Tuesday, June 25, 2019

Pemkab Butur Peringati Nuzulul Quran

Written by  May 21 2019
Suasana Peringatan malam Nuzulul Quran di Masjid At-Taqwa Kecamatan Kulisusu, Butur. Foto Hamsil Suasana Peringatan malam Nuzulul Quran di Masjid At-Taqwa Kecamatan Kulisusu, Butur. Foto Hamsil
BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali memperingati malam Nuzulul Quran yang jatuh setiap malam ke 17 Ramadhan, di Masjid At-Taqwa Kecamatan Kulisusu, Selasa (21/5/2019). 
 
Kegiatan ini, dirangkaikan pula dengan dengan buka puasa bersama, penyantunan anak yatim piatu dan fakir miskin.
 
Di kesempatannya, Bupati Butur, Abu Hasan menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari upaya mengokohkan syiar Islam. Yang mana, hal itu sudah menjadi komitmen pemda setempat, mewujudkan daerah yang religius. 
 
Di era modern ini, kata dia, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peradaban manusia, terus berkembang pesat. Namun di balik itu, fenomena ketidakseimbangan secara psikis, sosial, maupun mental spiritual, juga menjadi tantangan yang tengah mengintai generasi saat ini.
 
Untuk menjawab ketidakseimbangan itu, lanjut dia, salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mendekatkan diri dengan Alquran. Dia berharap, dengan peringatan Nuzulul Quran ini, dapat dipetik hikmah untuk semakin meneguhkan keislaman. 
 
"Mudah-mudahan kita mendapatkan hikmah, memperkokoh tauhaid kita," kata Abu Hasan, dalam sambutannya di Masjid At -Taqwa.
 
Selanjutnya, ceramah dalam acara ini dibawakan oleh Zainal Mustamin, Ketua Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sultra.
 
Dalam ceramah tersebut, Ia menyebutkan, hikmah Alquran hanya akan diperoleh bagi mereka yang sucih hatinya. Maka dari itu, kata dia, beruntunglah bagi mereka yang mensucikan dirinya dan merugilah bagi yang mengotori hatinya. 
 
"Cara untuk membersihkan hati kita dapat dilakukan dengan berbagai cara,  antara lain dalam momentum Nuzul Qur'an mari kita memahami isi kandungan Alquran. Memahami ajaranya, mengenai kebersamaan diantara perbedaan ditengah-tengah masyarakat, menginfaqkan sebagian harta dan memaafkan orang lain sebelum orang itu meminta maaf kepada kita," tuturnya.
 
Peliput: Ran
 
Rate this item
(1 Vote)
Read 72 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

1311003
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
691
2739
7028
1284872
65513
66286
1311003