Sunday, August 19, 2018

Pemuda Sampang Ini Berhasil Rubah Limbah Meuble Jadi Tas

Written by  August 09 2018
Foto: Fariz M membuat tas dan dompet dari limbah sisa potongan kain kursi meuble. (Tricahyo SW/BRN) Foto: Fariz M membuat tas dan dompet dari limbah sisa potongan kain kursi meuble. (Tricahyo SW/BRN)

JAWA TIMUR, ButonRayaNews.co.id - Limbah sisa potongan kain kursi meuble ternyata bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Hal itu dibuktikan pemuda asal Patarongan, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, Fariz M.

Berawal dari sulitnya mencari kerja, apalagi hanya berbekal ijasah SMA tidak membuat dirinya patah semangat untuk mencari pekerjaan.

Dengan semangatnya yang begitu gigih, Fariz M mencoba memanfaatkan limbah meuble oscar sisa bahan kursi dijadikan tas dan dompet yang mempunyai nilai jual sehingga bisa menambah pundi-pundi rupiah.

Saat di konfirmasi Fariz mengatakan, awalnya ia membuat tas dan dompet sejak dua tahun yang lalu. Kemudian jahit sendiri dan jual sendiri dengan peralatan sederhana.

Berkat fasilitas oleh Dinas Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (Diskum Naker) Kabupaten Sampang melalui Kabid Ketenaga Kerjaan H. Bisrul Hafi dan pendamping Kepala Seksi (Kasi) Ketenagakerjaan Agus Sumarso usahanya bisa berkembang.

"Saya juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kepala Desa Patarongan Moh. Subaidi yang memberikan bantuan mesin jahit sehingga usahanya sekarang makin banyak produksinya. Bahkan banyak yang pesan dan datang kerumah untuk pesan tas dan dompet. Dan pemasaran sudah sampai 3 Kabupaten di Madura seperti Sampang, Bangkalan serta Pamekasan," ujarnya, Kamis (09/08/2018).

Sementara itu, Kasi Ketenagakerjaan Diskum Naker Sampang Agus Sumarso mengakui jika tahun kemarin pihaknya memberikan bantuan mesin jahit pada Fariz. Alhamdulilah bantuan itu bisa menciptakan lapangan kerja di desa. Karena program kegiatan memang harus bekesinambungan dan bukan hanya serapan anggaran saja.

"Memang tas dan dompet yang dibuat Fariz tradisional. Dia (Fariz) juga menerima pesanan toko emas untuk souvenir, acara Maulid Nabi dan masih banyak yang lain, " tukasnya.(#)

Peliput: Tricahyo SW
Editor: Awan

Rate this item
(3 votes)
Read 270 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
Telepon 082291060301

Visitors Counter

565433
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1143
2715
21518
512707
70353
95767
565433