Thursday, January 27, 2022

KENDARI, ButonRayaNews.co.id – Relawan pemerhati pembangunan Sulawesi Tenggara (Sultra) Kota Kendari mengapresiasi langkah yang diambil oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari dalam mendukung rencana pembangunan rumah sakit (RS) tipe D yang diusulkan oleh Walikota Kendari, Sulkarnain.

 

Koordinator Rangkul Kendari, Edy Salam Hadiyanto mengatakan dalam menata atau membangun suatu kota maupun daerah dalam suatu wilayah, diperlukan sinergitas yang kuat antara pihak legislativ dan eksekutif. Tanpa adanya sinergitas yang kuat dari dua lembaga tersebut, maka yang dirugikan adalah masyarakat.

 

Menurut Edy, keberadaan Kota Kendari sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara dianggap layak untuk dibangun sebuah rumah sakit baru (RS tipe D) mengingat jumlah populasi masyarakat di Kota Kendari dari tahun ke tahun yang terus meningkat.

 

“Tidak bisa kita pungkiri, rata-rata di kabupaten kota itu cuma ada satu rumah sakit. Merebaknya pandemi Covid-19 ini, Kota Kendari sukur-sukurnya di back up dengan rumah sakit milik pemprov dan rumah sakit swasta jadi tidak kesulitan dalam pemisahan pasien. Disisi lain, kapasitas rumah sakit juga yang pasti terbatas. Apalagi akhir-akhir ini jumlah pasien Covid di Kendari meningkat ,” tutur Edy pada media ini, Rabu (26/08/2020).

 

Pria berkacamata ini menambahkan akibat meningkatnya jumlah pasien Covid di Kota Kendari, masyarakat menjadi dilema bahkan cenderung takut untuk berobat ke rumah sakit meskipun tidak menderita gejala Covid-19. Dengan adanya rumah sakit tipe D tersebut sambung Edy, maka peningkatan pelayanan umum di sektor kesehatan dapat tercapai.

 

“Jika pemerintah Kota Kendari memiliki dua rumah sakit, maka satu rumah sakit bisa digunakan untuk menangani wabah atau bisa dijadikan sebagai rumah sakit khusus. Maka, dengan mendirikan rumah sakit baru (RS tipe D), tidak akan ada lagi kekhawatiran masyarakat yang berpikir akan dirawat berdampingan dengan pasien Covid-19,” katanya.

 

Rangkul Kendari berkomitmen akan membantu baik pemerintah kota maupun DPRD Kota Kendari dalam hal menyosialisasikan program-program yang telah dan akan dilakukan untuk kemajuan Kota Kendari.

 

Penulis: Muhammad Al Rajap

Rate this item
(1 Vote)
Read 1048 times
Login to post comments

iklan tahun baru

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

5798699
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1232
4827
24088
5737762
132300
145409
5798699