Tuesday, October 16, 2018

Batik Selempang Khas Sampang Kaya Akan Corak dan Motif yang Indah

Written by  September 23 2018
Foto: Galeri Batik Tulis Selempang miliki H. Imron yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto Sampang Madura. (Tricahyo SW/BRN) Foto: Galeri Batik Tulis Selempang miliki H. Imron yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto Sampang Madura. (Tricahyo SW/BRN)

JAWA TIMUR, ButonRayaNews.co.id - Pulau Madura khususnya Kabupaten Sampang merupakan daerah yang kaya akan wisata, budaya dan kuliner. Selain dikenal dengan Pantai Camplong, kerapan sapi dan satenya yang khas, Sampang juga terkenal sebagai penghasil batik tulis Selempang yang memiliki kualitas serta keindahan corak dan motif yang indah dan banyak diminati masyarakat lokal maupun mancanegara.

Galeri Batik Tulis Selempang miliki H. Imron misalnya. Usah pembantikan yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto ini sudah turun-temurun hingga lima generasi selalu menjaga mutu dan kualitas batiknya.

Menurut H. Imron, batik Selempang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Untuk pewarnaan, batik Selempang lebih didominasi warna coklat. Harganya pun berfariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Semuanya tergantung jenis batik dan lama proses pembuatannya.

"Ada yang harganya Rp7 juta karena proses pembuatannya butuh ketelitian dan prosesnya memakan waktu berbulan-bulan karena dikerjakan oleh tangan-tangan terampil yang memiliki keahlian khusus," ujar Imron pada ButonRayaNews.co.id, Sabtu (22/09/2018).

Sambungnya, untuk memasarkan produknya tersebut, dirinya aktif mengikuti berbagai event pameran di luar Sampang. Sementara untuk pemasaran di dalam kota, pengunjung biasanya datang mengunjungi galerinya.

"Kami juga menyedikan pakaian jadi seperti kemeja dan gaun wanita yang bahan dasarnya dari kain batik slempang," ucapnya.

Imron mengaku, untuk membesarkan usahanya itu, dirinya tidak pernah dibina atau dibantu oleh dinas UMKM atau Disperindakpri baik untuk mengikuti pelatihan pemasaran ataupun diikutkan dalam event pameran yang difasilitasi Pemkab Sampang. Semua ini bisa ia peroleh dengan kegigihan dan kerja kerasnya.(*)

Peliput: Tricahyo SW
Editor: Salamun Sofian

Rate this item
(0 votes)
Read 162 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

801172
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
620
3803
7618
772727
48484
132968
801172