Tuesday, July 14, 2020

Iklan Idul Fitri

Himbauan Covid

Sekda

Kemendesa Dukung Pengembangn Kopra Putih di Butur

Written by  February 14 2020
BUTON UTARA, ButonRayaNews.co.id - Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Republik Indonesia, mendukung pengembangan dan pemasaran kopra putih di Kabupaten Buton Utara dengan menghadirkan PT. Inacom, salah satu startup mitranya dalam membantu perekonomian lokal.
 
 
Direktorat Pengembangan Ekonomi Lokal Kemendesa PDTT, Grace Meyanti Putri mengatakan Butur memiliki potensi kelapa yang luar biasa.
 
 
Pihaknya kata Grace kini fokus pada pengembangan dan pengolahan komoditas pasca panen, seperti memberi bantuan berupa alat pengelola kopra dan mitra (pasar) dengan harga yang lebih baik.
 
 
Selain itu, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada para petani, agar menghasilkan kualitas kopra putih yang baik.
 
 
"Jadi kalau kualitas kopranya baik, harga juga pasti baik dan pasar akan lebih muda di tembus," ujar Grace dalam acara sosialisasi pengolahan kopra putih di aula Bapeda Butur, Jumat, (14/02/2020).
 
 
Sementara Bupati Abu Hasan, mengatakan kelapa merupakan salah satu komoditas unggulan daerahnya yang bisa meningkatkan ekonomi bahkan menciptakan lapangan pekerjaan.
 
 
Perkebunan kelapa di Butur lanjut Abu Hasan merupakan salah satu yang terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra). Luas tanamnya mencapai kurang lebih 6000 ha.
 
 
"Kopra putih ini nantinya yang akan menjadi tambahan branding Buton Utara, karna memiliki nilai ekonomi cukup tinggi," katanya.
 
 
Selama ini, sambung Abu Hasan kelapa di Butur hanya di jual butiran dan kopra hitam saja. Pembelinya pun terbatas dan harga jualnya masih relatif rendah. Sehingga, nilai ekonominya cukup memprihatinkan.
 
 
"Saya minta setiap kecamatan bisa menjadi penyuplai kopra putih untuk dikembangkan secara masif di Buton Utara," pinta orang nomor satu di Buton Utara ini.
 
 
Sementara itu, Biwi Suwito utusan dari PT. Inacom menjelaskan pihaknya merupakan sebuah starup yang memberi akses kepada masyarakat lewat media dan masyarakat bisa mengakses ke semua negara.
 
 
"Jadi masyarakat bisa mengakses pasar sendiri, menjual pruduk sendiri dan menawarkan sendiri lewat startup yang kami tawarkan," ujarnya.
 
 
Tahun in tambah Biwi, PT. Inacom sudah berhasil mengekspor 30 kontener per bulan ke luar negeri, seperti Banglades, Dubai dan Pakistan.
 
 
Biwi menegaskan petani kelapa di Butur tak perlu ragu mengembangkan kopra putih industri. Soal pasar, pihaknya mengaku siap untuk membeli. Untuk mendorong perputaran ekonomi di desa, perusahaanya, hanya akan menampung kopra putih dari petani melalui Bumdes.
 
 
"Inacom, berapapun yang bisa diproduksi di sini, kami siap membelinya," tandasnya.
 
 
Penulis : Deni Irawan
Editor : Muhammad Al Rajab
 
Rate this item
(1 Vote)
Read 1156 times
Login to post comments

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

2960481
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
5209
6969
18351
2901959
76747
157962
2960481