Tuesday, May 22, 2018

Nama Warga Dicatut Sebagai Anggota Parpol, APPD Pertanyakan Kinerja KPUD Buteng

Written by  May 15 2018
Komisioner KPU Buteng saat menerima massa aksi di Kantor KPU Buteng. Foto: Ibrahim Haris Komisioner KPU Buteng saat menerima massa aksi di Kantor KPU Buteng. Foto: Ibrahim Haris

BUTON TENGAH, ButonRayaNews.co.id - Aliansi Pemerhati Pemilu dan Demokrasi (APPD) melakukan aksi di kantor KPU Buton Tengah (Buteng). Kedatangan mereka di lembaga penyelenggara Pemilu itu, mempertanyakan kinerja KPUD Buteng atas pencatutan sejumlah masyarakat dan ASN sebagai anggota partai politik (Parpol) yang telah masuk dalam data Sipol KPU RI.

Menurut massa aksi, kondisi itu sangat merugikan masyarakat yang namanya di catut dalam Parpol. Mereka menilai KPUD Buteng tidak melakukan verifikasi terhadap data data Sipol.

"Kami meminta KPUD Buteng agar mempublis ke masyarakat data Sipol yang banyak mencatut nama masyarakat sebagai anggota Parpol," teriak koordinator aksi Arwin, Senin (14/25/2018).

Dikatakannya, dalam UU Nomor 6 tahun 2014 tentang KPU dikatakan bahwa setelah KPU menyerahkan dokumen Sipol, kemudian melihat apakah betul nama-nama yang dimasukan di data partai diketahui oleh yang bersangkutan atau tidak.

"Kami menduga, ini terjadi karena pihak Komisioner KPUD Buteng tidak melakukan verifikasi itu secara menyeluruh," tuturnya.

Anggota KPUD Buteng Anak Agung Raja Ika yang menerima massa aksi mengatakan, tidak boleh hanya curigai orang harus ada bukti data.

"Kami akan proses secara cepat jika ada masyarakat atau penyelengara Pemilu yang terdaftar di data Sipol KPU sebagai pengurus salah satu Parpol. Dan jika itu terbukti kami akan berhentikan," jelasnya.

Pantauan awak ButonRayaNews.co.id di kantor KPUD Buteng sempat terjadi ketegangan antara massa aksi dengan salah satu anggota KPUD Buteng Laode Nuriadin.

Pasalnya, Laode Nuriadin meminta kepada massa aksi untuk menyebutkan nama masyarakat yang namanya dicatut sebagai anggota Parpol dalam Sipol KPU. Namun massa aksi tidak mau memberikan nama yang dimaksud kepada Komisioner KPUD Buteng Divisi Teknik itu.(#)

Penulis: Ibrahim Haris
Editor: Awan

Rate this item
(1 Vote)
Read 40 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
Telepon 082291060301

Visitors Counter

277424
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
671
4816
9120
243921
77808
95699
277424