Friday, August 23, 2019

Pejabat Kemenpan RB Hadir di Butur, Perkuat SAKIP dan Reformasi Birokrasi

Written by  May 04 2019
Workshop penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan penyusunan Road Map reformasi birokrasi. Foto: Hamsil Workshop penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan penyusunan Road Map reformasi birokrasi. Foto: Hamsil
BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) baru saja usai menggelar workshop penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan penyusunan Road Map reformasi birokrasi di gedung Aula BAPPEDA Butur, sejak Kamis hingga Jumat (3/5/2019).
 
Kegiatan ini, tentu menjadi agenda penting bagi pemda setempat. Selain menjadi amanat dari pemerintah pusat, penguatan SAKIP dan reformasi birokrasi, juga merupakan salah satu fokus perhatian Pemkab Butur, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.
 
Untuk menghasilkan workshop yang berkualitas,  pemda setempat mengundang 'ahlinya' sebagai narasumber. Dia adalah,  Nadjamuddin Mointang, Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Pengawasan Kementerian PAN RB, hadir bersama Endi Christian Mahardika, pengelola Keuangan. 
 
Bupati Butur, Abu Hasan menuturkan, meteri kegiatan yang disajikan oleh narasumber dari Kementerian ini, harus benar-benar diserap dan dilaksanakan dengan baik. Meski hanya berlangsung selama dua hari, dirinya optimis kegiatan itu bisa membawa perubahan bagi daerah, khususnya pada aspek penguatan SAKIP dan Reformasi Birokrasi yang lebih baik.
 
Misalkan, kata dia, pada aspek perencanaan. Apabila disusun dengan baik, tentu bakal melahirkan implementasi yang baik pula. 
 
"Pemerintah, melalui SAKIP diharapkan menjadi pemerintah yang akuntabel dan terukur. Yaitu pemerintah yang mampu mempertanggungjawabkan hasil atau manfaat kepada masyarakat atas penggunaan anggaran," tutur Abu Hasan, Jumat (3/5/2019).
 
Selain itu, dia pun berharap agar semua level pejabat eselon di dalam struktur pemerintahan yang dipimpinya, bisa menginternalisasikan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.
 
Dengan demikian, implementasi program melalui manajemen obyektif dan manajemen target, dapat melahirkan prestasi-prestasi yang mengharumkan nama baik Butur, dalam hal ini mengangkat harkat dan martabat daerah. Dan terkhusus, bisa memberi nilai tambah, bermanfaat bagi masyarakat Buton Utara.
 
Terpisah, Panitia penyelenggara, Enis Wirdaningsih Malik, menyebutkan, kegiatan itu diikuti para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekretaris, perencana, camat, dan kelurahan lingkup Pemkab Butur.
 
Materi yang disajikan, antaralain  soal penyusunan program kerja yang harus tepat sasaran, sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati. Kemudian, terkait dengan mindset. Di mana, perencanaan program kegiatan, kini harus disusun lebih awal, lalu menyusul pagu anggaran.
 
Lanjut Enis, saat ini Pemkab Butur memang tengah gencar melakukan pembenahan. Salah satu langkah jitu yang dilakukan, yakni dengan terbentuknya wadah bernama 'Warung SAKIP'. Tempat di mana, penguatan SAKIP Pemkab Butur terus dilakukan.
 
Hasilnya, predikat yang sebelumnya hanya mendapat nilai 'C', naik menjadi 'B' pada penilaian SAKIP, yang penghargaannya diterima langsung dari Kementerian PAN RB, di Makassar pada 19/2/2019 lalu. Begitu pula dengan reformasi birokrasi, di saat yang bersamaan juga terus dilakukan perbaikan.
 
Peliput: Ran
Editor: Muhammad Al Rajap
 
Rate this item
(1 Vote)
Read 170 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

1498408
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
169
3005
18863
1462883
62622
103361
1498408