Thursday, November 15, 2018

Sutopo : Indonesia Tuan Rumah Ke-7 Simulasi Respon Bencana Regional ASEAN

Written by  November 06 2018
Foto: Kepada Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Pusat, Sutopo Purwo Nugroho (Doc. Pribadi for LM Sacril/BRN) Foto: Kepada Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Pusat, Sutopo Purwo Nugroho (Doc. Pribadi for LM Sacril/BRN)

JAKARTA, ButonRayaNews.co.id-Kepala Data Informasi dan Humas BNPB Pusat, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah ke-7 simulasi respon bencana regional Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) di Cilegon, (05/11/2018).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Centre) resmi membuka ASEAN Regional Disaster Emergency Response Simulation Exercise atau Ardex yang ketujuh.

Pembukaan ARDEX turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock Hoi, Gubernur Banten dan Walikota Cilegon.

Ia menambahkan, kegiatan yang bertempat di Kota Cilegon, Provinsi Banten ini melibatkan ratusan profesional kebencanaan dari 10 negara anggota ASEAN yang bertanggung jawab menerapkan kebijakan manajemen bencana di tingkat nasional maupun regional. ungkap Sutopo saat dihubungi via WhatsAppnya, Senin (05/11/2018).

Kata Sutopo, Kepala BNPB Willem Rampangilei menyampaikan bahwa Ardex ini merupakan upaya sebagai solidaritas satu ASEAN untuk meningkatkan kesiapan, mitigasi dan kesiapsiagaan di kawasan Asia Tenggara. “Ardex juga sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas bersama dan membagikan gagasan demi pencapaian penanggulangan bencana yang terbaik.

“Saya berharap bahwa kegiatan ini berlanjut untuk menanamkan kepada kita (ASEAN) terhadap pentingnya kerjasama dalam mengurangi kerugian bencana dan meningkatkan upaya kolektif terhadap bencana untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di kawasan.”

Sementara itu, Direktur Eksekutif AHA Centre, Adelina Kamal, menegaskan bahwa, “Wilayah ASEAN bisa dikategorikan sebagai salah satu kawasan yang rentan bencana, namun pengalaman bertahun-tahun menghadapi bencana alam juga membangun kekuatan dan kesiapsiagaan bersama. Bencana umumnya bisa memengaruhi siapapun, tanpa melihat latar belakang profesi atau kewarganegaraan.

Dengan memahami dan melatih mekanisme kerjasama internasional untuk manajemen bencana yang sudah ada, kita sudah selangkah lebih dekat mewujudkan ASEAN yang tangguh.

Kata dia, Ardex membantu setiap peserta untuk mengeksplorasi dan mengakui kapasitas masing-masing negara ASEAN saat berhadapan dengan kondisi darurat sesungguhnya.”

Ardex memadukan komponen strategis dan taktis yang menjadi bagian dari kerjasama internasional jika terjadi bencana skala besar, terutama yang mempengaruhi lebih dari satu negara pada saat bersamaan. Oleh karena itu, kegiatan Ardex meliputi gladi ruang yang melibatkan para pengambil keputusan (TTX), pararel dengan geladi pos komando (CPX) dan geladai lapangan (FTX) dengan pengerahan tim respon di lapangan.

Ia menyebut, Ardex didesain sebagai forum yang partisipatif dan inklusif untuk memastikan respon bencana antar-institusi dapat terkordinasi dengan baik di tingkat nasional, regional, dan internasional.

Ardex 2018 yang akan diselenggarakan di Kota Cilegon nanti diharapkan menjadi capaian bersama untuk membangun kawasan regional yang tangguh menghadapi bencana.

Berdasarkan analisis risiko dari Pemerintah dan para ilmuwan, Kota Cilegon merupakan salah satu wilayah yang memiliki risiko tinggi dari bencana gempa bumi dan tsunami.

Ardex secara umum bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi mekanisme dan interoperabilitas negara-negara ASEAN dalam penyediaan informasi, koordinasi, respon penanganan darurat bencana serta peran AHA Centre sebagai wadah kerjasama ASEAN dalam mengoperasionalkan Deklarasi ‘One ASEAN One Response: ASEAN Responding as One in the Region and Outside the Region.’ Salah satu wujud bentuk deklarasi tersebut yaitu dengan keterlibatan konkret AHA Centre pada operasi penanganan darurat gempa dan tsunami Sulawesi Tengah. tutupnya

Peliput : LM Sacril
Editor : Asis

Rate this item
(0 votes)
Read 35 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Dirut-BRN

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

885768
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1056
2851
11825
857550
35580
97500
885768