Cara Cek NISN dengan Nama Secara Online di Kemdikbud 2022

Butonrayanews.co.id – Segala kemudahan bisa kalian dapatkan dengan kemajuan teknologi terkini yang semakin maju. Seperti cara cek NISN dengan nama bisa kalian lakukan dengan mudah, pengecekan ini bisa dilakukan secara online.

NISN yang menjadi salah satu syarat dalam penerimaan siswa pendidikan baru. Bagi kalian para siswa yang ingin melanjutkan ketahap jenjang pendidikan berikutnya sangat memerlukan NISN tersebut. Dengan mengetahui NISN kalian dapat mendaftar ke sekolah yang kalian inginkan.

Bahkan nomor ini dibutuhkan diberbagai program pendidikan mulai dari ujian Nasional hingga Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN). NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Kemendikbudristek.

Nomor tersebut dapat menjadi pembeda antara siswa satu dengan siswa lainnya diseluruh indonesia dan seluruh sekolah indonesia diluar negeri. Lalu bagaimana cara cek NISN hanya menggunakan nama saja ? Untuk itu silahkan kalian simak ulasan lebih lanjut dalam pembahasn kali ini.

Apa Itu NISN ?

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan identitas siswa/i yang berlaku sepanjang masa atau permanen. Setiap siswa/i memiliki tanda pengenal atau identitas yang bersifat unik karena dapat membedakan dengan siswa lainnya di seluruh indonesia. Jadi tidak akan ada kemiripan nomor tersebut antara siswa satu dan lainnya.

Pengelola NISN adalah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang memberikan pelayanan sistem NISN secara nasional. NISN sendiri diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah disatuan pendidikan yang terdaftar di Kemendikbudristek.

Baca Juga :   7 Cara Screenshot di Laptop Windows 7, 8, & 10 Dengan Mudah

Nomor ini sangat penting untuk diketahui oleh setiap peserta didik, oleh karena itu para siswa/i wajib menyimpan nomor tersebut. Jika hilang kalian bisa melakukan pengecekan pada halaman website resmi Kemdikbud. Untuk cara pengecekan nomor induk siswa nasional kalian bisa simak ulasan berikutnya.

Manfaat NISN

Selain sebagai pembeda antar siswa satu dengan siswa lainnya diseluruh indonesia. NISN juga memiliki banyak manfaat untuk keperluan siswa seperti mengetehui nomor identitas siswa, keperluan pendaftaran peserta didik baru dan lainnya. Untuk itu kalian harus mengetahui manfaat dari NISN sebagai berikut ini :

  • Mengindentifikasi setiap individu siswa ( peserta didik ) di seluruh sekolah se-indonesia secara standart, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan. Statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah. Contohnya Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Sekolah, PIP, SNMPTN.
  • Sebagai pusat pelayanan sistem nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kendikbud, Dinas kependidikan daerah hingga sekolah. Layanan ini bersifat standar, terpadu dan akuntable berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

Cara Cek NISN dengan Nama

Jika kalian kehilangan NISN atau lupa kalian bisa melakukan pengecekan melalui halaman website resminya. Berikut ini langkah-langkah pengecekan NISN menggunakan nama :

  • Buka Laman NISN

Buka laman NISN dengan mengakses URL https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Gunakan laptop atau PC untuk memudahkan proses pencarian.

  • Pilih Menu Pencarian Berdasarkan Nama

Pada menu awal kalian pilih pencarian berdasarkan nama.

  • Isi Data

Untuk bisa melihat NISN, masukan data diri yang meliputi data siswa, tempat tanggal lahir, serta nama ibu. Pastikan data yang sudah kalian masukan benar dan sudah sesuai.

  • Klik Tombol Cari
Baca Juga :   Cara Mengirim Folder Lewat Email Dengan Mudah dan Praktis 2022

Selanjutnya silahkan klik tombol cari untuk melakukan pencarian NISN. Nantinya, NISN kalian akan ditampilkan pada halaman layar.

Setelah melakukan cara diatas selanjutnya kalian mencatat nomor NISN kalian dan simpan dengan baik dan benar.

Cara Cek NISN Online

Cara berikutnya yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui NISN milik kalian, bisa melakukanya secara online. Dengan pengecekan secara online kalian bisa melakukanya kapan saja dan dimana saja. Bagi kalian yang masih belum tahu cara mengecek NISN secara online simak langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka halaman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  2. Masukan nama lengkap siswa
  3. Masukan data tempat dan tanggal lahir
  4. Ketik nama ibu kandung siswa
  5. Centang bagian Captcha
  6. Klik cari data
  7. Jika data sudah benar, maka data NISN akan keluar

Itulah cara pengecekan NISN secara online, semoga dapat memantu.

Cara Cek NISN dengan Cepat

Cara yang bisa kalian lakukan berikutnya untuk mengetahui NISN. Jika kalian sudah melakukan pengecekan dengan dua cara diatas namun masih belum menemukan data NISN kalian. Coba cara pengecekan NISN melalui langkah-langkah sebagai berikut :

  • Silahkan berkunjung ke kantor pusat di alamat Gedung Clantai 1 komplek Kemdikbud Senayan, Jakarta 10270. Untuk berbicara langsung mengenai data NISN tersebut.
  • Kalian juga bisa menghubungi call center dengan nomor telp, 117, Telp : (021) 5703303 Fax : 5733125, SMS : 0811976929
  • Atau kalian bisa menghubungi melalui email pengaduan@kemdikbud.go.id

Cara Cek NISN dan Memperbaiki Data yang Tidak Sesuai

Terkadang karena satu lain hal kalian tidak dapat menemukan identitas NISN kalian karena terjadinya kesalahan informasi yang ditulis dilaman Kemdikbud. Misalnya melakukan kesalahan dalam penulisan nama lengkap atau tanggal lahir siswa yang tidak sesuai dengan kelahiran. Jika siswa mengalami hal tersebut kalian tidak perlu khawatir karena dapat diperbaiki.

Baca Juga :   Cara Cek Penerima Bansos PKH Agustus 2022, Cari Rp 600 Ribu

Lalu bagaimana cara memperbaiki data NISN yang tidak sesuai informasi, lihat langkahnya dibawah ini :

  • Siapkan persyaratan yang diperlukan untuk diupload berkasnya, yakni scan ijazah siswa jenjang sebelumnya dan scan akan kelahiran siswa
  • Login pada halaman NISN menggunakan username dan password seperti baisa
  • Klik bagian menu edit data > pengajuan > nama dan tanggal lahir
  • Pilih bagian “siswa” dan klik “ok”. Kemudian pilih dan klik nama siswa yang akan diganti datanya dan klik “ok”
  • Selanjutnya akan muncul tampilan perubahan data yang dikehendaki
  • Isi data sesuai dengan perubahan yang diajukan. Upload berkas yang diperlukan (akta/ijazah.jpg)
  • Berikutnya akan muncul hasil perubahan. Teliti kembali apakah sudah sesuai jika sudah klik tombol “pengajuan perubahan”
  • Data NISN suadah berhasil diperbaharui. Untuk melihat laporan apakah sudah ditangani bisa dicek dibagian “status”

Akhir Kata

Itulah cara mengecek NISN siswa dengan mudah dan cepat yang bisa kalian lakukan kapan saja. Jika kalian ingin melakukan perubahan data karena tidak sesuai maka kalian bisa melakukanya dengan cara yang sudah dijelaskan diatas. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan terima kasih telah mendukung halaman kami.