Friday, October 19, 2018

REDAKSI

REDAKSI

ButonRayaNews.co.id, BAUBAU - Kunjungan kerja Direktur Utama BPJS Keshatan Prof DR Fahmi Idris MKes di Kota Baubau dalam 

rangka penandatanganan perjanjian Universal Health Carevage (UHC) untuk tujuh daerah di Wilayah kerja BPPJ Kesehatan Cabang
Baubau memberikan apresiasi untuk cabang Baubau.

Dirut BPJS Keshatan, Prof DR Fahmi Idris MKes mengatakan program UHC ini merupakan program yang dilucurkan BPJS Kesehatan
didalam memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyrakat Indonesia. "Indonesia termasuk berani menjalankan
program Universal ini dimana negara berkembang baru beberapa negara yang menerapkan. Dan di Indonesia baru empat provinsi
yang menjalankan program ini," ungkap Fami.

Namun saya sangat mengapresiasi kerja dari seluruh managemen BPJS Kesehatan cabang Baubau karena kerja keras dan juga
koordinasi dengan seluruh kepala daerah cakupan wilayahnya dianggap berhasil karena seluruh daerah sudah mau ikut bergabung
dengan program Universal ini. "terus terang selama kunjungan kerja selama ini diwilayah Sulawesi Maluku saya hanya
berkunjung di Makassar, Kendari, Manado dan Ambon Maluku, ternyata di cabang Baubau sudah sangat stategis dan sangat mudah
dijangkau karena alat transportasi sudah sangat lancar," tambah Fahmi.

Untuk itu kita berharap dengan keberhasilan menjaring sedikitnya 276 ribu kepesertaan melalui program Universal ini BPJS
akan lebih memaksimalkan pelayanannya. "saya tahu BPJS KEsehatan Cabang Baubau merupakan wilayah kepulauan yang sudah tentu
memiliki karakter dan managemen yang berbeda dengan daratan. Ada Incam dan Oucam tentu akan dipertimbangkan," tutupnya.


- 276 Ribu orang Akan Terdaftar di KIS

ButonRayaNews, BAUBAU - Memberikan perhatian serius kepada masyarakat miskin dan juga memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal, tujuh daerah di Kepulauan Buton menanda tangani kerja sama Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sedikitnya ada sekitar 276 ribu orang yang akan bertambah dan masuk dalam program KIS.

Walikota Baubau, DR AS Tamrin MH, selaku tuan rumah penyelenggara penandatanganan perjanjian kerja sama dengan tujuh daerah kepulauan bersama BPJS kesehatan memberikan apresiasi besar kepada BPJS yang telah memberikan pelayanan dan membantu pemerintah didalam bidang kesehatan. "tentu kita sudah merasakan dampak postif melalui program jaminan kesehatan nasional (JKN), banyak masyarakat miskin yang terbantu. Dengan sistem gotong royong tentu akan menyelesaikan satu persoalan yang sifatnya dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya bidang kesehatan," ungkap Tamrin.

Ia menambahkan dengan adanya perjanjian Universal ini tentu kita berharap akan lebih memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "kami berharap kepada BPJS kesehatan dapat lebih meningkatkan pelayanan dan memaksimalkan sarana penunjang didalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat," katanya.

Ditempat yang sama Dirut BPJS Kesehatan RI , Prof DR Fahmi Idris, MKes memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tujuh kepala daerah yang mau masuk dan memulai lebih awal dalam program UHC ini. "tentu dengan melalui program ini semua daerah selain melakukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan, tak kala pentingnya melalui program yang disepakati oleh pemrintah daerah ini adalah mensejahtrakan dan pemerintah lebih pro kepada masyarakat. Karena setidaknya pemerintah daerah telah memberikan perhatian kepada masyarakat melalui Program JKN, sehingga sudah dipastikan seluruh masyarakt akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis," jelasnya.

Ia menambahkan melalui program ini setidaknya ada 276 ribu kepesertaan yang akan masuk ke BPJS Kesehatan. Tujuh daerah tersebut adalah Kota Baubau, Buton, Busel, Wakatobi, Butur, Muna, Muna Barat dan rencananya Awal 2019 Kabupaten Buton Tengah akan bergabung melalui program Universal ini. "di Indonesia baru 4 Provinsi yang menyelenggaran program ini, dan insya allah Provinsi Sulawesi Tenggara akan menjadi provinsi ke lima masuk dalam program ini," tutup Fahmi.

Peliput / Editor : Mulyadi


MUNA, ButonRayaNews.co.id - Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna Rahim terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah daerah pemilihannya (Dapil) demi meraut suara di Pilcaleg 2019 mendatang.

Tidak tanggung-tanggung, mantan aktivis UHO ini rela menghabiskan seluruh waktu dan tenagannya demi mendekatkan diri kepada konstituenya. Bagi Rahim, silaturahim atau sosialisasi penting untuk terus dilakukan. Mengingat, masyarakat sangat mengiginkan orang-orang yang duduk di DPRD betul-betul memperjuangkan aspirasi masyarakat. Bukan hanya mementingkan kepentingan pribadi.

"Saya hadir untuk rakyat," ujar politisi muda Partai Golkar ini ketika dihubungi via WhatsAppnya, Rabu (17/10/ 2018).

Ia berkomitmen kepada diri dan masyarakat akan memperjuangkan serta menyuarakan aspirasi rakyat ketika dirinya diberikan amanah duduk sebagai anggota DPRD Muna.

"Saya berani lakukan itu, sebab memiliki komunikasi baik sampai ketingkat pusat," ungkapnya.

Ia menjelaskan, dengan melakukan sosialisasi dan menyapa langsung masyarakat, dengan slogan Mr.OneHeart alias Mr.1, banyak hal yang dapat diketahui tentang permasalahan, harapan dan keinginan masyarakat.

"Bergerak bersama rakyat, menang bersama rakyat, merupakan prioritas dan utama pada Pemilu 2019 nanti," cetusnya.

"Saya berharap, agar masyarakat memilih wakil rakyat dengan hati nurani. Sehingga tidak menyesal dikemudian hari. Untuk itu kenali betul calon wakil rakyatmu," tutup caleg yang maju di Dapil Muna III ini.

Peliput : LM Sacril
Editor : Asis


WAKATOBI, ButonRayaNews.co.id - Dalam kunjungan kerjanya (kunker) di Kabupaten Wakatobi belum lama ini, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, sarana dan prasana pariwisata di bumi maritim Wakatobi masih perlu ditingkatkan lagi agar dapat memberi nilai lebih bagi pengembangan pariwisata.

"Tentu bukan hanya lautnya, tapi juga didaratnya. Kita harapkan dapat memberi nilai bagi pengembangan dunia wisata nasional," ujarnya belum lama ini.

Kata Ali, Pemprov mendukung program prioritas jalan. Meski ia meminta pada Pemda Wakatobi untuk mensingkronkan program dalam rangka memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur.

"Ada beberapa yang akan menjadi fokus pembangunan Pemda Wakatobi. Dan saya sudah meninjau lokasi bersama-sama pak bupati. Kita akan pikirkan bagaimana mempercepat pembangunan infrastruktur yang telah direncanakan," tuturnya.

Sesui dengan visi misi, Pemda Wakatobi akan fokus membangun infrastruktur jalan sebagai daya dukung pengembangan daerah. Seperti pembangunan jalan by pass yang di rencanakan dengan menelan anggaran miliaran rupiah. Ditambah dengan pembangunan reklamasi laut disekitar wilayah Wangi-Wangi.

"Untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan yang ada, Pemda membutuhkan perhatian pemerintah provinsi dan pusat," ucap Bupati Wakatobi Arhawi.

Dikatakannya, debagai daerah tujuan wisata nasional, sudah sepatutnya Wakatobi mendapat perhatian lebih dari pemerintah khususnya pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal daya dukung pengembangan infrastruktur dasar.

Peliput: Rusu
Editor: Asis


MUNA BARAT, ButonRayaNews.co.id - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna Barat (Mubar) gelar pengecekan data diri kepada sejumlah masyarakat Mubar.

Komisioner KPUD Mubar, Alirun Usa menjelaskan, gerakan cek data diri secara serentak dilakukan baik tingkat desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten. Tujuannya adalah untuk memastikan sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 86 desa dan kelurahan serta 11 kecamatan di Mubar. Melalui kegiatan gerakan cek data diri, masyarakat dapat memastikan dirinya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau tidak," paparnya, Rabu (17/10/2018).

Lanjutnya, untuk mengecek data diri tersebut masyarakat dapat mengakses melalui aplikasi android dengan mendownload melaui play store yakni KPU RI Pemilu 2019 atau www.sidali3.kpu.go.id.

Kata Alirun, bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT dapat mendatangi posko Gerakan Melindungi Hak Pilih GMHP) di setiap desa, kelurahan dan kecamatan di Mubar.

Sementara itu, Bupati Mubar LM. Rajiun Tumada mengungkapkan data pemilih merupakan suatu hal yang penting dalam proses Pemilu. Menurutnya, data pemilih yang baik dan benar adalah harapan kita semua. Jadi bukan hanya KPU menginginkan data itu baik tapi bangsa ini membutuhkan data yang baik.

"Olehnya itu, daftarkan diri anda bagi yang merasa telah memenuhi syarat sebagai daftar pemilih," imbau Panglima Besar BSB Sultra ini.

Peliput : LM Sacril
Editor : Asis


WAKATOBI,ButonRayaNews.co.id - Jelang ujian Seleksi Kompotensi Dasar (SKD) CPNS 2018, Pemda Wakatobi siapkan lima titik lokasi untuk pelaksanaan tes. Lokasi tersebut telah memenuhi syarat melalui hasil verefikasi pihak Disdikbud Sultra.

"Hasil tinjauan tim Disdikbud Provinsi Sultra pada Selasa kemarin, terpilih lima lokasi yaitu SMK 1 Wangi-Wangi, SMA 1, SMA 2, SMA 4 dan MAN 1 Wakatobi," ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wakatobi H. Drs La Jumadin, Rabu (17/10/2018).

Ia menjelaskan, masing-masing tempat dilengkapi dengan komputer dan koneksi jaringan. Kata dia, kelima lokasi itu sebelumnya telah melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sebagaimana yang disyaratkan oleh BKN pusat.

"Sebenarnya ada beberapa tempat (sekolah) yang kami tentukan, tapi yang memenuhi itu lima saja. Olehnya itu, Pemda Wakatobi sejauh ini siap melaksanakan tes SKD," tambahnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, hingga akhir penutupan jumlah pendaftar secara online sebanyak 2599 orang. Sedangkan secara manual, berkas yang masuk sebanyak 2433 orang. Masing-masing terdiri dari formasi 775 orang dari pelamar teknis, kesehatan 532 orang, dan pelamar formasi guru berjumlah 1125 orang.

"Dari jumlah itu, kami (BKSDM) menargetkan pelaksanaan ujian SKD hanya cukup dilakukan selama empat hari," ucapnya.

"Berdasarkan jadwal dari BKN Pusat, pelaksanaan SKD akan dilangsungkan pada 26 Oktober 2018 hingga 15 November 2018," jelasnya.

Peliput: Rusu
Editor: Asis


KENDARI, ButonRayaNews.co.id - Anggota Komisi V DPR RI, Ridwan Bae, berhasil menambah program perencanaan pembangunan jalur kereta api Provinsi Sulawesi Tenggara. Jalur kereta api tersebut meliputi Kota Kendari menghubungkan Kabupaten Konawe, Kolaka Timur, Kolaka sampai Kolaka Utara (Kolut).

Rencana ini sudah disetujui Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Kereta Api dengan alokasi APBN Tahun 2019.

"Melalui rapat dengar pendapat antara Komisi V DPR RI dengan Dirjen Kereta Api, saya kembali usulkan secara tegas perencanaan awal jalur kereta api untuk Sultra hanya Kendari menghubungkan Kolaka, harus diubah dan ditambahkan jalur," kata Ridwan Bae usai mengikuti RDP dengan Dirjen Kereta Api.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Kereta Api hanya memasukkan dokumen perencanaan (SID/Trase) untuk pembangunan jalur kereta api antara Kota Kendari dengan Kabupaten Kolaka.

"Saya tambahkan bahwa Dirjen Kereta Api harus masuk dalam program perencanaan jalur Kendari menuju Konawe, Kolaka Timur, Kolaka dan Kolaka Utara. Jadi ada penambahan perencanaan untuk tahun 2019," ucap Ridwan.

Dengan adanya penambahan jalur tersebut melewati beberapa kabupaten, ini akan mempermudah akses transportasi bagi masyarakat yang hendak bepergian.  Manfaat lain, jalur transportasi angkutan komoditi unggulan Sultra akan lebih cepat dan murah biayanya.

Ridwan Bae sangat konsen memperjuangkan pembangunan jalur kereta api untuk Sultra, karena melihat perkembangan transportasi, khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat pesat.

"Sulsel sudah ada jalur kereta apinya menghubungkan Kota Makassar dengan Kota Pare-pare. Nah kita di Sultra juga harus ada. Hanya memang dibutuhkan orang yang dapat menyuarakan sekaligus memperjuangkan ditingkat pusat," jelasnya.

Mantan bupati Muna dua periode ini berharap, agar pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan  kota yang dilalui jalur kereta api  memberikan dukungan.

Rencana pembangunan kereta api ini merupakan salah satu moda transportasi antara Kota Kendari, Konawe, Kolaka Timur, Kolaka,, dan Kolaka Utara. " Kalau dilihat  jangka panjangnya adalah akan terjadi konektivitas Kota Makasar, Sulawesu Barat, Sulawesi Tengah,  Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Peliput: Muhammad Al Rajap


JAKARTA, ButonRayaNews.co.id - Dua orang pengedar narkoba jenis ganja diamankan jajaran unit Narkoba Polsek Kembangan, Polres Metro Jakarta Barat. Kedua pengedar narkoba tersebut diketahui sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Kapolsek Kembangan, Kompol Egman Adnan mengatakan penangkapan terhadap dua mahasiswa tersebut berkat adanya informasi transaksi narkoba di wilayah Joglo Kembangan Jakarta Barat. Mendapati laporan yang dimaksud, Egman kemudian. memerintakan anggotanya untuk melakukan penyelidikan.

"Dari informasi itu kita berhasil menangkap pelaku MHS dengan barang buktinya berupa satu paket sedang daun ganja, satu paket kecil daun ganja dan satu bungkus plastik batang ganja seberat 27,2 gram," ucap Kompol Egman, Selasa (16/10/2018).

Dari penangkapan MHS, polisi kemudian melakukan pengembangan dan kembali mengamankan satu pelaku lain yang berinisial HI (21).

"Kita lakukan penggeledahan di kediaman HI dan ditemukan barang bukti berupa tujuh paket sedang daun ganja seberat 24,7 gram siap edar," katanya.

Menurutnya, barang haram tersebut diduga diedarkan kepada mahasiswa lain di kampus yang sama. Hingga kini, polisi masih melakukan pengembangan terkait pemasok narkoba terhadap kedua tersangka tersebut.

"Kita masih melakukan pengembangan siapa pemasok barang haram itu. Untuk kedua tersangka kita jerat pasal 114 ayat (1) Sub 111 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika," tutupnya.

Peliput: Ashari
Editor: Muhammad Al Rajap


JAKARTA, ButonRayaNews.co.id - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polsek Kembangan mengamnkan dua pelaku pencurian dengan kekerasan (curas). Kapolsek Kembangan, Kompol Egman Adnan menerangkan pelaku curas tersebut diketahui berinisial AD alias TE (22) dan AA Bin IS (17).

Keduanya ditangkap setelah merampas ponsel genggam milik Muhamad Iqbal (19) warga Jalan Kembangan Utara RT 008/01 Kembangan Utara, Kembangan Jakarta Barat. Diungkapkan Egman, kejadian itu terjadi pada hari Minggu (14/10/2018) sekitar pukul 03.30 WIB.

"Saat itu korban sedang berada di depan rumah sendirian sedang menggunakan handphone sambil merokok dan minum kopi. Tiba-tiba datang dua orang laki-laki yang tidak dikenal, dengan berboncengan mengendarai sepeda motor Yamaha Vega berhenti di depan rumah korban," tutur Egman, Rabu (17/08/2018).

Egman menambahkan, salah satu pelaku kemudian turun dari sepeda motor dan langsung menodongkan senjata tajam kearah korban dengan meminta HP korban.

"Pelaku langsung menusukan senjata tajam kearah korban sehingga berhasil mengambil HP dan melarikan diri berboncengan bersama temannya. Kemudian korban langsung mendatangi Polsek Kembangan untuk membuat laporan polisi," tambahnya. Atas kesigapan polisi, kedua pelaku bersama barang buktinya berhasil ditangkap di Jalan Pesanggrahan tepatnya depan Ranch Market.

"Kedua pelaku akan kita jerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan," tandasnya.

Peliput: Ashari
Editor: Muhammad Al Rajap


ButonRayaNews.co.id, BAUBAU - Hal yang istimewa dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Baubau menyambut Hari jadi Baubau ke 477 Tahun dan HUT ke-17 Kota Baubau sebagai daerah otonom yang digelar Selasa pagi ini, 16 Oktober 2018 adalah kesepakatan antar Pemerintah dan DPRD Kota Baubau untuk melanjutkan akselerasi pembangunan ke arah yang lebih cepat dan maju.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si menyatakan jika sambutan Ketua DPRD Baubau, H. Kamil Adi Karim, SP, dan Wali Kota Dr. H. AS. Tamrin, MH sama-sama memberikan inti pemaparan yakni kesepakatan untuk mengakselerasi pembangunan secara cepat dan lebih maju. “Pihak DPRD Kota Baubau akan selalu mendorong agar percepatan dan akselerasi pembangunan di kota ini terus dilanjutkan tentunya hari jadi ke-477 dan ulang tahun ke-17 sebagai daerah otonom ini menjadi momentum untuk mewujudkan niat itu, “imbau H. Kamil Adi Karim dalam beberapa petikan sambutannya.

Dengan demikian, khusus pihaknya di dewan akan lebih fokus pada fungsi pokoknya berkaitan fungsi legislasi, fungsi controling dan fungsi budgeting. “Untuk sekarang saja sudah mempercepat pembahasan 10 Ranperda. 3 Ramperda menyangkut anggaran, 6 Ramperda diantaranya dalam tahap siap diputuskan, dan 1 Ramperda dalam pembahasan tingkat pertama, semua itu berkaitan untuk menjamin akselerasi pembangunan di Kota Baubau,” ujar politisi Partai Amanat Nasional ini.

Bagi H.Kamil Adi Karim, dewan juga meminta agar penyelenggaraan pemerintahan dapat dikelola oleh sumberdaya yang profesional, cerdas, bertanggung-jawab dan loyal terhadap pimpinan, sehingga keputusan-keputusan di DPRD nantinya dapat dijalankan secara baik dan memberi dampak positif bagi kemajuan Kota Baubau. Berkaitan dengan akselerasi pembangunan ini, diungkap pula Wali Kota Dr. H. AS. Tamrin, MH yang menjadikan momentum hari jadi dan ulang tahun Baubau untuk melakukan percepatan pembangunan berdasr pada visi-misi Tampil Manis yang telah ia jadikan sebagai pedoman penyelenggaraan pemerintahan dan sosial kemasyarakatannya.

Namun terlepas dari itu, wali Kota menyampaikan kegemberiaannya denga peringatan Hari jadi Kota Baubau ke-477 tahun dan HUT Kota Baubau ke-17 sebagai daerah otonom, karena seluruh aktivitas kegiatan berjalan semestinya dan dirangkaikan sejumlah kegiatan budaya diberbagai tempat, yang semakin menunjukkan identitas Kota Baubau sebagai daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya, termasuk filosofi Po-5 yang dijadikan nilai moral dalam kehidupan bermasayarakat di daerah ini.

“saya juga mengajak kita semua, mari bersama-sama mewujudkan Kota Baubau menjadi lebih baik lagi, dan momentum ini adalah upaya kita mengakselerasi pembangunan agar Baubau lebih maju, sejahtera dan berbudaya,” timpal Wali Kota. Sidang paripurna DPRD ini dihadiri segenap anggota DPRD, pejabat lingkup Pemerintah Kota Baubau, pimpinan Partai Politik dan anggota Forkopimda Kota Baubau. Sementara sidang dipimpin langsung Ketua DPRD, H. Kamil Adi Karim dan wakilnya, La Bara A.MKL.(ist)

Editor :Mulyadi


Page 1 of 63

Kontak Redaksi


PT. Media Buton Raya
Alamat Kantor Redaksi :
Jln. Dayanu Ikhsanuddin,
Perum Palm Beach Blok 4, No. 17A,
Kel. Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Baubau,
Provinsi Sulawesi Tenggara, Kode Pos 93700
TELEPON/WA 0822 9106 0301 / 0813 5444 5525

Visitors Counter

816007
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2032
3022
22453
772727
63319
132968
816007