Cara Download Dan Menggunakan Aplikasi BPJS Kesehatan Terbaru 2022

Butonrayanews.co.id – Pemerintah terus berupaya memperbaiki layanan kesehatan yang diberikan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pengembangan di berbagai pelayanannya pun tak lupa dilakukan. Salah satu bukti adanya pengembangan tersebut, yakni aplikasi BPJS Kesehatan.

Dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat bisa menjalankan sejumlah aktivitas yang awalnya harus melalui kantor BPJS, jadi tidak perlu repot datang lagi ke kantor tersebut.

Adanya aplikasi ini, tentu saja akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh akses layanan kesehatan yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Setiap proses di BPJS Kesehatan, sebagian sudah bisa dilakukan lewat aplikasi.

Misalnya saja, kalau untuk cek status pembayaran harus datang ke kantor BPJS, kini setiap masyarakat sudah tidak perlu melakukannya lagi ke kantor BPJS. Begitu juga dengan melakukan pembayaran serta akses ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selain dapat mengakses JKN, setiap penggunanya pun bisa juga mengakses Kartu Indonesia Sehat (KIS) dengan lebih mudah. Dengan ini mungkin dapat dikatakan kalau aplikasi BPJS Kesehatan, sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai aplikasi satu ini, baiknya langsung cek pada penjelasan berikut ini. Nantinya, kamu bisa tahu fitur-fitur apa saja yang ada di dalamnya lengkap dengan cara untuk mendaftar.

Apa Itu Aplikasi BPJS Kesehatan?

Aplikasi BPJS Kesehatan

Bagi yang belum mengetahuinya, aplikasi BPJS Kesehatan merupakan suatu program yang dikembangkan dan dikelola oleh Kemenkes RI. Nama dari aplikasi tersebut, yakni Mobile JKN.

Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dapat merasakan berbagai kemudahan dalam hal akses kesehatan. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan kenyamanan bagi setiap peserta BPJS Kesehatan yang sekaligus jadi peserta JKN-KIS.

Baca Juga :   Download LuluBox Apk Mod Terbaru 2022 ( FF ML & 8 Ball Pool )

Pada aplikasi ini, ada banyak informasi yang bisa didapatkan. Misalnya saja, mengenai program yang kini disediakan oleh BPJS. Belum cukup informasi mengenai program BPJS saja, kamu pun bisa mengubah data peserta sekaligus cek iuran yang dilakukan.

Selain itu, bagi para peserta BPJS dan JKN-KIS, kini sudah tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Tentu karena adanya aplikasi ini, ada sejumlah aktivitas yang sudah dapat dilakukan sendiri melalui aplikasi.

Apalagi, aplikasi BPJS Kesehatan ini, memiliki cukup banyak fitur yang bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh setiap penggunanya. Nah, jika kamu ingin mengenal lebih jauh mengenai fitur-fiturnya, bisa langsung cek bagian selanjutnya.

Apa Saja Fitur-fitur Aplikasi BPJS Kesehatan?

Ada alasan mengapa banyak orang ingin mengetahui dan mencari lebih lanjut informasi tentang aplikasi BPJS kesehatan. Salah satu yang mereka pertimbangkan, adalah dari segi fitur yang bisa digunakan.

Bisa dikatakan, fitur-fitur yang disediakan dalam Mobile JKN ini, memang sangat lengkap. Jika ingin mengetahui penjelasan mengenai setiap fiturnya, cek penjelasan berikut ini:

1. Info JKN

Fitur yang cukup banyak dimanfaatkan pada aplikasi BPJS Kesehatan, adalah Info JKN. Fitur ini, memungkinkan setiap pengguna mendapatkan informasi lengkap mengenai bagaimana cara penggunaan serta berbagai hal dalam aplikasi.

Dalam fitur ini, pengguna bisa tahu informasi seperti pendaftaran BPJS, fasilitas yang diberikan, sanksi jika telat membayar atau melanggar aturan, hak, serta kewajiban apa saja yang dibebankan pada peserta BPJS.

Tak hanya itu saja. Pada Info JKN, kamu pun bisa mendapatkan informasi tentang manfaat yang dapat diberikan pada setiap anggota BPJS.

2. Peserta

Ada juga fitur Peserta yang dapat digunakan untuk melihat berbagai informasi tentang kepesertaan. Misalnya saja, informasi terkait nama, tanggal lahir, nomor BPJS, kelas BPJS, serta lokasi fasilitas kesehatan yang terdekat.

Baca Juga :   Ymusic Apk Mod Online Tanpa Iklan Untuk iOS Dan Android Terbaru 2022

Dari fitur ini, kamu juga dapat melakukan pengecekan terhadap keluarga yang juga ikut terdaftar sebagai salah satu peserta BPJS. Jadi, informasi yang bisa didapatkan dari fitur ini, juga cukup lengkap.

3. Kartu Peserta

Tentu saja, dalam aplikasi BPJS Kesehatan, juga terdapat informasi mengenai kartu peserta. Fitur ini, nantinya akan menunjukkan informasi lengkap tentang kartu peserta milikmu.

Fitur kartu peserta, tentu saja sangat bermanfaat apabila suatu waktu, kamu ingin dapat layanan kesehatan tapi lupa untuk membawa kartu BPJS yang dicetak secara fisik.

4. Pengubahan Data Peserta

Salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi setiap peserta BPJS adalah pengubahan data peserta. Dengan adanya fitur ini, setiap peserta dapat mengubah data yang sebelumnya sudah ada sesuai dengan keinginan.

Adapun data yang dapat diubah seperti nomor telepon, fasilitas kesehatan, email, informasi lengkap tentang alamat, pindah fasilitas kesehatan, dan lain sebagainya.

5. Pendaftaran

Nah, bagi siapa saja yang ingin mendaftar sebagai salah satu peserta BPJS Kesehatan, kamu dapat memanfaatkan aplikasi BPJS Kesehatan ini untuk mendaftar jadi salah satunya.

Nantinya, kamu hanya perlu memasukkan nomor KTP bagi yang memang ingin mendaftar. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan informasi langsung yang dikirim lewat alamat email.

Kalau ingin menggunakan layanan ini, pastikan untuk melakukan aktivasi melalui link yang telah dikirimkan ke email yang kamu daftarkan. Kalau sudah terdaftar sebagai salah satu peserta BPJS, kamu bisa memasukkan nomor JKN juga password.

Dengan begitu, kini kamu sudah bisa login ke dalam aplikasi Mobile JKN yang mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat satu ini.

6. Premi

Ada juga fitur Premi yang dapat kamu manfaatkan dalam aplikasi ini. Fitur Premi, akan memudahkanmu ketika ingin melihat status tagihan atas iuran dari BPJS Kesehatan. Nantinya, kamu bisa tahu berapa nominal yang harus dibayarkan.

Baca Juga :   Download Joy Joy ( Jojoy ) Apk Mod Live Streaming Terbaru 2022

Pembayaran yang harus kamu lakukan, bisa dilakukan oleh PBPU dan juga anggota keluarga secara langsung.

7. Catatan Pembayaran

Masih ada juga fitur Catatan Pembayaran. Fitur ini, tentu saja dapat digunakan untuk melihat informasi mengenai pembayaran yang telah dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa tahu track pembayaran hanya dengan menggunakan ponsel saja.

Cara Download dan Menggunakan Aplikasi BPJS Kesehatan

Jika ingin mendownloadnya, sebenarnya kamu hanya perlu mengunjungi Google Play Store ataupun App Store. Setelah itu, ketikkan saja Mobile JKN pada kolom pencarian. Nantinya, hasilnya akan muncul.

Setelah ada aplikasi yang muncul, pilih Mobile JKN yang ada di pilihan paling atas. Download aplikasi tersebut, baru bisa kamu gunakan setelah selesai mendownloadnya. Kalau belum tahu cara pakainya, silakan simak uraian berikut:

1. Bagi Pengguna yang Baru Mendaftar

  1. Buka aplikasi Mobile JKN.
  2. Klik Daftar.
  3. Klik Pendaftaran Peserta Baru.
  4. Pilih Saya Setuju.
  5. Masukkan e-KTP.
  6. Klik Selanjutnya.
  7. Klik Selanjutnya lagi.
  8. Isilah data diri sesuai yang diminta.
  9. Pilih fasilitas kesehatan pertama.
  10. Masukkan email dan nomor telepon.
  11. Pilih Simpan.
  12. Masukkan nomor verifikasi ke aplikasi.
  13. Setelah dapat nomor Virtual Account, selesaikan pembayaran lewat nomor tersebut.
  14. Jika selesai membayar, seluruh fitur yang ada bebas digunakan.

2. Bagi Pengguna Lama

  1. Install Mobile JKN.
  2. Klik Aktivasi Akun.
  3. Masukkan data lengkap sesuai yang diminta.
  4. Buka email untuk cek kode verifikasi.
  5. Salin kode dan tempelkan kode di kolom verifikasi.
  6. Klik Verify.
  7. Selesai dan kamu sudah bisa login.

Penutup

Sejumlah informasi mengenai aplikasi BPJS Kesehatan di atas, mungkin sudah cukup untuk kamu ketahui. Silakan langsung download aplikasinya jika ingin mendapatkan akses kesehatan dengan mudah.

error: Content is protected !!