Thursday, November 15, 2018

REDAKSI

REDAKSI

SULAWESI BARAT, ButonRayaNews.co.id - Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Desa Gunung Sari, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawsi Barat, kepala desa setempat menggelar kejuaraan Bola Volly Cup II.

Ketua Panitia Pelaksana, I Made Sukarya menjelaskan peserta yang terlibat dalam kejuaraan tersebut bukan hanya dari desa setempat melainkan juga berasal dari desa lainnya.

"Kejuaraan ini akan digelar dari 14 November 2018 hingga 26 November 2018," ucap Made, Rabu (15/11/2018).

Ditempat yang sama, Kades Gunung Sari, Inyoman Sukaryawan mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga silaturahmi baik antar sesama masyarakat Desa Gunung Sari maupun masyarakat yang ada diluar Gunung Sari.

"Saya berharap masyarakat desa dapat bersama-sama mendukung demi mensukseskan tournament ini dan juga menjadikannya sebagai ajang silaturahmi," ungkapnya.

Kejuaraan tersebut kata Inyoman sekaligus menjaring bibit atlet-atlet profesional yang nantinya akan diseleksi untuk mengikuti tournament yang lebih bergengsi.

Sementara itu, Camat Pasangkayu, Hasbi mengatakan apa yang dilakukan oleh pemerintah Desa Gunung Sari adalah suatu terobosan yang perlu di apresiasi dan di dukung bersama.

"Ini adalah ajang terbaik dalam menjaga silaturahmi, dan semoga dapat kita manfaatkan sebaik mungkin," katanya

Peliput: E Syam
Editor: Muhammad Al Rajap


MUNA BARAT, ButonRayaNews.co.id - Manajer balap motor Mubar, Niksen mengatakan atlet balap motor Mubar optimis akan rebut dua medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara di Kabupaten Kolaka mendatang.

Ia menyebut, ada tiga pembalap motoe Mubar yang akan bertanding di Porprov yakni dua sided (senior) atas nama Roland Tuhatu dan M. Ramli. Kemudian satu pemula atas nama Arif Febrianto.

"Kami ikut serta baik balap perorangan dan beregu 125 serta 150 CC," ujarnya, Rabu (14/11/2018).

Dikatakannya, ia tidak meragukan pembalap ketiga pembalap itu karena mereka sudah sering ditampil di Kejurda dan Kejurnas.

"Kami akan memberikan penampilan yang terbaik. Karena saya sudah tahu skill semua pembalap disemua kabupaten," ucapnya.

Untuk saat ini, tambahnya, pihaknya tengah melakukan sesi latihan agar para pembalap dapat melatih kecepatan dan skillnya sebelum berlaga di Porprov.

"Saya optimis untuk ajang balap motor di Porprov Mubar akan merebut dua medali emas," tandasnya.

Peliput : LM Sacril
Editor : Asis


KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Irianto mengatakan kesetiaan Korps Brimob Polri terhadap negara ini tidak perlu diragukan lagi.

Hal ini diungkapkannya saat membawakan sambutan dalam upacara acara Hari Ulang Tahun Brimob ke-73 yang dilakukan di Lapangan Brimobda Sultra.

"Sejak negara ini lahir, Korps Brimob Polri telah turut ambil bagian dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan," ucap Iriyanto, Rabu (14/11/2018).

Ia menambahkan, Korps Brimob Polri juga terus mengabdikan diri kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga saat ini sebagai bagian integral dari kepolisian.

"Kami bersama TNI dan seluruh lapisan masyarakat terus membangun sinergitas dan menjaga soliditas dalam menjaga empat pilar kebangsaan," jelas jenderal bintang satu ini.

Sementara itu, Dansat Brimob, AKBP Joni Afrizal mengatakan perayaan HUT Brimob tahun ini diperingati dengan cara yang sederhana.

"Di momentum HUT Brimob ini kita evaluasi dan kembali membenahi diri agar kedepannya semakin baik untuk pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan yang digariskan pimpinan," terang Joni pada media.

Untuk diketahui, perayaan HUT Brimob ke-73 ini dihadiri oleh seluruh Forkopimda Sulawesi Tenggara dan beberapa pejabat undangan lainnya.

Peliput: Muhammad Al Rajap


MUNA BARAT, ButonRayaNews.co.id- Persatuan Sepakbola Indonesia (PERSI) Kabupaten Muna Barat (Mubar) akan menggelar try out uji coba di Makassar.

Hal itu diungkapkan Pelatih Kepala Sepakbola Mubar, La Ode Abdul Gamal Atiri. Kata Gamal, try out itu dilakukan dalam rangka jelang Porprov di Kolaka mendatang.

"Di Makassar nanti, tim sepakbola Mubar akan melawan PSM Junior. Kemudian PERSI Maros Yunior," ungkap Gamal, Rabu (14/11/2018).

Dikatakannya, try out uji coba ini di gelar untuk menambah pengalaman dan kekompakan tim sepakbola Mubar menjelang Porprov di Kolaka nanti.

"Kami bersama Tim PERSI Mubar berangkat ke Makassar hari Sabtu (17/11/2018)," cetusnya.

"Pada prinsipnya, saya melihat para atlet Sepakbola Mubar memiliki fisik dan kemampuan serta skill. Dengan kemampuan mereka tersebut, saya yakin atlet sepakbola Mubar akan masuk final di Porprov nanti," tuturnya.

Lanjutnya, ini bukannya optimisme dan keyakinan, namun ia melihat atlet sepakbola Mubar siap bertanding dengan baik dan merebut kemenangan disetiap laga.

"Kemenangan adalah target. Namun permainan yang terbaik dan menjunjung tinggi suportivitas harus ditanamkan," ulasnya.

"Sekali lagi medali untuk Mubar sudah satu yakni sepakbola," pungkas Ketua DPC partai Demokrat Mubar ini.

Peliput : LM Sacril
Editor : Asis


MUNA BARAT, ButonRayaNews.co.id - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna Barat (Mubar), La Ode Takari menyebut semua bentuk program bantuan kepada masyarakat di 2018 berjalan lancar. Bahkan program tersebut tetap berjalan di 2019 nanti.

Kata dia, pihaknya sudah bekerja sesuai tupoksi dan fungsinya dalam memberikan pelayanan dan bantuan kepada seluruh masyarakat Mubar. Hal itu berkat kerjasama semua pihak baik jajaran para pegawai Dinsos Mubar serta para pendamping baik pendamping Kube, PKH, Rastra, UEP, TKSK dan pendamping anak.

"Semua program bantuan baik PKH, UEP, Kube, Rastra dan lain-lainnya pada 2018 semua berjalan dengan baik dan lancar," ungkap Takari belum lama ini.

Ia berharap, masyarakat mengelola serta mengunakan bantuan tersebut sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat memberikan manfaat jangka panjang.

"Dengan berjalannya semua program bantuan dan bermanfaat bagi masyarakat, maka kami akan tetap terus melanjutkan program bantuan pada serupa di 2019 nanti," ungkapnya.

"Semoga semua masyarakat Mubar yang mendapatkan bantuan, taraf hidup mereka lebih baik," tutup Takari.

Peliput : LM Sacril
Editor : Asis


KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Tiga pasangan muda muda tanpa ikatan pernikahan yang sedang memadu kasih di kamar kos-kosan, diamankan jajaran Polda Sultra pada Rabu malam (13/11/2018).

Ketiga pasangan ini di gelandang ke Mapolda Sultra usai terjaring razia Operasi Sikat Anoa 2018 yang dilakukan jajaran Polda Sultra di Lorong BSB Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari.

Kepala Tim Operasi Sikat Anoa 2018, AKBP Rahman Bode mengatakan operasi yang dilakukan itu bertujuan sebagai pencegahan dan sedapat mungkin meminimalisir penyakit masyarakat seperti judi, mengkonsumsi alkohol, penyalahgunaan narkoba hingga kepemilikan senjata tajam.

"Tiga pasangan yang terjaring ini kami ambil datanya kemudian kami lakukan pembinaan untuk membuat efek jera," tambahnya.

Dijelaskannya, Operasi Sikat Anoa sudah berlangsung selama satu pekan. Dan rencananya operasi tersebut akan diakhiri pada Jumat pekan depan.

"Untuk sasaran operasi selanjutnya, kami akan menyasar perhotelan, tempat-tempat anak muda nongkrong yang kemungkinan ada indikasi terjadinya gangguan kamtibmas," tutupnya.

Peliput: Muhammad Al Rajap


BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Data pemilih di Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara, untuk Pemilu 2019 kembali mengalami perubahan. Seperti yang terjadi dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) ke Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP), kini ketika menjadi DPTHP-2, jumlah pemilih kembali bertambah.

Jumlah ini diketahui setelah KPU Butur melakukan rapat pleno rekapitulasi DPTHP-2 di Kantor KPUD setempat, Senin (12/11/2018). Semula, DPT berjumlah 44.136 pemilih. Saat ada DPTHP-1, berkurang menjadi 43.671 orang dan setelah pleno DPTHP-2, bertambah menjadi 44.435 orang. Artinya, terjadi penambahan sebanyak 764 pemilih.

Jumlah DPT tersebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 22.368 orang dan pemilih perempuan 22.067 orang. Dengan rincian, Kecamatan Kulisusu 17.152 pemilih, Kulisusu Utara 6.316 pemilih, Kulisusu Barat 4.722 pemilih, Bonegunu 5.812 pemilih, Kambowa 4.880 pemilih dan Wakorumba Utara sebanyak 5.553 pemilih.

Komisioner KPU Butur, LM Miswar Adhi Putra menyampaikan, penambahan ini merupakan salah satu hasil kerja keras PPS, PPK serta KPU dengan melaksanakan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang telah dijalankan selama 60 hari.

"GMHP Itu termasuk bagian penyempurnaan data DPTHP-1 menuju data DPTHP-2 yang kami plenokan. GMHP itu terdiri atas perbaikan data yang masih ditemukan ganda, ubah data, dan memasukan data pemilih baru," tuturn Miswar.

Kordiv Program dan Data KPUD Butur itu menambahkan, setelah proses pleno di tingkat kabupaten, maka akan dilanjutkan dengan pleno di tingkat KPU Provinsi Sultra dan kemudian di KPU RI.

Pada Rapat Pleno tersebut juga dihadiri oleh Bawaslu Butur, PPK se- Butur serta Pengurus Partai Politik Peserta Pemilu 2019.

Peliput: Ian

Editor: Muhammad Al Rajap


BUTON TENGAH,ButonRayaNews.co.id - Komandan Korem (Dandrem) 143/Halu Oleo, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.I.P, resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke- 103 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa 13 November 2018.

Dalam sambutanya melalui surat edaran Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono, tentang TMMD Ke- 103, Ia mengatakan, selama hampir satu bulan prajurit TMMD ditugaskan bersama pihak kepolisian, pemerintah daerah dan masyarakat, telah bekerja mencapai sasaran pembangunan.

"Hampir satu bulan, sejak kegiatan TMMD dibuka pada 15 Oktober lalu, para prajurit TNI, Anggota Kepolisian, Pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat telah bekerja guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non fisik," kata Dandrem 143/Halu Oleo, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.I.P, dalam sambutanya pada upaca penutupan TMMD di Lapangan Jenderal Wayong Lombe, Selasa (13/11/2018).

"Disetiap kegiatan TMMD ini, kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan dan kegotong royongan, yang terpancar disetiap wajah dan cucuran keringat masyarakat dan aparat yang telah bekerja bersama-sama di Lapangan. Hal ini menjadi refleksi kekuatan besar dari komponen bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama, guna mengatasi persoalan bersma," Sambungnya.

Dikesempatan itu juga, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.I.P, menyampaikan terimakasi dan apresiasinya kepada Pemda dan masyarakatnya Buteng karena telah bahu membahu, bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran TMMD Ke- 103.

Sementara usai upacara, Dandrem 143/Halu Oleo, bupati dan wakil bupati serta unsur muspida lingkup Pemda Buteng, bersama - sama menuju lokasi hasil pekerjaan prajurit TMMD.

Pantauan hasil pekerjaan dimulai dari hasil pekerjaan jalan penghubung Simpang lima Labungkari - Menuju arah Lakapera (Panjang 2,6 Km dengan lebar 12 M), selanjutnya melakukan peninjauan pekerjaan rehab masjid di Desa Mone, dan setelah itu dilakukan peninjauan pekerjaan dua buah dueker di Desa Teluk Lasongko.

Peliput : Ibram Haris
Editor : Hasan Barakati


KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Tangis haru menyelimuti seluruh staf DPRD Sulawesi Tenggara dan beberapa rekan saat jenazah almarhum Joni Syamsuddin tiba di gedung paripurna DPR.

Jenazah sang legislator tiba di gedung DPR sekitar pukul 14.20 Wita dengan menggunakan ambulance milik Rumah Sakit Bahteramas.

Pantauan ButonRayaNews.co.id, saat tiba di lokasi, jenazah almarhum Joni langsung dimasukkan ke Gedung Paripurna DPRD Sultra untuk dilakukan upacara serah terima jenazah dari pihak DPRD kepada keluarga Joni Syamsuddin.

Tidak sedikit rekan kerja almarhum meneteskan air matanya saat melihat peti jenazah almarhun diturunkan dari mobil ambulance. Pemandangan yang sama juga terlihat ketika Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh membawakan sambutannya.

Sementara saat serah terima jenazah dari pihak DPRD kepada keluarga almarhum, istri almarhum juga tak mampuh untuk menyembunyikan rasa dukanya. Deraian air matanya terus membasahi pipinya saat berlangsungnya hingga berakhirnya serah terima jenazah.

"Pak Joni adalah sosok orang yang tegas dan tetap pada pendiriannta. Dia serta selalu mengingatkan anggota DPRD termasuk dirinya agar dalam mengambil keputusan sesuai regulasi," ucap Abdurrahman Saleh, Selasa (13/11/2018).

Usai prosesi serah terima jenazah di DPRD Sultra, jenazah Joni Syamsuddin langsung dibawa pihak keluarga ke rumah duka di Kabupaten Kolaka. Rencananya jenazah almarhum akan dikebumikan besok pagi.

Selain anggota dan staf DPR, serah terima jenazah almarhum Joni juga turut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi.

Peliput: Yonas Landiku
Editor: Muhammad Al Rajap


KENDARI, ButonRayaNews.co.id  - Anggota DPRD Sulawesi Tenggara dari Partai Gerindra Joni Syamsuddin meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (13/11/2018).

Kabar duka ini dibenarkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD (Sekwan) Sultra, Robert Piter Raru ketikan dikonfirmasi ButonRayaNews.co.id via teleponnya, Selasa pagi.

"Iya benar. Pak Joni telah meninggal dunia akibat gagal hati," ucap Rober.

Kata Robert, Joni Syamsuddin menghembuskan nafas terakhirnya sekira pukul 03.30 Wita dini hari akibat gagal hati. Meski demikian, Robert tidak mengetahui pasti sejak kapan Joni Syamsuddin menderita penyakit mematikan itu.

Dirinya hanya mmengatakan pada Rabu minggu lalu ia dioperasi di Rumah Sakit Siloam Makassar.

"Pak Joni itu orang yang paling gaul dan baik. Baik kepada semua orang," tambahnya.

Robert mengaku terpukul dengan kabar meninggalnya Joni Syamsuddin. Sebab sambung Robert Joni adalah seorang legislator yang ramah kepada semua orang tidak terkecuali kepada staf di Sekretariat DPRD Sultra.

Rencananya, jenazah Joni akan diterbangkan langsung dari Makassar menuju Kendari melalui pesawat Lion Air sekira pukul 12.15 Wita. Setalah itu akan dilakukan prosesi dewan di DPRD Sultra.

Untuk diketahui, Joni Syamsuddin merupakan legislator DPRD Sultra dari daerah pemilihan Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur. Di DPRD Sultra dia tergabung di Komisi I. Pria kelahiran Pomalaa, 3 Mei 1963 ini pernah menjabat sebagai Ketua Badan Pembetukan Perda di DPRD Sultra.

Peliput: Yonas Landiku
Editor: Muhammad Al Rajap


Page 1 of 74

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

885767
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1055
2851
11824
857550
35579
97500
885767