Sunday, August 19, 2018

Pemda Mubar Usulkan Rp20,5 Miliar untuk Rehabilitasi Daerah Irigasi

Written by  August 11 2018
Foto: Kabid SDA Dinas PU Mubar, Surachman. (Dok. Pribadi for LM. Sacril/BRN) Foto: Kabid SDA Dinas PU Mubar, Surachman. (Dok. Pribadi for LM. Sacril/BRN)

SULAWESI SELATAN, ButonRayaNews.co.id - Dalam rangka mewujudkan harapan petani sawah di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Pemerintah Daerah (Pemda) Mubar kembali mengusulkan anggaran peningkatan atau rehabilitasi daerah irigasi yang akan dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Mubar, Surachman.

"Dalam pertemuan sinkronisasi dan harmonisasi wilayah timur DAK bidang infrastruktur 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian PU PR, 9 sampai dengan 10 Agustus 2019 di Makassar, Pemda Mubar mengusulkan anggaran kurang lebih Rp 20,5 miliar dan telah diverifikasi oleh Bappenas serta Ditjen SDA Kementerian PU PR," tulis Surachman melalui via WhatsAppnya di Makassar, Sabtu (11/08/2018).

Tambahnya, pihaknya telah mengusulkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya para kelompok tani dan kelompok pemakai air, agar kebutuhan mereka dapat dituntaskan dengan sesegara mungkin.

Dikatakannya, pendekatan bottom up dan teknokratik yang kita dahulukan sehingga intervensi pembangunan yang kita lakukan secara langsung menjawab kebutuhan masyarakat.  

"Tahun depan kita akan konsen pada rehabilitasi saluran primer dan sekunder. Serta bendung pada beberapa daerah irigasi di Mubar seperti daerah irigasi Katangana, Kasimpa, Irigasi Lawada dan daerah irigasi Wanseriwu," katanya.

Ia menambahkan, jika program itu terealisasi  tahun depan, secara pasti akan semakin meningkatkan produktivitas petani dan nilai indeks pertanaman kita akan meningkat.

"Semua itu sejalan dengan kebijakan Bupati Mubar bapak LM Rajiun Tumada yang sangat konsen pada perbaikan kinerja petani sawah. Apalagi Mubar bertekad untuk menjadi salah satu lumbung padi di Sulawesi Tenggara (Sultra). Dan keseriusan pemda tersebut ditanggapi positif oleh Kementerian PU PR serta Bappenas," pungkasnya mengakhiri.(#)

Peliput: LM Sacril
Editor: Awan

Rate this item
(0 votes)
Read 226 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
Telepon 082291060301

Visitors Counter

565413
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1123
2715
21498
512707
70333
95767
565413