Thursday, January 17, 2019

Hugua: Partisipasi Aktif Kada Menentukan Keberhasilan Pembangunan Perikanan dan Ketahanan Pangan

Written by  December 13 2018

KENDARI - ButonRayaNews.co.id - Ketua Asosiasi Pemerintah Daerah Maritim 6 Negara CTI/ Maritim Local Government Network (M-LGN), Ir. Hugua mengatakan partisipasi aktif Kepala Daerah (Kada) seperti bupati dan walikota sangat menentukan keberhasilan pembangunan perikanan dan ketahanan pangan secara berkelanjutan di kawasan segi tiga karang dunia.

 

Hal itu diungkapkannya saat berbicara dalam forum Internasional Pejabat Tinggi ke-14 dan Pertemuan Tingkat Menteri ke-7, pada kawasan 6 negara terumbu karang dunia di Philipina.

 

"Karena kepala daerah seperti bupati dan walikota langsung berhadapan dengan masyarakat. Sumber daya lokal dan pemimpin lokal merupakan komponen utama pembangunan berkelanjutan," ucap Hugua.

 

Dalam hal lain sambung Calon Anggota DPR RI dari Partai PDIP ini memberikan gambaran pada tingkat global (PBB), nasional bahkan provinsi lebih pada kebijakan yang masih jauh dari harapan.

 

Oleh karena itu, Hugua yang juga menjabat sebagai Sekretaris Tim Kampanye Daerah pasangan Joko Widodo-Makhruf Amin ini mengimbau agar para bupati dan walikota terlibat aktif dalam perencanaan, pelaksanan dan pengawasan program baik pada tingkat regional kawasan CTI, maupun tingkat nasional.

 

Mantan Bupati Wakatobi dua periode ini juga mendorong agar para Lembaga Donor Internasional seperti GIZ , USAID, World Bank, dan pihak terkait lainnya, ikut serta membantu pemerintah daerah dalam program perikanan dan ketahanan pangan berkelanjutan tersebut.

 

Untuk diketahui, enam negara maritim CTI yang dinakhodai oleh Ir Hugua adalah Indonesia, Malaysia, Philipina, Papua New Guinea, Salomon Island dan Timor Leste.

Peliput: Muhammad Al Rajap

Rate this item
(1 Vote)
Read 67 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Dirut-BRN

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

981543
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
543
1484
6490
965669
23585
46632
981543