Saturday, October 31, 2020

iklan arifudin

Himbauan Covid

Sekda

Enam dari Tujuh Kecamatan di Buteng Terdapat Warga yang Dipasung, Dikurung dan Dirantai

Written by  February 26 2020
Salah satu penderita gangguan jiwa berat yang dipasung. Sumber: Dinas Kesehatan Buton Tengah Salah satu penderita gangguan jiwa berat yang dipasung. Sumber: Dinas Kesehatan Buton Tengah
BUTON TENGAH, ButonRayaNews.co.id - Sebanyak enam dari total tujuh kecamatan yang tersebar se-Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terdapat beberapa warganya yang dipasung.
 
 
Kepala Dinas Kesehatan Buton Tengah, Kasman ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.
 
 
"Iya, betul. (Ada penderita gangguan jiwa yang dipasung). Namun untuk lebih jelasnya, bisa koordinasi dengan pak Ziada (Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Buteng)," ujar Kasman, Selasa (25/02/2022).
 
 
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Buteng, Ziada menyebut pemasungan warga di enam kecamatan di Buteng itu karena para penderita masuk dalam kategori Orang Dengan Gangguan Jiwa (OGDJ) berat.
 
 
"Penderita gangguan jiwa berat ini dipasung karena dikhawatirkan akan membahayakan jiwa orang lain dan juga dirinya sendiri jika dibebaskan berkeliaran," tutur Ziada pada media ini, Rabu (26/02/2020).
 
 
Selain dipasung lanjut Ziada, para penderita gangguan jiwa berat di Buteng juga mendapat perlakuan lain dari keluarganya seperti dirantai bahkan dikurung dalam sebuah gubuk dengan ukuran yang relatif kecil.
 
 
Ziada bilang, satu-satunya kecamatan di Kabupaten Buton Tengah yang warganya terbebas dari kasus pasung dan sejenisnya adalah Kecamatan Mawasangka Timur.
 
 
"Jadi tidak semua penderita ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dipasung. Ada juga yang dirantai dan dikurung salah satunya ada di Kecamatan Boneoge. Disana, penderita ODGJ itu bersaudara. Ada yang dipasung, ada yang dirantai," katanya.
 
 
Dari data yang dipeoleh media ini, terdapat 32 kasus pasung dan sejenisnya di Kabupaten Buteng. Kasus pasung terbanyak ada di Kecamatan Mawasangka dengan jumlah 10 kasus.
 
 
Kemudian sembilan kasus pasung terdapat di Kecamatan Gu. Lalu delapan kasus pasung di Kecamatan Lakudo.
 
 
Sementara dua kasus pasung ada di Kecamatan Mawasangka Tengah dan Kecamatan Talaga Raya. Dan satu kasus pasung lainnya ditemui di Kecamatan Sangia Wambulu.
 
 
"Para penderita gangguan jiwa yang dipasung ini belum semua mendapatkan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Pembagian kartu BPJS belum merata," imbuhnya.
 
 
Penulis: Muhammad Al Rajap
 
 
Rate this item
(2 votes)
Read 1924 times
Login to post comments

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0822 9168 7184 

Visitors Counter

3551543
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1514
5435
32669
3476321
171205
177939
3551543