Apa Itu Shopee Meter dan Keuntungan Mengaktifkannya

Apa Itu Shopee Meter – Ternyata tak semua pengguna aplikasi belanja online Shopee tahu bahwa kini sudah ada layanan atau fitur terbaru yang diberi nama Shopee Meter. Apa Itu Shopee Meter? Apa kegunaannya dan bagaimana cara untuk mengaktifkannya? Semua itu akan di ulas dalam artikel berikut.

Mengenai Fitur Shopee Meter

Fitur Shopee Meter adalah sebuah layanan yang dimiliki aplikasi belanja online Shopee yang digunakan untuk menilai perihal kelayakan kredit yang dimiliki oleh pengguna Shopee berdasarkan aktivitas dan riwayat pembelanjaan yang dilakukannya di Shopee.

Hasil penilaian kemudian akan tampil di laman aplikasi Shopee dan secara otomatis terbagi menjadi beberapa tahapan, level atau tingkatan skor Shopee Meter yang diperoleh penggunanya sesuai penilaian yang sudah dilakukan.

Cara Mengaktifkan Fitur Shopee Meter

Sedikit informasi bahwa layanan Shopee Meter ini merupakan sebuah layanan yang dimiliki dan dioperasionalkan oleh PT. Scoring Teknologi Indonesia yang hanya bisa diakses hanya dengan menggunakan aplikasi maupun situs website resmi dari Shopee. Fitur ini dirancang untuk bisa diaktifkan oleh seluruh pengguna Shopee baik untuk akun lama maupun baru.

Namun untuk bisa mengaktifkannya, terlebih dahulu pengguna Shopee harus memberikan persetujuan pada Persyaratan Layanan yang dimiliki Shopee Meter yang menjadi syarat layanan tambahan langsung dari Shopee. Maka jika Anda tak sepakat atau memberikan persetujuan pada Persyaratan Layanan dari Shopee Meter sebaiknya tidak mengakses fitur, mengaktifkannya atau menggunakan layanan Shopee Meter untuk tujuan apapun.

Setelah memahami Apa Itu Shopee Meter, pengguna juga harus memahami apa saja Syarat dan ketentuan untuk menggunakan Shopee Meter. Pastikan untuk memahami dan mengerti dengan baik semua syarat dan ketentuannya sehingga setelah mereka mengaktifkannya, tak ada dampak yang dirasa merugikan pengguna hanya karena ketidak tahuan tentang syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi semua pengguna Shopee yang mengaktifkan layanan Shopee Meter.

Fitur layanan Shopee Meter bisa diaktifkan jika pengguna sudah memiliki dan menggunakan minimal 1 buah produk kredit yang ditawarkan oleh aplikasi belanja online Shopee seperti fitur SPinjam atau SPayLater.

Setelah Anda berhasil mengaktifkan fitur Shopee Meter maka itu merupakan tanda bahwa Anda menyetujui tindakan Shopee untuk melakukan penilaian yang dilakukan setiap bulannya sesuai dengan aktivitas yang dilakukannya di akun Shopee. Sehingga seiring berjalannya waktu, skor Shopee Meter bisa berubah sesuai dengan penilaian yang diperoleh pada setiap bulannya.

Sistem Perhitungan Skor Kredit Shopee Meter

Sebelum Anda mulai mengaktifkan layanan Shopee Meter, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana sistem perhitungan skor kredit yang berlaku di Shopee Meter. Bahwa fitur atau layanan Shopee Meter akan dinilai untuk menentukan skor berdasarkan fitur SPayLater atau SPinjam apakah aktif atau tidak, serta memiliki keterlambatan pembayaran tagihan produk kredit yang dimiliki di Shopee.

Skor Shopee Meter sangat dipengaruhi oleh bagaimana aktivitas maupun perilaku pengguna Shopee sekaligus dengan menggunakan berbagai data serta informasi milik pengguna tersebut. Berikut ini adalah tabel skor Shopee Meter yang sudah dikelompokkan sesuai dengan levelnya.

Rentang SkorLevel
800-900Luar Biasa
700-799Sangat Baik
600-699Baik
500-599Cukup
400-499Kurang Baik

Awalnya skor Shopee Meter akan diberikan sesuai dengan penilaian yang dilakukan pada aktivitas pengguna di akun Shopee yang dimilikinya. Namun untuk berikutnya, pengguna memiliki kesempatan untuk meningkatkan skor Shopee Meter dengan cara menyelesaikan misi yang diberikan oleh Shopee yang sudah disesuaikan dengan kebijakan dan ketentuan yang berlaku di dalamnya.

Keuntungan Mengaktifkan Fitur Shopee Meter

Prinsip yang berlaku di Shopee Meter adalah semakin tinggi skor yang pengguna miliki, maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Masih banyak pengguna Shopee yang belum tahu tentang Apa Itu Shopee Meter sehingga juga belum mengetahui apa saja keuntungan untuk mengaktifkannya. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda mengaktifkan fitur Shopee Meter, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Limit pinjaman atau kredit yang bertambah

Baik dalam fitur SPinjam maupun SPayLater terdapat limit atau batas kredit yang dimiliki penggunanya. Limit atau batas kredit tersebut memiliki fungsi untuk membatasi jumlah kredit yang dimiliki pengguna yang mana sudah disesuaikan dengan aktivitas finansial pengguna. Dengan mengaktifkan Shopee Meter maka pengguna bisa mendapatkan limit kredit atau pinjaman yang lebih tinggi tanpa harus melakukan pembelanjaan sekalipun.

Umumnya pengguna SPinjam atau SPayLater yang ingin mendapatkan tambahan limit kreditnya harus melakukan pembelanjaan terlebih dahulu atau memiliki riwayat pembayaran yang baik di layanan kredit Shopee. Namun dengan mengaktifkan Shopee Meter secara otomatis pengguna akan mendapatkan limit kredit yang menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

2. Pengembalian dana yang lebih cepat

Saat berbelanja di aplikasi Shopee akan ada layanan pengembalian dana terutama jika Anda melakukan pembatalan rincian belanja. Pengembalian dana biasanya membutuhkan waktu karena harus disetujui terlebih dahulu oleh pihak penjual, kemudian baru diverifikasi oleh pihak Shopee baru kemudian diproses untuk mendapatkan pengembalian dana.

Dengan mengaktifkan Shopee Meter maka Anda akan mendapatkan layanan pengembalian dana dengan proses yang lebih cepat sekaligus memiliki kesempatan untuk menikmati limit dan kuota dengan jumlah dua kali lipat.

3. Memudahkan proses pengajuan kartu kredit

Keuntungan untuk mengaktifkan Shopee Meter yang berikutnya adalah untuk mendapatkan kemudahan dalam proses pengajuan kartu kredit. Seperti misalnya jika Anda ingin mengajukan pengaktifan SPayLater akan dipermudah dan dipercepat prosesnya sebagaimana layanan yang diberikan oleh PT. Commerce Finance atau mengaktifkan fitur SPinjam yang difasilitasi oleh PT. Lentera Dana Nusantara.

4. Fasilitas voucher kredit

Kemudian keuntungan yang terakhir adalah adanya fasilitas voucher kredit yang bisa digunakan ketika Anda mengakses aplikasi, situs website atau platform Shopee. Besaran voucher kredit yang bisa diperoleh setiap pengguna bisa berbeda namun menurut beberapa pengalaman pengguna, bisa mendapatkan voucher kredit hingga jumlah maksimal 50 ribu rupiah untuk satu orang pengguna Shopee.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dan dinikmati oleh para pengguna aplikasi Shopee yang mengaktifkan fitur Shopee Meter. Namun penting untuk diketahui bahwa keuntungan yang disebutkan di atas bisa berbeda pelaksanaannya karena disesuaikan dengan jumlah skor yang diperoleh setiap pengguna.

Jika Anda penasaran dengan skor yang dimiliki di fitur Shopee Meter tentu cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu. Bagaimana jika fitur Shopee Meter tak terlihat di aplikasi Shopee milik Anda? Terkadang beberapa pengguna mendapatkan kondisi dimana fitur Shopee Meter tak tersedia di aplikasi Shopee yang diinstalnya.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan menginstal ulang aplikasi Shopee untuk memperbaruinya atau jika masih terdapat kendala bisa langsung menghubungi pusat bantuan Shopee untuk mengajukan keluhan. Kemudian akan ada beberapa instruksi yang diberikan untuk mengatasi kendala atau permasalahan terkait fitur Shopee Meter.

Sekian penjelasan singkat tentang Apa Itu Shopee Meter dari kami, syarat dan ketentuan untuk mengaktifkannya serta apa saja keuntungan jika mengaktifkan fitur tersebut. Penasaran dengan skor yang Anda miliki? Yuk aktifkan Shopee Meter sekarang juga.

Leave a Comment