Friday, October 19, 2018

Cegah DBD Dinkes Mubar, Lakukan Fogging di Tiga Kecamatan

Written by  July 15 2018
Foto: Kegiatan Foging Tim P2 Dinkes Mubar. (LM. Sacril/BRN) Foto: Kegiatan Foging Tim P2 Dinkes Mubar. (LM. Sacril/BRN)

MUNA BARAT, ButonRayaNews.co.id - Guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Muna Barat (Mubar) melakukan Fogging atau penyemprotan insektisida untuk membasmi nyamuk demam berdarah.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Dinkes Mubar, H. Rahman Saleh mengatakan, pihaknya melakukan Foging di beberapa desa dan kecamatan.

"Untuk Kecamatan Tiworo Tengah, kita lakukan pengasapan di Desa Labokolo dan Sukadamai. Kemudian kita teruskan di Desa Lakalamba Kecamatan Sawerigadi, dan Desa Pajala Kecamatan Maginti," jelas Rahman, Minggu (15/07/2018).

Rahman menjelaskan di Desa Sukadamai terdapat satu kasus DBD yang menyerang anak berusia tujuh tahun yang saat ini tengah di Rawat di RSUD Mubar.

Rahman mengungkapkan, dalam dua minggu terakhir, di Kabupaten Mubar sudah terdapat empat kasus DBD, yaitu satu kasus dari Desa Labokolo yang menyerang anak berusia enam tahun, di Desa Lakalamba menyerang anak berumur 11 tahun, di Desa Pajala menyerang anak umur 11 tahun, dan di Desa Sukadamai menyerang anak umur tujuh tahun.

"Olehnya itu, kami instruksikan kepada seluruh kepala Puskesmas se-Mubar untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus penyakit DBD, mengingat insensitas curah hujan yang tinggi dan banyaknya genangan air yg memungkinkan jentik-jentik nyamuk penyebab DBD berkembang biak," imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Imunisasi dan Surveilans Mubar, Basri mengatakan, semua kasus tersebut telah di tangani dengan baik.

Pada hakekatnya kata Basri, kegiatan preventif sangat penting untuk mencegah kasus DBD seperti menjaga kebersihan lingkungan dengan menggalakan istilah tiga M.

"Tiga M yang di maksud adalah menutup tempat penampungan air, menguras penampungan air atau bak air tiga kali seminggu dan mengubur atau menimbun barang-barang bekas yang dapat menyimpan air, seperti kaleng, botol dan mangkok," tutupnya.(#)

Peliput: LM. Sacril
Editor: Muhammad Al Rajap

Rate this item
(2 votes)
Read 303 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

815898
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1923
3022
22344
772727
63210
132968
815898