Thursday, May 23, 2019

Melenggang ke Parlemen Butur, Ahmad Afif Darvin Bakal Perjuangkan Enam Sektor Ini

Written by  May 13 2019
BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara telah menyelesaikan pleno rekapituliasi perolehan suara Pemilihan Umum 2019.
 
Hasilnya, sebanyak 20 nama, dipastikan bakal melenggang dengan mulus di gedung parlemen Butur. 
 
Salah satu diantaranya adalah, Ahmad Afif Darvin. Caleg PDI Perjuangan yang berhasil mengamankan satu dari delapan kursi, di Dapil 3 Kecamatan Kulisusu, dengan mengantongi 951 suara.
 
Sebagai calon legislator, pihaknya memang telah mengamati beberapa persoalan mendasar, yang kemudian dirumuskan dalam rancangan visi dan misinya. 
 
Setidaknya, terdapat enam sektor sasaran yang menjadi fokus perhatiannya untuk diperjuangkan ke depan, antaralain pertanian, perikanan, pendidikan, kesehatan, perdagangan, usaha kecil, menengah dan penanaman modal.
 
Team transisi, Rahmat Dwi Suprayogi menjelaskan, visi yang diusung Ahmad Afif Darvin adalah "PASTI", akronim dari peningkatan, aktualisasi, sinkronisasi, transparansi dan inovatif. Untuk mewujudkan visi tersebut, maka pihaknya perlu melakukan beberapa hal. 
 
Pertama, peningkatan keenam sektor sasaran, mulai dari pertanian dan perikanan dengan menggodok seperangkat regulasi (Perda). Selanjutnya, mendorong upaya nyata pembangunan dan pengembangan pendidikan yang berkualitas, serta mendorong percepatan pembangunan kesehatan masyarakat yang berbasis pada sistem pelayanan kesehatan yang cepat dan komprehensif. 
 
Kemudian, menggenjot pemerintah untuk mengembangkan iklim usaha yang maju dan terjangkau dengan menghidupkan sektor ekonomi riil dengan ditopang oleh kekuatan pertanian dan perikanan yang maju, serta kepastian investasi dan penanaman modal sendiri dan modal luar dengan sistem pengelolaannya yang transparan dan menguntungkan daerah dan masyarakat.
 
Peningkatan keenam sektor ini, tentunya akan dilakukan secara bersama-sama antara legislatif dengan pihak eksekutif.
 
Kedua, aktualisasi. Di mana, dalam upaya mewujudkan kerja legislasi pada aspek peningkatan, tentu harus pula dibarengi dengan langkah-langkah sebagai aktualisasi atas penerapan regulasi yang dihasilkan, terkait dengan keenam sektor sasaran dimaksud.
 
Ketiga, sinkronisasi atau kesesuaian. Di mana, DPRD Butur pada lima tahun ke depan  dapat menyamakan (sinkronisasi) program kelembagaan yang tertuang dengan tiga fungsi utamanya. Sehingga, diharapkan akan mewujudkan diri sebagai lembaga penampung aspirasi masyarakat, serta mampu mengimplementasikan dengan nyata tiga fungsi kelembagaan yang melekat pada dirinya.
 
Keempat, Transparansi (Keterbukaan). Yang mana, sebagai lembaga negara yang mengemban fungsi budgeting (penganggaran), akan memberi kepastian langkah pemerintah serta pengawasan demi transparansi alokasi APBD Butur pada sektor yang menguasai hajat hidup. 
 
Dan terakhir, Inovatif. Di mana, pihaknya optimis DPRD Butur ke depan akan menjadi lembaga yang memiliki visi yang kuat, daya pressure yang terukur, mendorong produktivitas regulasi (PERDA) yang terkait langsung pada enam sektor sasaran, sebagai pedoman/kerangka dasar untuk mempercepat terwujudnya masyarakat Butur yang cukup pangan, sandang, berdaya saing, berprestasi serta memahami dirinya sebagai bagian dari proses pembangunan.
 
Untuk memuluskan pencapaian visi dan misinya, Afif pun telah menyusun setidaknya tiga program kerja, antaralain, kepastian adanya perda terkait dengan percepatan pembangunan enam sektor sasaran. Kemudian, memastikan terbukanya akses masyarakat (terlibat langsung) terhadap DPRD dalam mengawal sidang-sidang pembahasan Raperda dan RAPBD tahunan sebagai tindaklanjut dari program Musrenbang dari tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan, khususnya pada enam sektor sasaran. 
 
Selanjutnya, memastikan tindak lanjut program reses DPRD secara transparan serta aspirasi atau pokok pikiran yang terukur, transparan, akuntabel, serta penyesuaian terhadap serapan anggaran dengan tidak mematikan tiga fungsi DPRD.
 
Peliput: Ran
Editor: Muhammad Al Rajap
 
Rate this item
(1 Vote)
Read 243 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

1218094
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
804
2840
9423
1198330
38890
74026
1218094