Tuesday, October 16, 2018

Ali Mazi Diberi Gelar Sangia Barakati, Rajiun Diberi Gelar Sangia Mondolalo

Written by  October 10 2018
Foto: Gubernur Sultra Ali Mazi bersama istri dan Bupati Mubar LM Rajiun Tumada saat diberi nama gelar oleh Pemangku Adat Mubar. (LM Sacril/BRN). Foto: Gubernur Sultra Ali Mazi bersama istri dan Bupati Mubar LM Rajiun Tumada saat diberi nama gelar oleh Pemangku Adat Mubar. (LM Sacril/BRN).

MUNA BARAT, ButonRayaNews.co.id- Pemangku Adat Kabupaten Muna Barat (Mubar) memberikan nama gelar adat Sangia Barakati kepada Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Sangia Mandolalo kepada Bupati Muna Barat (Mubar) LM. Rajiun Tumada.

Pemberian gelar tersebut bertepatan dengan kunjungan kerja (kunker) perdana Gubernur Sultra Ali Mazi di Mubar. Peresmian pemberian gelar itu dilakukan di Rujab Bupati Mubar, Senin malam (09/10/2018) dan dihadiri seluruh pemangku adat Mubar serta disaksikan oleh seluruh masyarakat Mubar.

Dalam sesi upacara tersebut, terlihat Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi istri serta Bupati Mubar LM Rajiun Tumada didampingi istrinya dibersihkan kaki mereka oleh salah satu tokoh Adat. Hal ini sebagai rangkaian dalam pemberian nama gelar Adat.

Setelah itu, Gubernur Sultra Ali Mazi dan Bupati Mubar LM Rajiun Tumada yang didampingi oleh istri masing-masing, di kukuhkan dan dianugerahkan nama Gelar Adat.

Salah satu pemangku adat Mubar, La Ode Abdul Karim gelar Kosangiano mengatakan, gelar Sangia Barakati yang diberikan kepada Ali Mazi berarti pemimpin yang berkah dan amanah. Sedangkan Bupati Mubar LM Rajiun Tumada diberi nama gelar Sangia Mondolalo berarti pemimpin yang memiliki kemampuan yakni mampu segalanya serta pemimpin memiliki hati tenang dan suci.

"Sebelum diberikan gelar kepada kedua pemimpin itu, telah dilakukan rapat adat oleh seluruh pemangku adat Mubar. Dan hasil rapat adat tersebut disepakati untuk diberikan gelar keduanya," jelasnya.

Peliput : LM Sacril
Editor : Asis

Rate this item
(2 votes)
Read 755 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

801149
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
597
3803
7595
772727
48461
132968
801149