Akun JMO Tidak Ditemukan? Penyebab dan Cara Mengatasi

butonrayanews.co.id – Anda yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tentu akan merasa sangat nyaman dengan adanya layanan aplikasi JMO. Sayangnya, pengguna aplikasi ini seringkali mengalami kendala, salah satunya akun JMO tidak ditemukan.

Tentunya, kendala tersebut akan membuat urusan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan menjadi terhambat. Lantas, apa yang membuat kendala tidak ditemukannya akun JMO dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Akun JMO Peserta Tidak Ketemu

Akun JMO Tidak Ditemukan

Untuk mengakses akun JMO secara keseluruhan, sudah pasti Anda harus login pada akun tersebut. Sayangnya, beberapa pengguna seringkali mengalami kegagalan akses karena akun tidak dapat ditemukan. Ada kemungkinan, berikut beberapa penyebab yang terjadi.

1. Masih menggunakan versi aplikasi yang lama

Salah satu penyebab yang sangat mungkin terjadi adalah karena Anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan masih menggunakan aplikasi JMO pada versi yang lama. Padahal, secara berkala aplikasi ini akan diperbarui dengan fitur dan kelengkapan ter-update.

Aplikasi yang belum ter-update acapkali menyebabkan beberapa data dan fitur menjadi tidak sinkron. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian sehingga Anda perlu mengecek kembali apakah aplikasi JMO yang diakses merupakan aplikasi yang paling baru atau versi lama.

Tidak jarang, kendala lain juga dapat menyertai apabila versi aplikasi yang digunakan masih jadul. Bukan hanya akun peserta yang tidak ditemukan, namun juga permasalahan lain seperti aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri hingga tidak maksimalnya beberapa fitur.

2. Tidak memasukkan data yang sesuai

Kendala akun JMO tidak ditemukan juga dapat terjadi karena data yang dimasukkan pada saat login tidak sesuai. Selain itu, ada juga kesalahan yang dilakukan sehingga pada akhirnya tidak terdeteksi dan akun Anda tidak ditemukan.

Adapun data yang dimaksud seperti nomor akun JMO hingga password. Tentunya, akun dan password ini bisa saja berbeda dengan akun email seperti biasanya. Tidak jarang, pengguna aplikasi JMO lupa dengan nomor peserta hingga kata sandi akun.

Tentunya, cek ulang data yang diinput pada kolom login satu persatu untuk mengetahui bagian mana data yang kurang tepat. Jangan langsung panik, namun coba ingat kembali apakah nomor peserta dan kata sandi apakah sudah sesuai.

3. Koneksi internet yang digunakan buruk

Tidak jarang, koneksi internet bisa saja membuat Anda gagal login ke aplikasi JMO bahkan dapat menyebabkan akun tidak ditemukan. Tentunya, aplikasi MO merupakan aplikasi online yang menggunakan internet.

Apabila internet yang digunakan sedang buruk, maka error dan kegagalan login sangat mungkin terjadi. Tidak hanya terjadi pada perangkat yang Anda gunakan, kendala pada jaringan seringkali terjadi langsung pada pihak BPJS langsung.

4. Beralih kepesertaan

Salah satu penyebab akun JMO tidak ditemukan yang juga seringkali terjadi adalah ketika nomor KPJ tidak muncul. Hal ini terjadi karena Anda beralih kepesertaan ketika pindah perusahaan tempat bekerja. Jika memang demikian, perusahaan sebelumnya sudah pasti akan menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan dan akan dilanjutkan oleh perusahaan baru.

Selain itu, alih kepesertaan juga dapat terjadi pada saat Anda memutuskan untuk berhenti kerja dan ingin berwirausaha. Selama masa tenggang tersebut, secara otomatis Anda beralih menjadi kepesertaan mandiri, berbeda dengan status kepesertaan sebelumnya.

Hal tersebut tentu akan membuat nomor KPJ Anda menjadi tidak terdaftar dan akun tidak dapat ditemukan. Untuk memastikan lebih lanjut, tentunya Anda dapat melakukan konfirmasi ke pihak perusahaan sebelumnya atau ke kantor BPJS secara langsung.

5. Bug pada aplikasi JMO

Pemeliharaan jaringan dan aplikasi seringkali juga membuat akun peserta JMO tidak dapat ditemukan. Meskipun pemeliharaan ini hanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu, sayangnya seringkali hal tersebut malah membuat aplikasi memiliki bug error.

Kesalahan bug akibat maintenance seperti ini sudah pasti akan menyebabkan beberapa masalah. Kendala yang langsung disebabkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan ini tidak jarang juga akan langsung diperbaiki sehingga dapat diakses beberapa waktu setelahnya.

Mengatasi Kendala Akun JMO

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan akun JMO tidak ditemukan, tentunya Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Adapun cara mudahnya dengan menyesuaikan penyebab kendala tersebut, misalnya:

1. Gunakan versi aplikasi JMO terbaru

Hal pertama yang perlu dipastikan yakni apakah Anda sudah menggunakan versi aplikasi JMO yang paling baru. Hal ini tentu saja penting untuk memastikan apakah fitur dan kelengkapan aplikasi sudah ter-update ke versi yang baru.

Adapun caranya dengan melakukan update aplikasi JMO melalui Play Store atau App Store, kemudian coba login kembali. Bisa juga dengan uninstall aplikasi, kemudian install ulang aplikasi tersebut dan pastikan sudah pada versi terbaru.

2. Atur kata sandi yang baru

Tidak jarang, kendala akun tidak ditemukan karena data yang Anda input terdapat kesalahan atau typo. Oleh karena itu, pastikan kembali apakah nomor peserta dan password akun Anda sudah sesuai sebelum login pada akun JMO.

Seringkali, pengguna akun JMO tidak bisa login juga karena lupa dengan kata sandi akun tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya Anda coba untuk reset dan membuat password baru melalui fitur “Lupa Kata Sandi”.

Nantinya, Anda akan mendapatkan petunjuk tata cara melakukan reset password. Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang. Setidaknya 8 karakter yang sudah mencakup huruf kapital, huruf kecil, angka, dan karakter khusus.

3. Coba ganti koneksi internet

Jika koneksi internet yang Anda gunakan kurang stabil. Anda juga bisa saja gagal login ke aplikasi JMO tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mengganti koneksi internet yang digunakan sehingga kendala dapat diatasi.

Apabila menggunakan koneksi seluler, maka cobalah untuk ganti dengan jaringan WiFi. Begitu pula sebaliknya, Anda dapat mengganti ke koneksi seluler jika terkendala mengakses JMO menggunakan jaringan WiFi.

4. Akses secara berkala

Tidak jarang, kendala akun yang tidak ditemukan juga dapat terjadi karena adanya maintenance. Untuk itu, menunggu proses perbaikan tersebut bisa menjadi salah satu cara mengatasi akun JMO tidak dapat ditemukan.

Jika error tersebut terjadi karena pemeliharaan sistem, maka yang dapat Anda lakukan adalah menunggu secara berkala. Umumnya, perbaikan akan dapat diatasi pihak teknisi pengembang aplikasi dalam 1-2 hari kerja.

5. Hubungi pihak customer service

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yakni dengan menghubungi pihak customer service BPJS Ketenagakerjaan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari menghubungi sosial media Instagram, email, atau telepon.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan penjelasan dan solusi lebih mendalam terhadap kendala akun yang Anda alami tersebut.

Itulah beberapa penyebab akun JMO tidak ditemukan dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi penting untuk setiap kendala login JMO. Nah, selamat mencoba!

Leave a Comment