Friday, August 23, 2019

REDAKSI

REDAKSI

KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Direktur Utama PT Citra Mandiri Tripilar (CMT) Ingnatius Hendrik Prasetyo menyayangkan sikap yang ditunjukkan oleh surveyor PT lntertek Utama Service yang diduga menurunkan kadar ore nikel saat pengukuran sampelnya. 
 
Igantius mengungkapkan ada perbedaan hitungan nilai kadar ore antara PT CMT dengan PT Intertek Utama Service. Dimana, perbedaan hitungan tersebut sudah berlangsung lama. 
 
"Yang pasti akibat dari perbedaan perhitungan ini, kami mengalami kerugian. Kerugiannya miliaran rupiah," kata Ignatius pada awak media, Selasa (20/08/2019).
 
Atas dasar itulah kemudian PT CMT melakukan somasi ke PT lntertek Utama Service serta meminta penjelasan mengenai perbedaan dan pengurangan kadar ore nikel pada hasil pengujian yang dilakukan surveyor.
 
"Kami kepada pihak PT Intertek untuk menjelaskan masalah ini secara jelas dan profesional. Kami benar-benar kecewa dengan kenyataan yang ada saat ini," keluh Ignatius. 
 
Bahkan, pihaknya kata Ignasius sampai ke kantor pusat surveyor di Jakarta untuk mempertanyakan persoalan tersebut karena sudah dianggap meresahkan.
 
"Sampai disana saya tidak ditanggapi oleh pihak surveyornya. Ini kan aneh," katanya. 
 
Hingga berita ini diterbitkan, pihak PT Intertek Service Utama belum dapat terkonfirmasi.
 
Peliput: Muhammad Al Rajap

KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi  Republik Indonesia bidang pencegahan wilayah VIII mendatangi kantor walikota Kendari.
 
Koordinator Wilayah Pencegahan KPK Wilayah VIII, Edi Suryanto mengatakan kehadiran anggota KPK ini guna melakukan intervensi pencegahan di seluruh kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara. 
 
Intervensi yang dimaksud Edi Suryanto adalah intervensi dalam peningkatan pendapatan daerah dan penyelamatan barang milik daerah atau aset daerah.
 
"Secara umum, kita juga melakukan intervensi di bidang perencanaan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, perizinan, inspektorat hingga manajemen ASN," ujar Edi di ruang kerja kantor walikota Kendari, Selasa (20/08/2019).
 
Edi mengungkapkan khusus untuk Kota Kendari pihaknya melakukan pencegahan dalam penyalahgunaan aset, penerimaan pendapatan daerah yang belum diterima hingga  perizinan.
 
Lebih lanjut Edi menegaskan pihaknya akan dengan segera melakukan penindakan jika pihaknya menerima laporan yang menyimpang ataupun melihat secara langsung.
 
"Begitu ada laporan yang menyimpang, kita tetap menindak, tidak ada pilihan lain. Dan kita juga bisa minta penindakan dari kepolisian dan kejaksaan. Tapi meski begitu, tetap kami awasi," terangnya. 
 
Ia juga meminta peran aktif dari masyarakat maupun media dan seluruh kalangan untuk tidak ragu-ragu melaporkan hal yang menyimpang kepada KPK. 
 
 
Peliput: Muhammad Al Rajap
 

KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Wuling Motor PT Kumala Cemerlang Abadi (Wuling Motors) Kendari kembali meluncurkan produk terbaru Wuling Almaz yang dilengkapi dengan fitur canggih Smart Technology, Sport Utility Vehicle (SUV).
 
Supervisor PT Kumala Cemerlang Abadi Kendari, Anca mengatakan fitur tersebut didalamnya berupa voice command yang didesain khusus untuk menerima sensor perintah suara dari pengendara maupun penumpang.
 
Dikatakan Anca, pengendara maupun penumpang Wuling Almaz dapat dengan mudah mengoperasikan fitur ini untuk memudahkan keperluannya seperti akses fitur hiburan musik atau radio, pendingin udara maupun jendela. 
 
"Penumpang dan pengendara dapat mengoperasikan SUV ini dengan menggunakan Bahasa Indonesia sehari-hari dengan kata kunci 'HaloWuling'. SUV hadir dengan inovasi Wuling Indonesian Command (WIND)," jelas Anca belum lama ini. 
 
Anca menyebut, kecanggihan fitur yang dimiliki oleh Wuling Almaz terbaru ini merupakan teknologi yang pertama kali diluncurkan di Indonesia.
 
Dan untuk membuktikannya, Wuling Motor PT Kumala Cemerlang Abadi (Wuling Motors) Kendari kemudian mengajak customer di Kendari untuk langsung merasakan "kehebatan" Wuling Almaz terbarunya dengan HaloWuling-nya. 
 
Fitur voice command atau perintah suara yang disematkan pada Almaz terbaru ini diuji dengan perintah membuka dan menutup sun roof dengan kata kunci 'HaloWuling buka sun roof'. 
 
Setelah menerima perintah tersebut, fitur yang tertanam pada sistem infotainment Almaz ini lalu merespons perintah dengan membuka dan kembali menutup sun roof.
 
Selain fungsi perintah tutup buka sun roof, fitur yang terintegrasi dengan layar sentuh 10,4 inci yang terpasang pada headunit ini juga dapat menerima jenis perintah lainnya. Saat menerima perintah membuka ataupun menutup jendela, WIND juga akan merespons membuka dan menutup kaca jendela di sisi pengemudi. 
 
Perintah lainnya dalam fitur WIND ini yakni mengatur sistem audio, suhu atau pendingin udara (AC), panggilan telepon yang dihubungkan ke ponsel pintar, pengaturan hari dan tanggal, dan aplikasi Wuling Link.
 
Peliput: Muhammad Al Rajap
 

BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Utara (TP PKK Butur) mulai menginisiasi pengurangan sampah plastik.
 
Salah satu langkah dilakukan, yaitu meminimalisir penggunaan plastik di setiap kegiatan ataupun pertemuan internal. 
 
Wujud kepedulian terhadap lingkungan ini sudah mulai diterapkan. Pada acara pertemuan bulanan PKK misalnya, yang berlangsung di Rujab Bupati Butur, Minggu (18/8/2019), minuman dalam kemasan plastik, tak lagi disediakan. Wadahnya diganti dengan  gelas kaca.
 
“Khususnya setiap kegiatan PKK  kita coba mengurangi penggunaan plastik,” tutur Ketua Ketua TP. PKK Butur, Siti Rabiah Abu Hasan, dalam pertemuan tersebut. 
 
Lebih lanjut, ia pun menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik ini.
 
Meski penerapannya belum dilakukan secara total, perlahan namun pasti, ke depan akan terus dibudayakan, khususnya di internal organisasi yang dipimpinnya. 
 
Menurut dia, sudah seharusnya PKK hadir untuk memberikan contoh dan bukti nyata, dalam mengurangi sampah plastik. Baik pada saat pertemuan, maupun di rumah-rumah. 
 
"Saya ingin setiap kegiatan PKK ke depan tidak lagi menggunakan air mineral kemasan plastik. Lebih baik menggunakan gelas, karena sampah yang dihasilkan dari air mineral berbungkus plastik sangat banyak," tegasnya. 
 
Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh kader PKK di daerah setempat, agar selalu menjadi teladan dalam mengurangi sampah plastik. "Kita dapat menjadi contoh di lingkungan kita dengan mengurangi penggunaan gelas plastik," ajaknya. 
 
Peliput: Ran

BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI Ke-74 Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Buton Utara bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Butur, menyelenggarakan lomba kebersihan kantor antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Butur. 
 
Dengan terselenggaranya lomba tersebut, momentum peringatan hari kemerdekaan, tidak hanya berlangsung semarak dengan berbagai kegiatan olahraga.
 
Akan tetapi, berdampak pula sampai pada terjaganya kebersihan kantor dan lingkungan kerja yang sehat.
 
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Butur, selaku koordinator tim penilai lomba, Budianti Kadidaa menjelaskan, ada beberapa aspek dan kriteria yang menjadi fokus penilaian lomba kebersihan.
 
Antara lain ketersediaan ruang kerja, misalnya ruang pimpinan, ruang rapat, ruang tunggu tamu, mushalah, yang masing-masing memiliki indikator tersendiri dalam penilaian.
 
Begitu juga aspek lainya, seperti penanganan sampah, kebersihan MCK dan estetika kantor, baik di dalam ataupun di luar gedung.
 
Kemudian, yang menjadi indikator penilaian terfokus pada sarana dan prasarana kantor.
 
Seperti ketersediaan perlengkapan ruangan kerja, mulai dari lambang negara, bendera, struktur organisasi, visi misi Bupati dan Wakil Bupati, sampai pada ketersediaan parkiran kendaraan, garasi, tempat sampah, termasuk bagaimana cara pengelolaanya.
 
Sekalipun ketersediaan sarana dan prasarana kebutuhan kantor terpenuhi dengan lengkap, lanjutnya, jika tidak tertata rapi dan tidak memiliki nilai estetika, maka itu juga menjadi catatan penentu dari tim penilai. 
 
Tim penilai lomba dalam kegiatan ini berjumlah 15 orang, dibagi tiga kelompok A, B, dan C yang masing-masing berjumlah 5 orang. Satu kelompok, menilai 11 OPD. 
 
Kelompok A dikoordinir oleh Ketua TP. PKK Butur, Hj. Sitti Rabia Abu Hasan, kelompok B dikoordinir oleh Budianti Kadidaa dan tim C di pimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mohammad Amaluddin Mokhram. 
 
Peliput: Ran

KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban, Pertamina menggelar operasi pasar di beberapa wilayah di Sulawesi.
 
Operasi pasar ini juga bertujuan untuk meningkatkan pasokan LPG serta menegaskan komitmen Pertamina dalam menjaga distribusi LPG di Sulawesi. 
 
Pejabat Sementara (Pjs) Unit Manager Communication dan CSR MOR VII Sulawesi, Ahad Rahedi mengatakan Pertamina sebelumnya telah memprediksi ada peningkatan konsumsi LPG tabung 3 KG subsidi di Sulawesi Tenggara.
 
Peningkatan konsumsi LPG tabung 3 KG ini kata Ahad Rahedi mencapai 147 Metrik Ton (MT) perhari atau setara dengan 49 ribu tabung 3 KG dari rata-rata konsumsi harian normal sebesar 137 MT yang setara dengan 45 ribu tabung 3 KG. 
 
"Untuk Provinsi Sultra operasi pasar yang dilakukan berlangsung sejak 5 Agustus hingga 10 Agustus 2019 mendatang yang kita fokuskan di Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka," ungkap Ahad Rahedi, Kamis (08/08/2019).
 
Ahad Rahedi menuturkan dalam operasi pasar ini, untuk Kota Kendari telah didistribusikan sebanyak 1.680 tabung LPG 3 KG. 
 
Pendistribusian ribuan tabung LPG 3 KG ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra dalam acara Gelar Pangan Murah di Kecamatan Baruga.
 
Sedangkan untuk Kabupaten Kolaka, terdapat 5.600 LPG tabung 3 KG yang disebar melalui operasi pasar di Kecamatan Pomalaa, Kecamatan Baula, Kecamatan Wundulako, Kecamatan Kolaka, dan Kecamatan Latambaga.
 
Peliput: Muhammad Al Rajap
 

BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) terus berbenah. Salah satu langkah dilakukan dengan meningkatkan pemahaman penyusunan analisis jabatan (anjab) melalui workshop, dengan menghadirkan pihak Kantor Regional  (Kanreg) IV BKN Makassar, sebagai narasumber. 
 
Acaranya telah dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Butur, Muhammad Yasin, di Aula Bappeda Butur, pada Senin (5/8/2019).
 
Pejabat BKN yang hadir pada kegiatan itu antaralain, Kepala Kanreg IV BKN Makassar, Harun Arsyad, Kepala Bagian Tata Usaha, Anna Hasnah Hasaruddin serta Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, Cari.
 
Pesertanya, terdiri dari para Kasubag Kepegawaian pada masing-masing OPD dan unit kerja, termasuk Kelurahan dan Puskesmas.
 
Harun Arsyad menuturkan, penyusunan anjab ini memang sangat penting bagi ASN. Di mana, melalui anjab, akan diperoleh informasi seputar uraian jabatan, termasuk kebutuhan jabatan.
 
Analisis jabatan, lanjutnya, menjadi pintu masuk untuk menyusun analisis kebutuhan pegawai. Dengan analisis kebutuhan pegawai pula, bisa direncanakan kebutuhan pegawai, jauh lima tahun ke depan.
 
"Kita sudah harus bisa memprediksi kebutuhan pegawai lima tahun ke depan," tuturnya, saat menyampaikan pengarahan, di Aula Bappeda Butur.
 
Workshop sendiri, dilaksanakan untuk memberikan pencerahan dan pendalaman serta meningkatkan pemahaman ASN, dalam penyusunan anjab dan analisis beban kerja (ABK) di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
 
Dengan harapan, seluruh peserta nantinya dapat menyelesaikan dokumen anjab, ABK, peta jabatan dan evaluasi jabatan di masing-masing OPD atau unit kerja secara tuntas.
 
Peliput: Ran

BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Gerakan Masyarakat Peduli Buton Utara (Gempur), salah satu organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, membantu petani di daerah setempat dengan menghadirkan bibit unggul padi sawah yang sudah tersertifikasi.
 
Hal ini dilakukan, sebagai salah satu upaya menggali potensi daerah. Ketua umum Gempur, Muh Aswadi Adam, mengatakan organisasi yang dipimpinnya itu hadir untuk berperan membangun daerah melalui gerakan-gerakan sosial kemasyarakatannya.
 
Salah satu sektor yang menjadi perhatian untuk dikembangkan adalah pertanian. 
Setelah menerima informasi terkait hasil panen yang kurang melimpah, Gempur berinisiatif bekerjasama dengan tokoh masyarakat setempat yang dianggap berpengalaman di bidang pertanian.
 
Lalu kemudian, berkoordinasi dengan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Sulawesi Tenggara. 
 
Upaya tersebut, rupanya mendapat respon yang baik. Bahkan, pihak Balai tak hanya menyediakan bibit, tetapi juga bersedia mendampingi petani mulai dari penangkaran, pengolahan lahan hingga pembibitan.
 
Setelah tiga bulan proses pembibitan berjalan, pada bulan Desember 2019 nanti, bibit unggul tersebut baru akan disalurkan kepada kelompok petani.
 
"Yang kita harapkan bahwa, dengan adanya pembibitan ini, hasilnya mereka bisa lebih meningkat daripada sebelum-sebelumnya," tutur Aswadi Adam di salah satu hotel di Butur, Senin (5/8/2019).
 
Lebih lanjut dia menjelaskan, organisasi Gempur didirikan untuk menggali berbagai potensi yang ada di daerah. Bukan hanya di sektor pertanian saja, tetapi juga beberapa bidang lain seperti pendidikan dan kesehatan.
 
"Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang diharapkan oleh Gempur. Dalam artian bahwa kita coba menggali potensi daerah," ungkapnya. 
 
Sekretaris Gempur, Ikhwan karmawan, menambahkan, benih padi itu sudah tiba di lokasi. Penyerahan kepada petani telah dilaksanakan di Desa Waode Angkalo, Kecamatan Bonegunu. Minggu (4/8/2019) lalu.
 
Untuk lokasi penangkaran benihnya, tersebar di beberapa titik, antaralain Desa Lahumoko Kecamatan Kambowa, Desa Waode Angkalo dan Ronta Kecamatan Bonegunu, Desa Dampala Jaya dan Soloi Agung Kecamatan Kulisusu Barat serta Desa Tri Wacu-Wacu Kecamatan Kulisusu.
 
Peliput: Ran

BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Ramadio, menaruh harapan besar, dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, menjadi momentum dalam memupuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
 
Ungkapan ini disampaikan Ramadio, saat dirinya memimpin upacara pembukaan kegiatan olahraga dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 di Lapangan Raja Jin, Minggu (4/8/2019).
 
Ramadio menuturkan, untuk menjadi bangsa yang maju dan sejahtera, tentu membutuhkan semangat persatuan dan kesatuan.
 
Saat yang tepat mewujudkan itu, salah satunya melalui perayaan HUT proklamasi kemerdekaan. 
 
"Dengan semangat dan kebersamaan perayaan HUT RI ke-74, kita bisa memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga kita menjadi bangsa yang maju dan sejahterah," tutur Ramadio.
 
Di Butur sendiri, berbagai kegiatan dieselenggarakan untuk menyemarakkan HUT RI ke-74. Beberapa diantaranya yakni, sepak bola mini; bulu tangkis; tenis meja; sepak takraw; catur; atletik dan bola gotong.
 
Pesertanya, mulai dari kalangan pelajar, desa dan kelurahan, hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 
 
Dalam pelaksanannya nanti, Ramadio berpesan agar wasit menjunjung tinggi sprotivitas. Begitu pula dengan peserta, juga harus bersikap jujur ketika bertanding dan bersedia menerima keunggulan lawan.
 
Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya, lanjut dia, pemain patut mengedepankan rasa kekeluargaan ketika bertemu di arena. Sebab, selain mencari bibit atlet berprestasi, kegiatan olahraga itu digelar, juga sebagai wadah untuk bersilaturahmi.
 
Dalam rangka menyambut semarak HUT RI ke-74 di Butur, digelar pula, defile (pawai). Pesertanya, sebanyak 83 kontingen, antaralain OPD lingkup Pemkab Butur, kelurahan dan desa,  pelajar, Bawaslu, Perkemi (Persatuan Kempo Indonesia), IGTKI ( Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia), Mandala Multifainince dan Club sepak bola Sultra FA.
 
Peliput: Ran

BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara, Siti Rabiah Abu Hasan, resmi mengukuhkan pengurus BKMT se- Kecamatan Kambowa, Jumat (02/08/2019).
 
Di kesempatan itu, ia mengajak pengurus yang baru dilantik, agar terus menghidupkan pengajian, di wilayahnya masing-masing.
 
"Mari kita aktifkan pengajian rutin, serta menjadi pembina atau pengajar di TPA masjid, hal ini kita lakukan demi untuk membangun agama kita dan umat kita di tingkat desa maupun kecamatan," tutur Sitti Rabiah Abu Hasan, saat melantik pengurus BKMT Kecamatan Kambowa.
 
Kata dia, BKMT merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki visi syiar dan dakwah keagamaan, yang senantiasa harus dibangun dengan semangat kebersamaan di tengah masyarakat.
 
Mereka yang terhimpun dalam BKMT, yaitu ibu-ibu yang ada di desa dan kelurahan. Sehingga, dipandang bisa menjadi salah satu kekuatan untuk membentengi diri dan wilayah desa, dari adanya akulturasi budaya modern yang tidak sesuai paham agama dan budaya warga setempat.
 
Istri Bupati Butur itu, lebih lanjut menjelaskan, hadirnya BKMT, juga merupakan salah satu kekuatan dari masyarakat untuk secara aktif mendorong pemahaman dan kesadaran masyarakat, akan pentingnya partisipasi dalam pembangunan daerah.
 
Sehingga, masyarakat dapat berkontribusi memberikan masukan dan aspirasi, khususnya pembangunan di bidang mental dan spiritual untuk kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbhineka tunggal ika.
 
Di kesempatan selanjutnya, Bupati Butur, Abu Hasan menyambut baik terbentuknya BKMT di Butur, sampai ke tingkat desa maupun kelurahan. Sebagai kepala daerah, pihaknya mendorong BKMT agar turut ambil bagian dalam gerakan pemakmuran masjid, dengan menyelenggarakan berbagai aktivitas pembinaan keagamaan.
 
"Ini sangat berperan untuk membina masa depan keumatan di tingkat desa," katanya.
 
Selain mengajak pemakmuran masjid, Bupati juga mengajak untuk terus menumbuhkan rumah Qur'an yang ada di setiap desa dan kelurahan. Pelantikan yang di laksanakan di sela-sela pembukaan kemah akbar Pramuka itu, turut didampingi Kapolsek Bonegunu, Ipda Sunarton, Camat Kambowa dan seluruh jajaran pemerintahan di kecamatan Kambowa.
 
Peliput: Ran
Editor: Muhammad Al Rajap
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 

Page 1 of 116

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

1498354
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
115
3005
18809
1462883
62568
103361
1498354