Tuesday, October 16, 2018

Ini Kata Ridwan Bae Terkait Pembangunan Kereta Api Trans-Sulawesi

Written by  October 07 2018
Foto: Anggota DPR RI Ridwan Bae (Doc. Pribadi for LM Sacril/BRN) Foto: Anggota DPR RI Ridwan Bae (Doc. Pribadi for LM Sacril/BRN)

JAKARTA, ButonRayaNews.co.id - Anggota DPR RI Dapil Sultra Ridwan Bae, mengatakan proses perencanaan pembangunan jalur kereta api Trans-Sulawesi akan memudahkan perjalanan masyarakat baik yang ke Makassar hingga Manado.

Disamping perencanaan jalur Trans-Sulawesi, juga akan dilakukan perencanaan pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan Kolaka, Konawe, Kolaka Timur, Kolaka Utara sampai Kota Kendari.

"Selain itu akan dilakukan perencanaan pembangunan jembatan penghubung antara Kendari-Muna dan Muna-Buton," kata Ridwan saat dihubungi via WhatsAppnya, Minggu (07/10/2018).

Mantan Bupati Muna dua periode ini menambahkan, kereta api adalah angkutan murah dan mempercepat perjalanan masyarakat. Dimana perjalanan tiga jam bisa ditempuh hanya satu jam dengan kereta api.

Ia menyebut, pembangunan kereta api itu sejalan dengan pembangunan jembatan penghubung antara Kendari-Muna dan Muna-Buton. Dimana prosesnya itu sudah direncanakan di pusat.

"Perjuangan ini bukan perjuangan pendek, 5 tahun memperjuangkannya dan menyakinkan pemerintah pusat.
Alhamdulillah pemerintah pusat merespon baik dan akan dilakukan pembangunannya," ungkap Ridwan.

Sebelumnya, sambung Ridwan, pemerintah pusat memandang Sulawesi belum layak dilakukan pembangunan kereta api dan jembatan penghubung. Namun setelah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah pusat, masyarakat Sulawesi sangat membutuhkan pembangunan tersebut.

"Pembangunan ini butuh beberapa tahapan yakni tahapan survei investasi. Desain tahapan pertama 2019 setelah itu proses pembebasan lahan masyarakat dan kemudian dilakukan pembangunan fisik," tukasnya.

Ia menjelaskan, pembangunan besar ini tidak semudah pembangunan deker. Maka proses pembangunannya bertahap dan lama.

"Pada prinsipnya semua program pembangunan ini dilakukan untuk kesejahteraan, kemandirian dan kemajuan masyarakat Sulawesi khususnya Sultra," tutup Ketua DPD I Partai Golkar Sultra ini.

Peliput : LM Sacril
Editor : Asis

Rate this item
(1 Vote)
Read 157 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

VDNI

Dirut-BRN

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

801328
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
776
3803
7774
772727
48640
132968
801328