinya pun sangat berterima kasih jika nantinya ada kaum dermawan bersedia membantu kebutuhan Wa Lani maupun keluarganya.

 

Sementara itu, anak Wa Lani yang mengidap gizi buruk saat ini telah dirawat di rumah sakit umum daerah Buton Tengah. Dari penelusuran ButonRayaNews.co.id, La Rungge saat ini telah dirawat di ruang anak kamar 5B.

 

Kepala Rumah Sakit dr. Karyadi yang dihubungi via teleponnya belum tersambung. Sementara pesan yang terkirim pun belum terbalas.

 

Penulis: Muhammad Al Rajap

 

Rate this item
(1 Vote)
Read 450 times
Login to post comments

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

2341162
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
6508
6565
24362
2280249
6508
155776
2341162