Air Terjun Kedung Kandang, Sensasi Liburan di Tengah Sawah

Butonrayanews.co.id – Banyaknya air terjun yang ditemui di nusantara ternyata tidak membuat bosan untuk dikunjungi. Ini dikarenakan masing-masing memiliki daya tarik yang berbeda, seperti Air Terjun Kedung Kandang misalnya. Objek wisata ini begitu cantik dan sayang untuk dilewatkan.

Jogja, itulah kawasan yang harus kamu tuju jika ingin penasaran menyaksikan bagaimana pesonanya. Namun sebelumnya, ada baiknya kamu menyimak beberapa hal yang akan kami sampaikan untuk mendapatkan gambaran sekilas.

Air terjun termasuk objek wisata alam yang selalu dapat memanjakan mata. Tidak pernah bosan menyaksikan keindahannya, meski kamu datang berkunjung setiap hari. Pada umumnya lokasi wisata seperti ini berada di pegunungan sehingga suasananya asri.

Pemandangan indah bukan hanya dari air yang jatuh dari ketinggian, namun juga di sekitar lokasinya. Pohon perdu yang hijau tidak pernah gagal menyejukkan mata. Begitu juga dengan batu tebing yang eksotis sebagai tempat mengalirnya air.

Air Terjun Kedung Kandang menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan objek wisata lainnya. Karena keindahan ini, wisatawan yang datang silih berganti dan tidak pernah sepi. Bahkan sebagian diantara mereka datang lagi karena merasa rindu akan pesona nya.

Daya Tarik Air Terjun Kedung Kandang

Alasan wisatawan datang berkunjung bukan tanpa sebab, semua tidak lepas dari daya tarik yang dimiliki. Apabila kamu berniat mengunjungi namun ingin mendapatkan gambaran sekilas, silahkan simak daya tarik yang telah kami rangkum berikut!

Pesona Air Terjun Kedung Kandang

Pastinya daya tarik yang mampu memikat wisatawan datang berkunjung yakni dari air terjun itu sendiri. Meski banyak ditemukan objek wisata yang sama, namun belum tentu kamu mendapatkan pesona yang begitu memukau selain di tempat ini.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata di Bandung Yang Lagi His & Instagramable 2022

Ketinggian air terjun mencapai 25 meter, cukup jelas meski dilihat dari kejauhan. Dengan ketinggian tersebut, Air Terjun Kedung Kandang memiliki puluhan undakan yang membuatnya begitu indah. Inilah salah satu perbedaan yang tidak ditemukan ditempat lain.

Aliran air yang cukup deras perlahan melewati semua undakan yang ada. Jarak antara satu undakan dengan lainnya tidak begitu tinggi, namun beberapa tidak terjangkau oleh ketinggian orang dewasa.

Untuk mencapai undakan tertinggi, kamu perlu menggunakan tangga yang telah disediakan pengelola. Ada juga akses lain yang dapat dilalui, yakni jalan setapak di sebelah air terjun. Pemandangan yang indah ini semakin lengkap dengan adanya vegetasi hijau yang mengelilingi.

Pemandangan Sawah Menyejukkan

Diatas tadi telah disinggung bahwa kebanyakan aur terjun lokasinya berada di tengah hutan atau pegunungan. Berbeda dengan Air Terjun Kedung Kandang, lokasinya justru berada di tengah sawah yang memberikan pemandangan menakjubkan.

Warga setempat memanfaatkan aliran air terjun ini untuk mengairi sawah mereka. Pesona indahnya terasering pun cukup jelas, berundak dan begitu cantik memanjakan mata. Terlebih ketika padi baru mulai ditanam, hijaunya suasana sangat kental terasa.

Jika dilihat dari atas, tampak jelas air terjun dikelilingi persawahan dengan sistem irigasi yang memukau. Inilah salah satu alasan kenapa objek wisata di Jogja ini berbeda dengan lainnya. Dengan pemandangan yang indah ini, dipastikan kamu betah berlama-lama.

Eksotisme Batu Tebing Vulkanik

Batu tebing sebagai tempat mengalirnya Air Terjun Kedung Kandang bukanlah batu biasa, melainkan batu vulkanik. Terlihat jelas bahwa batu ini cukup padat dan keras, begitu juga dengan kekuatannya. Dari teksturnya sangat indah, begitu eksotis dengan guratan alaminya.

Terlebih ketika indahnya batuan tersebut menyatu dengan undakan ketika dialiri air. Tidak  heran jika setip hari banyak pengunjung yang berdatangan. Sebagian bahkan berasal dari luar daerah karena penasaran dan ingin menyaksikan langsung panorama nya.

Baca Juga :   10+ Tempat Wisata di Garut yang Lgi Hits Dan Paling Terkenal 2022

Air Terjun Musiman

Daya tarik selanjutnya yang membuat banyak pengunjung berdatangan di waktu tertentu adalah karena air terjun ini tergolong musiman. Ini artinya, akan ada aliran air yang membasahi tebing vulkanik pada musim tertentu, pastinya musim hujan.

Sedangkan di musim kemarau, debit air tidak begitu deras, bahkan ada saatnya tidak dialiri air sama sekali. Kondisi ini ternyata justru membuat banyak wisatawan penasaran sehingga tidak mau melewatkan pesona indahnya ketika di musim hujan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Air Terjun Kedung Kandang berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari tugu Jogja kurang dari 30 kilometer, butuh waktu selama 1 jam dengan kecepatan kendaraan rata-rata.

Rute terbaik untuk menjangkaunya yaitu dengan melewati Jalan Nasional III, kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Raya Piyungan. Kamu akan melewati Lapangan Sepak bola Petir, silahkan melanjutkan perjalanan hingga ke Jalan Srimartani – Ngoro Oro.

Sepanjang jalan ini sering terjadi kemacetan, jalannya pun berkelok. Maka dari itu, ada baiknya kamu berhati-hati, terutama jika berada di tikungan. Perjalanan dilanjutkan menuju ke kawasan Patuk hingga tibalah di kawasan Kedung Kandang.

Manfaatkan petunjuk jalan ketiak berada di titik ini, atau bisa juga bertanya pada warga sekitar. Tidak menutup kemungkinan kamu bingung karena banyak jalan bercabang. Jika perlu, gunakan aplikasi GPS atau Google Maps dari HP.

Harga Tiket Masuk

Mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang dijamin tidak akan menghabiskan uang tabungan. Pasalnya, harga tiket masuk untuk satu orang di banderol dengan harga yang sangat murah. Untuk menikmati semua pesona indah dan alam sekitarnya, kamu hanya butuh 8.000 saja.

Tambahan biaya dibutuhkan untuk mengganti lahan parkir sebesar 2.000 rupiah bagi yang membawa sepeda motor. Sedangkan jika datang membawa mobil, siapkan uang tambahan sebesar 5.000 rupiah. Silahkan berkunjung kapan saja, namun alangkah baiknya tidak datang di malam hari.

Baca Juga :   Pura Segara Ulun Danu Batur Pura Dengan Pesona Keindahan Alam

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Mengunjungi objek wisata pastinya kurang lengkap jika tidak ada yang bisa dilakukan selama di lokasi. Untungnya, ada banyak aktivitas menarik di mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang. Pada dasarnya, aktivitas apapun selalu menarik di sini, berikut sebagian contohnya!

Tracking Menuju Lokasi

Jangan dikira kamu bisa langsung menikmati indahnya pesona alam setelah parkir kendaraan. Butuh perjalanan panjang yang wajib ditempuh dan harus diperjuangkan. Namun siapa sangka bahwa hal ini justru menjadi aktivitas yang menarik bagi sebagian wisatawan.

Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 1 kilometer. Bagi yang suka tantangan, jauhnya jarak dan medan yang sulit bukan menjadi halangan. Apalagi selama perjalanan selalu ditemani dengan keindahan alam.

Bermain Air

Lelah setelah menempuh perjalanan jauh seketika hilang apabila tiba di lokasi. Pemandangan Air Terjun Kedung Kandang tidak pernah gagal memanjakan mata. Banyak pengunjung yang langsung bermain air karena tidak tahan melihat kesegarannya.

Berburu Spot Foto

Aktivitas selanjutnya adalah berburu spot foto, bisa dikatakan ini adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan di sini. Tentu kamu tidak mau pulang tanpa kenangan abadi bukan? Berbagai spot cantik ditemukan di objek wisata ini, meski hanya berupa spot liar.

Kesimpulan

Mengunjungi objek wisata alam tidak hanya menarik karena keindahannya. Ada banyak manfaat yang didapatkan, yaitu ketenangan jiwa dan meredakan pikiran stres. Dengan mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang, kamu bisa menyisihkan uang karena biaya masuknya yang murah.