Saturday, September 21, 2019

Gali Potensi Daerah, Gempur Bantu Petani Kembangkan Bibit Unggul Padi Sawah

Written by  August 06 2019
Ketua Umum Gempur, Aswadi Adam (kemeja kota kotak) didampingi Sekretaris ikhwan Karmawan. Foto: Istimewa Ketua Umum Gempur, Aswadi Adam (kemeja kota kotak) didampingi Sekretaris ikhwan Karmawan. Foto: Istimewa
BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Gerakan Masyarakat Peduli Buton Utara (Gempur), salah satu organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, membantu petani di daerah setempat dengan menghadirkan bibit unggul padi sawah yang sudah tersertifikasi.
 
Hal ini dilakukan, sebagai salah satu upaya menggali potensi daerah. Ketua umum Gempur, Muh Aswadi Adam, mengatakan organisasi yang dipimpinnya itu hadir untuk berperan membangun daerah melalui gerakan-gerakan sosial kemasyarakatannya.
 
Salah satu sektor yang menjadi perhatian untuk dikembangkan adalah pertanian. 
Setelah menerima informasi terkait hasil panen yang kurang melimpah, Gempur berinisiatif bekerjasama dengan tokoh masyarakat setempat yang dianggap berpengalaman di bidang pertanian.
 
Lalu kemudian, berkoordinasi dengan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Sulawesi Tenggara. 
 
Upaya tersebut, rupanya mendapat respon yang baik. Bahkan, pihak Balai tak hanya menyediakan bibit, tetapi juga bersedia mendampingi petani mulai dari penangkaran, pengolahan lahan hingga pembibitan.
 
Setelah tiga bulan proses pembibitan berjalan, pada bulan Desember 2019 nanti, bibit unggul tersebut baru akan disalurkan kepada kelompok petani.
 
"Yang kita harapkan bahwa, dengan adanya pembibitan ini, hasilnya mereka bisa lebih meningkat daripada sebelum-sebelumnya," tutur Aswadi Adam di salah satu hotel di Butur, Senin (5/8/2019).
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, organisasi Gempur didirikan untuk menggali berbagai potensi yang ada di daerah. Bukan hanya di sektor pertanian saja, tetapi juga beberapa bidang lain seperti pendidikan dan kesehatan.
 
"Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang diharapkan oleh Gempur. Dalam artian bahwa kita coba menggali potensi daerah," ungkapnya. 
 
Sekretaris Gempur, Ikhwan karmawan, menambahkan, benih padi itu sudah tiba di lokasi. Penyerahan kepada petani telah dilaksanakan di Desa Waode Angkalo, Kecamatan Bonegunu. Minggu (4/8/2019) lalu.
 
Untuk lokasi penangkaran benihnya, tersebar di beberapa titik, antaralain Desa Lahumoko Kecamatan Kambowa, Desa Waode Angkalo dan Ronta Kecamatan Bonegunu, Desa Dampala Jaya dan Soloi Agung Kecamatan Kulisusu Barat serta Desa Tri Wacu-Wacu Kecamatan Kulisusu.
 
Peliput: Ran
Rate this item
(2 votes)
Read 189 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

1591300
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1075
2968
21052
1548325
65797
89717
1591300