Thursday, October 29, 2020

iklan arifudin

Himbauan Covid

Sekda

Rangkul Kendari Dukung Surat Edaran Walikota dalam Pembatasan Aktivitas Masyarakat Malam Hari

Written by  September 03 2020
Koordinator Rangkul Kendari, Edy Salam Hadiyanto. Foto: Muhammad Al Rajap Koordinator Rangkul Kendari, Edy Salam Hadiyanto. Foto: Muhammad Al Rajap

KENDARI,ButonRayaNews.co.id – Relawan juang Kendari untuk Sul (Rangkul) Kota Kendari mendukung sepenuhnya surat edaran walikota Kendari dalam pembatasan aktivitas masyarakat di malam hari.

 

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Pemerintah Kota Kendari Nomor 443.1/2992/2020 tentang Pembatasan Aktivitas Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan Resiko Penyebaran Covid-19 di Kota Kendari.

 

Koordinator Rangkul Kendari, Edy Salam Hadiyanto mengatakan adanya Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Kendari Nomor 443.1/2992/2020 tersebut merupakan langkah tepat dalam mengurangi bahkan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di ibukota Sulawesi Tenggara ini.

 

“Saya menangkap mungkin apa maksud dari pak walikota (Sulkarnain) dengan mengeluarkan surat edaran tersebut. Karena, sejak merebaknya Covid-19 di Indonesia, Kota Kendari masuk salah satu kota yang berhasil dalam penanganan Covid-19 di Indonedia,” ujar Edy pada media ini, Kamis (03/09/2020).

 

Demi menunjang surat edaran dan efektivitasnya penanganan Covid-19 di Kota Lulo ini kata Edi, aturan pembatasan aktivitas masyarakat di malam hari dapat diberlakukan minimal selama tiga bulan atau selama enam bulan.

 

“Nanti kan aturannya ini bisa di tinjau kembali. Apakah ditinjau per tri wulan (tiga bulan) atau per semester (enam bulan). Dan pada dasarnya, kami (Rangkul Kendari) sangat setuju dengan adanya pembatasan aktivitas di malam hari ini ,” katanya.

 

Ketika ditanyakan mengenai dampak pendapatan para pedagang kaki lima maupun pedagang lainnya yang beraktivitas di malam hari terkait adanya aturan dimaksud, Edy menjawab sedikit banyaknya tetap berpengaruh terhadap omset harian.

 

“Tapi tidak bisa juga dikatakan bahwa akibat surat edaran walikota ini tidak menggerakkan roda ekonomi di Kota Kendari,” ungkap Edy saat di damping Muhammad Anas selaku Koordinator Divisi Teritorial Rangkul Kendari.

Koordinator Rangkul Kendari, Edy Salam Hadiyanto (baju putih) bersama Muhammad Anas, Koordinator Divisi Teritorial Rangkul Kendari. Foto: Muhammad Al Rajap

Untuk itu, pria berkacamata ini mengimbau masyarakat Kota Kendari agar selalu memperhatikan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker jika melakukan aktivitas di luar rumah serta selalu menjaga jarak.

 

Untuk diketahui, ada lima poin aturan yang tertuang dalam surat edaran walikota yang ditujukan untuk seluruh warga Kota Kendari. Pertama, masyarakat Kota Kendari diminta untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah diatas pukul 22.00 hingga pukul 04.00 Wita kecuali jika ada kepentingan yang mendesak.

 

Kemudian, mall, toko, pasar modern, rumah makan, warung kopi, warung makan, café, restoran, THM, karaoke, pedagang kaki lima, lapak jajanan, lapangan futsal yang sifatnya tempat terjadinya perkumpulan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas diatas pukul 22.00 Wita.

 

Selanjutanya pihak kepolisian, TNI dan Satpol PP dapat menindaklanjuti surat edaran tersebut dengan melakukan pemantauan atau monitoring dari tingkat kecamatan dan kelurahan agar saling bersinergi melakukan kegiatan patroli secara berkala.

 

Poin yang ke empat bagi masyarakat yang masih melakukan aktivitas di luar waktu pemberlakuan jam malam yang telah ditetapkan oleh Pemkot Kendari, maka dapat dilakukan pembinaan oleh pihak kepolisian, TNI maupun Satpol PP.

 

Poin ke lima surat edaran tersebut mulai berlaku pada saat diberlakukan peraturan walikota tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Virus Corona serta dilakukan evaluasi secara berkala.

 

Penulis: Muhammad Al Rajap

Rate this item
(1 Vote)
Read 449 times
Login to post comments

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

3541443
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2379
4798
22569
3476321
161105
177939
3541443