Saturday, November 28, 2020

iklan arifudin

Sekda

REDAKSI

REDAKSI

BUTONRAYANEWS.CO.ID, BAUBAU - Arah kebijakan umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Baubau pada tahun 2021, Pemerintah Kota Baubau merumuskan lima prioritas pembangunan.

Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse pada rapat Paripurna DPRD dalam rangka penyampaian RAPBD Kota Baubau TA. 2021 di ruang Auditorium kantor DPRD Kota Baubau, "APBD Kota Baubau tahun anggaran 2021 pada hakikatnya merupakan gambaran kongkret yang akan dikerjakan pemerintah. Hal ini guna mempercepat pelaksanaan pembangunan Kota Baubau dalam upaya mewujudkan Kota Baubau yang Maju, Sejahtera, dan Berbudaya," ungkap Monianse.

Ia menambahkan untuk mewujudkan semua upaya tersebut maka pihaknya telah merumuskan lima prioritas pembangunan Daerah Kota Baubau. Karena, hal tersebut telah sesuai dengan arah dan kebijakan umum APBD tahun anggaran 2021 yang telah disepakati bersama.

Adapun lima prioritas pembangunan daerah Kota Baubau tahun anggaran 2021 antara lain: 1. Pengembangan industri perdagangan dan industri kreatif yang didukung oleh peningkatan sarana dan prasarana, 2. Peningkatan iklim promosi dan investasi, 3. Pengembangan potensi kepariwisataan daerah, 4. Peningkatan pendapatan masyarakat miskin berbasis potensi lokal, dan 5. Pengelolaan pemerintahan dan administrasi pelayanan publik serta peningkatan SDM

Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Baubau tahun anggaran 2021 pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp. 869 milyar 926 juta yang terdiri dari: 1. Pendapatan asli daerah sebesar Rp. 132 Milyar 748 Juta yang terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan daerah yang sah, 2. Pendapatan dana transfer sebesar Rp. 714 Milyar 567 Juta yang terdiri atas transfer Pusat dan transfer antar daerah, 3. Lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar 22 milyar 610 juta rupiah.

“Pada Rancangan APBD ini proporsi dana transfer sebesar 82,14 persen dari total pendapatan Daerah. Sedangkan pendapatan asli daerah kita baru memberi kontribusi sekitar 15,26 persen. Sedangkan lain-lain pendapatan Daerah yang sah sebesar 2,60 persen”, ujar Monianse mengutip pidato Wali Kota Baubau AS Tamrin.

Ditambahkan, dalam RAPBD Kota Baubau Tahun Anggaran 2021 belanja Daerah direncanakan sebesar Rp. 1 triliun 106 milyar 926 juta yang terdiri atas belanja operasi yang dianggarkan untuk pengeluaran kegiatan sehari hari pemerintah Daerah, belanja Modal dan belanja tidak terduga.

Pemkot Baubau  juga menyadari, di samping terdapat keberhasilan yang dicapai, pelaksanaan pembangunan Kota Baubau hingga saat ini juga masih terdapat beberapa kekurangan dan kelemahan yang harus dibenahi. “Untuk itu, dengan itikad baik saya mengajak kepada kita semua untuk menagani masalah-masalah yang ada secara bersama-sama sehingga membawa kemajuan yang lebih baik untuk Kota Baubau yang kita cintai”, pungkasnya. seperti dalam reless Dinas Kominfo Kota Baubau

Editor : Mulyadi


 
KENDARI - Lingkar Pemuda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Webinar efektivitas pendistribusian bantuan sosial tunai (BST) terhadap masyarakat penerima manfaat yang terdampak Covid-19 di Sultra, Sabtu (07/11/2020).
 
Dalam acara Webinar itu hadir sebagai narasumber Kepala PT Pos Kendari Surya Hambali, Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinsos Kota Kendari, Akademisi UHO Pendais Hak, dan Pegiat Pemberdayaan Masyarakat Sultra LM. Syamsul Kaidah. 
 
Dalam kesempatannya, Surya Hambali mengatakan realisasi Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap tiga sampai dengan delapan di Kota Kendari telah mencapai 81 persen lebih. 
 
"Kami ucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari, Puskesos yang selalu melakukan koordinasi dalam memberikan data penerima BST di Kota Kendari. Sehingga proses penyalurannya tepat sasaran," kata Surya Hambali.
 
 
Sementara Sri Nursamdewi selaku Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinsos Kota Kendari menyebut BST kepada masyarakat berpedoman pada petunjuk dari Menteri Sosial (Mensos) RI. Namun, pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pihak PT Pos agar menambah loket pembagian BST untuk mengurangi antrian masyarakat. 
 
"Data penerima BST, kami selalu koordinasi dengan RT/RW, kemudian kelurahan sampai dengan Puskesos. Sehingga datanya tidak salah. Paling tidak bantuan itu bisa menjadi penyambung hidup dimasa Pendemi saat ini," ujarnya. 
 
Pegiat Pemberdayaan Masyarakat Sultra, LM. Syamsul Kaidah menilai tingkat efektifitas pendistribusian BST terdiri beberapa aspek yang kuantitas dan waktu. Menurut dia, penerima BST keluarga yang kurang mampu. Sementara dari segi kualitas, sasaran penerima manfaat merupakan masyarakat miskin tidak mampu. 
 
"Gerakan PT Pos turun langsung pendistribusian kepada penerima manfaat langkah yang tepat," ucapnya. 
 
Dikatakannya, penyaluran bantuan BST di yang harus diantisipasi adalah konflik. Itu tidak bisa dihindari. Namun, substansinya data dari PT Pos. Lanjutnya, kesesuaian basis data dari berbagai instansi sangat penting karena masih ada tumpang tindih data masing-masing instansi. 
 
"Perlu keterlibatan dari berbagai pihak termasuk mahasiswa untuk mengawal data dan penyaluran BST agar tepat sasaran," tambah Syamsul. 
 
"Penanganan Covid tdiak hanya fokus pada Kemensos tapi baiknya dari Kemendesa termasuk instansi terkait ikut terlibat. Sehingga dengan adanya keterlibatan semua pihak, kita bisa keluar dari permasalahan kemiskinan dimasa Pendemi," tuturnya. 
 
Sementara itu, Akdemisi UHO Pendais Hak mengungkapkan pada zaman Presiden SBY-JK namanya BLT. Bantuan tersebut ada akibat efek domino akibat kenaikan BBM saat itu.
 
Kemudian di masa pemerintahan Jokowi disebut BST. Bantuan itu ada akibat Pandemi Covid-19 berdampak pada semua aktivitas ekonomi masyarakat dibatasi pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sehingga berdampak pada pola ekonomi masyarakat
 
"BST diberikan kepada masyarakat kurang mampu dan rentan. Tujuan BST sebagai pengaman bagi masyarakat akibat mengalami kondisi ekonomi kurang dimasa Covid-19," ujarnya.
 
Ia menjelaskan, wilayah perkotaan lebih berdampak pada aspek kehidupan masyarakat dibanding di desa. Dimasa Pandemi yang paling penting adalah kebutuhan pokok. Namun yang paling berdampak itu masyarakat di wilayah perkotaan. 
 
"Hasil survei berdasarkan data kuesioner, di desa itu banyak petani. dimasa Pandemi pun mereka tetap berkebun. Di desa pun tetap ada pasar hanya saja perputaran ekonomi sangat sepi," tuturnya. 
 
"Dinsos harus menciptakan instrumen. Sebab, tidak aspek kontrol. Jadi kelihatan longgar apalagi di desa-desa. Misalnya aspek pendataan, meraka yang tidak punya KTP di desa bisa saja mendapatkan BST meskipun tidak punya KTP di desa itu. Karena mereka bisa membuat keterangan domisili di desa," ulasnya. 
 
Kemudian, aspek pencairan tidak ada masalah. Mengingat PT Pos telah melakukan tugasnya dengan tepat. 
 
"Program ini sangat bermanfaat sekali kepada masyarakat. Dan saya rekomendasikan bantuan itu tetap lanjut. Dengan catatan harus diperhatikan semua aspek yang berhak mendapatkan bantuan. Serta ada skala perioritas untuk menghindari konflik intern atau kepentingan apalagi dimasa politik saat ini," jelas Pendais.
 
Penulis: M Al Rajap

KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Ketua Barisan Tim Relawan Militan (TEMAN RUSMAN ) Faisal Yamin menyatakan sikap untuk mendukung pasangan calon nomor urut 1 dalam pemilihan pasangan calon bupati dan wakil bupati Muna, LM Rusman Emba dan Bachrun Labuta.
 
 
Pernyataan dukungan ini bukan tanpa alasan, sebab pihaknya sebelumnya telah melakukan diskusi panjang serta berbagai kajian bersama teman- teman kelompok hingga akhirnya memutuskan untuk mendukung pasangan nomor urut 1 tersebut.
 
 
"Alasan kami mendukung pasangan nomor urut 01 di pilkada Muna karena kami melihat bahwa bapak Rusman Emba adalah bupati yang mampu meneruskan program-program dari bupati sebelumnya," ujar Faisal pada media ini, Sabtu (31/10/2020).
 
 
Faisal membeberkan beberapa bukti serta contoh pembangunan yang disempurnakan oleh sentuhan  dari Rusman Emba seperti pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Pasar moderen Kota Raha hingga Masjid Almunajat.
 
 
"Selain itu juga kami benar benar-benar merasakan selama pak Rusman memimpin semacam   ada sebuah kedamaian yang dirasakan oleh masyarakat kita, gairah kehidupan masyarakat mulai terlihat, terbukti banyaknya usaha-usaha dipinggiiran kota banyak usaha UMKM, warkop, tempat wisata dan lain-lain," katanya.
 
 
"Memang kami sadari bahwa masih ada mimpi dan cita cita yang belum kita capai untuk daerah ini, oleh karena itu kami mendukung bapak Rusman dan Bahrun Labuta untuk melanjutkan dan menuntaskan kembali program-program beliau," tutup Faisal.
 
 
Faisal menambahkan bahwa anggota Teman Rusman sudah tersebar disetiap desa diseluruh Kabupaten Muna dengan satu tujuan yaitu mendukung dan memenangkan pasangan dengan tagline terbaik (Teruskan Rusman Emba Bahrun Labuta pilihan kita).
 
 
Penulis: Muhammad Al Rajap

Baubau, 26 Oktober 2020
 
BUTONRAYANEWS.CO.ID, BAUBAU - Seperti tahun sebelumnya dalam memperingati hari kelahiran Nabi Besar Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau akan menggelar malam Gorana Oputa pada Rabu malam 28 Oktober 2020.
 
Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse Ia mengungkapkan, penetapan malam Gorana Oputa, berdasarkan hasil keputusan musyawarah Perangkat Masjid Agung Keraton (Sara Kidina). Hasil musyawara tersebut disampaikan langsung oleh tiga orang perwakilan dari Sara Kidina, dirumah jabatannya pada Jum’at pagi tgl. 23 Oktober 2020. Dalam pertemuan tersebut, ia didampingi kabag Protokoler Sekda Kota Baubau Eko Prona Jaya.
 
“Sebagaimana biasanya tiap tahun, dalam memasuki bulan Maulid kita selalu menyelenggarakan ritual Gorana Oputa. Dan sebelum penyelenggaraan, dari Sara Kidina selalu menyampaikannya langsung pada bapak Wali Kota. Tapi karena pak Wali masi berangkat jadi mereka menemui saya untuk menyampaikan hal itu. Nanti Pak Wali tiba di Baubau baru saya laporkan pada beliau”, ungkapnya.
 
Lebih lanjut La Ode Ahmad Monianse menambahkan, malam Gora Oputa merupakan warisan budaya leluhur yang harus dipelihara dan dijaga. Pasalnya, selain memiliki nilai budaya, tradisi Gorana Oputa juga sarat dengan nilai-nilai Religius. Untuk itu, ia berharap agar tradisi Gorana Oputa ini tidak tenggelam seiring dengan perkembangan zaman.
 
“Kita berharap tradisi ini akan terus dijaga dan dipelihara oleh generasi penerus kita dimasa yang akan datang. Karena tradisi ini mengajarkan kita banyak hal dalam sendi-sendi kehidupan. Lagipula ini berkaitan dengan hari kelahiran Nabi Besar kita Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam. Dimana pada diri Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam terdapat suri teladan yang baik dan wajib kita ikuti”, imbuhnya.
 
Terkait dengan protokol kesehatan, Orang nomor dua di kota Baubau ini menjelaskan, pelaksanaan Gorana Oputa tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, penerapan protokol kesehatan harus diutamakan. Namun ia dapat memastikan, protokol kesahatan tersebut tidak akan mengurangi nilai kesakralan ritual Gorana Oputa ini.
 
Sebagaimana biasanya, tradisi Gorana Oputa setiap tahun diselenggarakan dirumah jabatan Wali Kota Baubau sebagai pertanda dimulainya haroa Maludu. Tradisi ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1538 pada masa pemerintahan Sultan Murhum. Dimana pada masa itu, tradisi ritual Gorana Oputa ini dilaksanakan secara sederhana.
 
Pada tahun 1629 Masehi dimasa Sultan Dayanu Ikhsanuddin, tradisi ini ditetapkan sebagai peringatan awal Maulid (Maludu). Tradisi ritual Gorana Oputa ini dilaksanakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal oleh Sultan bersama perangkat Masjid Agung Keraton (Sara Kidina). Gorana Oputa ini bermakna sebagai Munajjad Sultan, dimana sultan memohon kepada Allah SWT agar rakyatnya selalu terhindar dari segala musibah dan bencana.
 
Karena begitu penting dan sakralnya ritual ini, sehingga setiap sultan selalu melaksanakan tradisi ini, yang kemudian diiukuti oleh masyarakat dengan mengadakan haroa Maludu di rumah masing-masing. Walaupun kesultanan buton sudah tidak ada, namun tradisi ini terus dilaksanakan. Wali Kota Baubau sebagai manifestasi dari kesultanan terus melakukan tradisi ini setiap tahunnya.
 
Editor : Mulyadi

Baubau, 26 Oktober 2020

 

BUTONRAYANEWS.CO.ID, BAUBAU- Konsoludasi pengurus dan kader partai NasDem Kota Baubau terus dilakukan Ketua DPD Partai NasDem Kota Baubau, Arifuddin S.Sos, sekaligus dengan penandatangannan kepatuhan pengurus DPD Partai Nasdem Kota Baubau, Senin (26/10/2020).

Ketua DPD Partai NasDem Kota Baubau, Arifuddin SSos mengatakan dengan adanya amanah yang diberikan kepada pengurus yang baru ini akan menjadi energi baru di partai Nasdem khususnya di Baubau.

"Rasa optimis setiap kader dan pengurus dalam membesarkan partai ini harus dimiliki seluruh kader dan pengurus baik DPC maupun DPD," ungkap Arifuddin.

Mantan legislator DPRD Kota Baubau ini menambahkan konsolidasi akan terus dilakukan khususnya didalam menghadapi beberapa agenda politik yang akan datang hingga 2024 mendatang.

Selain konsolidasi kader dan pengurus, Arifuddin selaku ketua DPD Partai Nasdem Kota Baubau juga menyerahkan SK pengurus DPC Se Kota Baubau dimana dengan diterimanya SK ditingkat DPC maka secepatnya akan dilakukan konsolidasi ke tingkat DPRt se Kota Baubau.

Selain itu, pada hari yang sama dilakukan penandatangan surat pernyataan kepatuhan. Terdapat 5 poin dalam pernyatan itu.

Adapun isi dari surat kepatuhan tersebut yaitu bahwa pengurus DPD partai Nasdem Baubau dengan kesungguhan menyatakan sebagai berikut:

1. Bersedia aktif dengan penuh wakt, berintegritas dan disiplin yang tinggi serta sungguh-sungguh mengemban amanat partai
2. Senantiasa menjalankan visi dan misi partai Nasdem sebagaimana tertera dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
3. Bersedia dan patuh terhadap keptusan partai Nasdem termasuk kepengurusan DPD partai Nasdem Kota Baubau sebagaimana tertuang dalam Keputusan DPD Partai Nasdem Nomor 441-kpts/DPP-Nasdem/IX/2020 tentang Pengesahan Susunan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara Periode 2020-2024.
4. Mensukseskan Pilkada tahun 2023 dan mensuksekseskan pemilu tahun 2024.
5.Bersedia diberhentikan apabila melakukan tindakan-tindakan yang dapat merusak dan atau menggagu soliditas, citra dan marwah Partai.

 

Peliput / Editor : Mulyadi


KENDARI, ButonRayaNews.co.id – Satu Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Wakorumba, Polres Butur, Brigadir Ruslan menyerahkan kitab suci alquran untuk desa binaannya.

 

Penyerahan kitab suci untuk umat muslim ini dilangsungkan di Masjid Al Wustha Desa Labaraga yang diterima langsung oleh imam masjid setempat, La Panggala dan disaksika oleh sejumlah jamaah masjid usai melaksanakan ibadah shalat Jum’at berjamaah.

 

Pada media ini, Brigadir Ruslan mengungkapkan dirinya menyumbangkan lima buah alkuran dan lima buah iqra bertujuan untuk mewujudkan generasi yang islami di desa binaannya.

 

“Sebenarnya wilayah kerja saya ada tiga desa. Selain Desa Labaraga, juga ada Desa Labajaya dan Desa Lasiwa. Terkait dengan pemberian alquran di Desa Labaraga ini merupakan inisiatif saya sendiri. Dan untuk desa binaan saya yang lain pasti saya akan lakukan hal yang sama namun waktunya saya belum bisa tentukan,” tutur Ruslan, Jumat (23/10/2020).

 

Sementara itu, Imam Masjid Al Wustha, La Panggala usai menerima sumbangan alquran tersebut memberikan apresiasi kepada Brigadir Ruslan yang merasa peduli terhadap keadaan lingkungan masyarakat khususnya untuk para jamaah Masjid Al Wustha.

 

“Terimakasih kepada pak Ruslan yang memberikan bantuan berupa kitab suci alquran ini. Tentu ini sangat bermanfaat bagi jamaah dan semua orang yang ingin melantunkan ayat-ayat Allah SWT,” ungkap La Panggala.

 

Ia berharap dan agar bantuan yang telah diberikan untuk jamaah Masjid Al Wustha dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Tak lupa pula ia memanjatkan doa untuk keberhasilan Brigadir Ruslan kedepan.

 

Penulis: Muhammad Al Rajap


 
BUTONRAYANEWS.CO.ID, BAUBAU - Setelah mendapat Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Arifuddin S.Sos dipercayakan menjadi ketua DPD Partai Nasdem Kota Baubau, saat ini sudah melengkapi kepengurusan ditingkat Kecamatan.
 
Ketua DPD Partai Nasdem Kota Baubau, Arifudin mengungkapkan sebagai ketua DPD Kota Baubau dirinya mendapat mandat dan amanah untuk memperkuat dan melakukan konsidasi kader seluruh tingkatan. " Saya mendapat arahan setelah melakukan konsolidasi di kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah selanjudnya akan melakukan konsolidasi pengurus di tingkat kecamatan," ungkap mantan legislator Kota Baubau ini.
 
Ia menambahkan dalam sepekan setelah SK kepengurusan DPD diterimanya dirinya dan pengurus DPD yang lain langsung bergerak cepat. "Alhamdulillah 8 kecamatan di Kota Baubau sudah meengkapi kepengurusannya dan sudah diteruskan ke wilayah untuk dikeluarkan SK kepengurusan DPC," katanya.
 
Sebagai ketua DPD partai Nasdem Kota Baubau yang baru dirinya akan berusaha semaksimal mungkin akan membesarkan partai ini dan sejajar dengan partai yang lain. Saat ini Nasdem memiliki dua kadernya yang duduk di DPRD Kota Baubau, dan ini akan dimaksimalkan kinerjanya didalam rangka membangun koordinasi baik di legislatif maupun di eksekutif sehingga peran sebagaj partai politik akan dapat berjalan dengan baik.
 
Setelah membangun konsolidasi ditingkat DPD dan DPC akan dilanjudkan sampai ketingkat kelurahan se Kota Baubau. "Kami menargetkan dalam waktu dekat akan menyelesaikan e- KTA sebanyak 6 ribu KTA," tutupnya.
 
Peliput /Editor : Mulyadi

 
BUTONRAYANEWS.CO.ID, BAUBAU - Ditengah pandemik Covid 19 saat ini, banyak pihak yang peduli didalam memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak, salah satunya Pertamina Fuel Terminal Baubau. Hal ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Baubau.
 
Sekretaris Daerah (Setda) Kota Baubau Dr. Roni Muchtar, M.Pd., menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Regional VII Fuel Terminal Baubau atas peran aktifnya dalam upaya penanggulangan Covid-19. Hal tersebut ia sampaikan saat menerima secara simbolis sejumlah bantuan untuk masyarakat Baubau terdampak Covid-19 yang di serahkan langsung oleh Fuel Terminal Manager Baubau Adi Rachman di Sekber Covid-19 pekan kedua bulan oktober 2020.
 
Roni menambahkan PT. Pertamina (Persero) Fuel terminal Baubau dalam melakukan upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19 sangat bermanfaat bagi Masyarakat serta pemerintah Baubau. Pasalnya, uapaya tersebut merupakan terobosan-terobosan yang baik dalam memanfaatkan dana CSR guna meringankan beban Masyarakat Baubau yang terdampak Covid-19.
 
"PT. Pertamina (Persero) Fuel Teriman Baubau merupakan contoh perusahaan yang baik. Pasalnya. PT. Pertamina (Persero) telah secara terus menerus memanfaatkan dana CSR untuk memperdayakan masyarakat guna meningkatkan perekonomian. Selain itu, pihaknya juga tengah merancang Peraturan Daerah (Perda) tentang Community Development," ungkap Roni.
 
Pemkot Baubau berharap dengan adanya Perda ini perusahaan-perusaan yang ada di kota Baubau, bisa memanfaatkan dana CSRnya agar dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat Baubau.. Lebih lanjut, Roni Muchtar berharap Perda tersebut tahun ini dapat dirampungkan agar peran-peran perusahaan yang ada di kota Baubau dapat terukur. Selain itu, dengan adanya Perda tersebut penggunaan dana CSR dari perusahaan-perusahaan tersebut dapat tercatat dalam penerimaan Daerah. “Agar semua trasparan dan semua jelas, baik itu satuannya, besarannya dan pemanfaatannya”, pungkasnya.
 
Sementara itu, Fuel Terminal Manager Baubau Adi Rachman mengatakan, bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk kepedulian PT. Pertamina (Persero) kepada masyarakat Baubau dalam menghadapi pandemik Covid-19. Selain itu, bantuan tersebut merupakan program CSR PT Pertamina (Persero) untuk penanggulangan Covid19 di Kota Baubau. "Diharapkan kesediaan Gugus Tugas Covid-19 Baubau dapat menerima bantuan CSR PT Pertamina (Persero) lalu kemudian disalurkan kepada masyarakat sehingga dapat bermanfaat khususnya dalam rangka menanggulangi Covid-19 di Kota Baubau," pinta Adi Rachman.
 
Bantuan tersebut berupa sembako sebanyak 350 paket. Wastafel sebanyak 5 pcs. Masker kain 1000 pcs. Faceshield 200 pcs. Galon cuci tangan kecil 10 unit. Handsanitizer 25 liter. Sabun cuci tangan 10 botol (500ml).
 
Editor : Mulyadi

KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Kota Kendari per tanggal 24 September 2020 telah tercatat total kasus positif sebanyak 1.065 kasus dan menjadi salah satu kota di Sulawesi Tenggara yang paling tinggi kasus meninggal sebanyak 22 Orang. 
 
 
Ditambah lagi Kota Kendari memiliki skor zonasi berdasarkan bobot indikator kesehatan masyarakat per 20 September 2020 dengan bobot 1,72 hal ini menjadikan Kota Kendari menjadi Zona Resiko Tinggi (Zona Merah) dalam penyebaran Covid-19.
 
 
7 September 2020 Presiden Jokowi dalam pidato di Sidang Kabinet Paripurna bertema Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi mengatakan bahwa “Kunci dari Ekonomi kita agar baik adalah Kesehatan yang baik. Kesehatan yang baik akan jadikan ekonomi kita baik, artinya fokus kita tetap nomor 1 adalah Kesehatan penanganan Covid-19”.
 
 
Telah banyak kebijakan yang telah di keluarkan oleh Walikota Kendari yaitu Perwali Nomor 47 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dan Surat Edaran Nomor 443.1/2992/2020 Tentang Pembatasan Aktivitas Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan Resiko Penyebaran Covid-19 di Kota Kendari (Pembatasan Jam Malam).
 
 
Pembatasan jam malam merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh beberapa kab/kota di Indonesia bahkan di beberapa Negara menerapkan kebijakan ini guna mengontrol laju penyebaran Covid-19 di malam hari yang sangat berpotensi memacu keramaian. 
 
 
Namun kebijakan tersebut banyak menimbulkan pro dan kontra ditengah-tengah masyarakat. Saya sangat menyayangkan Rekomendasi Pencabutan Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengatur pembatasan aktivitas masyarakat di malam hari oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Kendari yang hanya melihat 1 sisi saja yaitu dampak Ekonomi saja tanpa melihat keselamatan Rakyat, dilain sisi Ekonomi lazim hancur di Negara-negara yang terdampak Covid-19. 
 
 
Menyelamatkan nyawa rakyat adalam amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 setelah itu mensejahterahkan Rakyat. Bukan hanya itu harapan saya Pansus DPRD Kota Kendari lebih memikirkan inovasi kebijakan-kebijakan yang tepat untuk menekan laju kasus Covid-19 di Kota Kendari.  
 
 
Oleh ANDI BASO AMIRUL HAQ, S.Farm
Penulis adalah Sekretaris Umum BADKO HMI Sultra juga Ketua Satgas Pemuda Covid-19 Sultra
 

KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Sub grup gadit III Dit Resnarkoba Polda Sultra kembali menggrebek sebuah ruko yang diduga akan diperuntukan untuk pabrik shabu skala home industry (Industri rumahan).
 
 
Hasilnya, tim Subdit III berhasil mengamankan dua orang yakni Rendy Christian dan Adriel Kenan Tumba serta mengamankan barang bukti shabu sejumlah 10 paket seberat 10,49 gram sekitar pukul 19.15 Wita, Senin (22/09/2020).
 
 
"Kuat dugaan mereka berdua akan membuat pabrik shabu home industry, namun gagal total karena keburu ditangkap dan sudah produksi sebanyak empat kali," ungkap Dir Narkoba Polda Sultra Kombes Pol M. Eka Fathurahman.
 
 
Kronologis penangkapan mereka berdua berdasarkan informasi dari masyarakat tentang adanya pengedar Narkotika jenis Shabu dengan Modus home Industry di Kota Kendari.
 
 
Tim Unit 2 Subdit III melakukan lidik Observasi dan Surveilance. Dimana target operasi kedua tersangka yang berperan sebagai pengedar shabu yang bekerja sama dengan bosnya yang berada di Kota Kendari.
 
 
Setelah dilakukan Penyelidikan, diketahui target berada di alamat sesuai TKP, yang biasa digunakan untuk transaksi peredaran shabu.
 
 
Kedua TSK ditangkap sesaat akan melakukan transaksi, lalu tim melakukan penggeledahan badan dan tempat (yang disaksikan oleh masyarakat), dimana Tim berhasil menemukan 10 paket Narkotika jenis Sabu di di atas Meja hias dalam Kamar rumah tersangka.
 
 
 
"Salah satu tersangka mengaku saat di interogasi di TKP bahwa tersangka mengaku memperoleh narkotika jenis sabu yang akan dijual tersebut dari temannya yang bernama Mr. X yang berada di Kota Kendari," tutur Kombes Eka.
 
 
 
Selanjutnya Tim membawa tersangka serta barang bukti di Mako Ditresnarkoba untuk dilakukan penyidikan.
 
 
Penulis: Muhammad Al Rajap
 

Page 1 of 144

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

3700963
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2274
5226
35105
3628406
144969
175656
3700963