Tuesday, May 22, 2018

Siapa Pengganti ROSSY di DPRD Baubau?

Written by  February 05 2018
Siapa Pengganti ROSSY di DPRD Baubau? Sarfan Budiman

Oleh : Sarfan Budiman

Ada yang menarik dari kontestan calon kepala daerah/wakil kepala daerah di Pilkada Kota Baubau 2018 ini, jika dibandingkan dengan kontestan Pilkada Serentak di daerah lainnya di Indonesia saat ini. Mengapa demikian? Mungkin boleh dikatakan hanya ada satu pasangan calon kepala daerah/wakil Kepala Daerah yang maju bertarung di Pilka dakali ini, yang berasal sama-sama dari anggota legislatif, bahkan sama-sama dari unsur pimpinan DPRD sekaligus.

Pasangan calon Kada tersebut ialah Roslina Rahim dan La OdeYasin yang lebih dikenal dengan jargon pasangan ROSSY. Roslina Rahim taklain adalah Ketua DPRD Kota Baubau saat ini, sedangkan LaOde Yasin adalah teman duetnya diunsur pimpinan dewan sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD. Keduanyapun masih sama-sama aktif hingga sekarang dalam mengawal kebijakan pemerintah daerah dari balik panggung parlemen kota.

Yang menjadi pertanyaan yang cukup menarik sekarang adalah siapa calon pengganti keduanya diunsur pimpinan DPRD, bilamana ROSSY ditetapkan sebagai calon tetap dalam Pilkada Kota Baubau pada tanggal 12 Februari mendatang oleh KPUD? Apakah pengganti ROSSY diunsur pimpinan DPRD nanti mempunyai kapasitas yang sama mumpuni dengan ROSSY, tak kalah keduanya memimpin gedung aspirasi rakyat selama ini?

Pertanyaan-pertanyaan diatas sangat wajar penulis ungkapkan, mengingat bilamana ROSSY lolos sebagai kontestan Pilkada Baubau, maka keduanya akan segera mengundurkan diri dari kursi legislatif secara permanen. Dan sebagai konsekuensinya akan ada pemilihan ataupun penunjukkan langsung dari masing-masing partai pengusungnya dilegislatif 2014 yang lalu, untuk menggantikan keduanya diunsur pimpinan DPRD Baubau.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, Roslina Rahim berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN) Baubau yang diketuai saat ini oleh AS Tamrin yang juga merupakan calon petahana di Pilkada Baubau kali ini. Sedangkan La Ode Yasin sebelumnya diusung oleh Partai Bulan Bintang (PBB) yang sampai saat ini masih dipimpin oleh Wa Ode Maasra Manarfa, yang tak lain pula pesaing pasangan ROSSY di Pilkada nanti, yang sama-sama mengusung tema jargon “pemimpin perempuan01”.

Penting untuk diketahui masyarakat banyak bahwa, Roslina Rahim adalah peraih suarater banyak dari PAN Baubau di Pemilu Legislatif 2014 yang lalu, walaupun beliau saat itu berstatus sebagai “pendatang baru” dikancah legislatif daerah. Demikian pula, La Ode Yasin adalah pengumpul suara terbanyak dari partai PBB Baubau 2014 yang lalu, dan sudah kedua kalinya menduduki kursi pimpinan DPRD Baubau.

Yang menariknya adalah baik partai PAN maupun PBB adalah sama-sama partai pemenang Pilcaleg 2014. Dan jika tak ada aral yang melintang, PAN dan PBB kemungkinan besar saat ini akan menyumbangkan 4 kader terbaiknya dalam kontestasi Pilkada nanti dalam 3 poros besar, salah satunya adalah poros pasangan ROSSY. Mengapa demikian? Karena ROSSY sampai dengan saat Ini masih dianggap sebagai kader potensial dimasing-masing partainya, walaupun keduanya tidak diusung oleh partai yang membesarkan nama keduanya.

Lebih lanjut, untuk dicermati dikubu partai PAN Baubau yang menduduki kursi legislatif di DPRD saat ini selain Roslina Rahim, adalah Kamil Ady Karim, Sri Susanti, La Ode Murhanto,dan La Ode Sahrun. Jika melihat pada aturan KPU tentang penunjukkan kursi pimpinan DPRD adalah berasal dari peraih suara terbanyak kedua maka kemungkinan besar yang akan menggantikan kursi yang ditinggalkan oleh Roslina Rahim adalah Kamil Ady Karim sebagai calon Ketua DPRD Baubau nantinya.

Demikian pula yang terja didisisi partai PBB Baubau, yang hanya menyisahkan 2 nama yakni Rosni,SE dan La Bara M. AKL. Dengan aturan yang sama, kemungkinan besar bahwa yang akan menggantikan La Ode Yasin diunsur pimpinan DPRD adalah Rosni, SE sebagai peraih suara terbanyak dan telah 2 periode menduduki kursi legislatif. Namun demikian, sekali lagi proses politik di masing-masing partai diatas akan selalu dinamis dan tergantung penunjukkan dari masing-masing partai setelah konsultasi dengan DPP Pusat tentunya.

Terlepas dari semua hal itu, tentunya kita berharap siapapun pengganti ROSSY diunsur pimpinan DPRD Baubau nantinya, paling tidak memiliki kapasitas dan integritas yang sama dengan keduanya. Masyarakat banyak tentunya menginginkan, siapapun yang akan menduduki kursi Ketua maupun Wakil Ketua DPRD baru nanti, dapat mengakomodasi aspirasi-aspirasi masyarakat di gedung dewan serta mampu mengawal kebijakan pemerintah daerah dan bersinergi dengan Pj Walikota Baubau yang sama-sama baru saat ini, demi kemajuan Kota Baubau kedepannya.(***)

Penulis : Pengamat Politik/Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Daerah-Buton Raya (LeKDa-Buton Raya). HP 085241353002

Rate this item
(2 votes)
Read 299 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
Telepon 082291060301

Visitors Counter

277443
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
690
4816
9139
243921
77827
95699
277443