3 Cara Cek Sertifikat Vaksin Secara Online Dengan Mudah Tanpa Ribet

Butonrayanews.co.id – Setiap orang yang telah selesai melakukan vaksinasi, bisa langsung mengecek sertifikatnya melalui sejumlah cara. Bagi yang belum tahu mengenai cara cek sertifikat vaksin, baiknya simak penjelasan yang ada dalam artikel ini.

Nantinya, kamu akan mendapatkan sejumlah metode yang biasanya memang digunakan untuk cek sertifikat vaksin. Pengecekans sertifikat yang kamu lakukan, dapat memberimu sejumlah keuntungan.

Misalnya saja, dengan sudah diceknya sertifikat vaksin, kamu dapat secara bebas pergi ke fasilitas publik tanpa perlu khawatir ketika ada pengecekan sertifikat vaksin. Sudah jadi pengetahuan bersama kalau syarat akses fasilitas umum, yakni sertifikat vaksin.

Maka dari itu, sangat penting bagi siapapun engetahui bagaimana cara cek sertifikat vaksin. Selain tahu cara untuk mengeceknya, dari artikel ini, kamu juga bisa dapat informasi lengkap tentang cara untuk mendownloadnya.

Dengan adanya artikel ini, mungkin masalahmu bisa sedikit terbantu. Apalagi dengan kabar bahwa seringkali terdapat masalah dan kendala yang membuat sertifikat vaksin tidak dapat ditampilkan dan tidak bisa didownload.

Simak secara lengkap cara cek sertifikat vaksin dan cara mengatasi masalah tersebut dalam artikel ini, ya.

Apa Itu Sertifikat Vaksin?

Apa Itu Sertifikat Vaksin?

Sebelum mengetahui lebih lengkap tentang cara cek sertifikat vaksin, baiknya ketahui dulu mengenai sertifikat vaksin. Mungkin sebagian orang sudah tahu, namun sebagian lainnya, masih belum tentu.

Jadi, sertifikat vaksin itu, merupakan tanda bawa seseorang atau pihak tertentu, selesai atau telah melalui seluruh tahap vaksinasi yang disarankan oleh pemerintah. Setiap kali selesai melalui tahap vaksinasi, kamu bisa cek langsung sertifikat vaksinnya.

Baca Juga :   SnapTik App : Cara Unduh Video Dan Lagu MP3 Tiktok Tanpa Watermark

Meskipun baru pertama kali melakukan vaksinasi, kamu sudah bisa melihat isi sertifikat tersebut. Begitu juga dengan vaksin dosis selanjutnya hingga vaksin booster. Kamu dapat melihat informasi mengenainya pada sertifikat yang diberikan.

Nantinya, akan ada sejumlah hal yang ditampilkan pada sertifikat tersebut. Misalnya saja kamu bisa mendapatkan data seperti nama, jenis vaksin sampai informasi lengkap mengenai tanggal dan di mana melakukan vaksinasi.

Setelah selesai mengeceknya, kamu bisa memperoleh data digital. Tak hanya digital, kamu pun dapat mencetaknya sendiri jika memang menginginkannya. Nantinya, data tersebut berisi NIK, ID Sertifikat, tanggal lahir, dan juga keterangan selesai vaksinasi.

Belum cukup di situ, masih ada yang lainnya. Misalnya saja, kamu juga bisa melihat QR Code serta berbagai lambang instansi negara. Sertifikat tersebut, berperan penting apalagi bagi kamu yang sering jalan-jalan dan pakai fasilitas umum.

Fungsi Sertifikat Vaksin

Saat kamu telah memiliki vaksin dan sudah punya sertifikat, tentu saja ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungan tersebut, berasal dari fungsi utama dari adanya sertifikat vaksin itu sendiri.

Selain untuk cukup bebas mengakses fasilitas umum, ada juga sejumlah fungsi lainnya seperti:

1. Syarat Menggunakan Transportasi Umum

Fungsi pertama dari sertifikat vaksin yang kamu miliki, yakni sebagai syarat untuk menggunakan transportasi umum. Sebelum adanya pandemi, orang-orang memang bebas untuk menggunakan berbagai macam transportasi umum.

Namun dengan adanya pandemi, pembatasan dalam skala besar diberlakukan. Salah satunya termasuk mewajibkan setiap orang yang ingin menggunakan transportasi umum, sudah memiliki sertifikat vaksin.

Kalau memang ingin bepergian, maka kamu wajib cek sertifikat vaksin dan menunjukkannya ke pihak yang punya kewenangan untuk melakukan pengecekan. Tanpa adanya sertifikat vaksin, tentu kamu tidak dapat menggunakannya.

2. Syarat Mengakses Area Publik

Selain sebagai syarat untuk menggunakan transportasi umum, sertifikat vaksin juga dibutuhkan sebagai syarat utama masuk ke area publik. Sertifikat tersebut, sangat dibutuhkan jika kamu ingin masuk ke taman, mall, tempat wisata, restoran, dan lainnya.

Baca Juga :   8 Cara Download Video Facebook Di HP Dengan Dan Tanpa Aplikasi

Mungkin, di sejumlah kota, ada yang tidak menerapkan peraturan tersebut. Tapi, di kota-kota besar, setiap orang memang diwajibkan memiliki sertifikat vaksin jika memang ingin mengakses area publik.

Tanpa adanya sertifikat tersebut, maka siapapun dan dari kalangan manapun, tetap tidak akan diperbolehkan masuk karena sertifikat vaksin, merupakan syarat utama yang harus dipenuhi.

3. Mengikuti Kegiatan

Kegunaan lain dari sertifikat vaksin, yakni sebagai syarat untuk mengikuti berbagai  kegiatan seperti nonton konser, nonton sepak bola, dan berbagai acara ataupun kegiatan sejenis lainnya.

Jika tidak memiliki sertifikat tersebut, maka apapun alasannya, tetap tidak dapat dibenarkan dan memang wajib memiliki sertifikat vaksin. Tanpa sertifikat tersebut, tentu kegiatanmu jadi sangat terbatas.

Kamu tidak bisa pergi ke manapun hanya gara-gara belum melakukan tahap vaksinasi secara lengkap sesuai dengan yang dianjurkan. Jadi, silakan selesaikan tahapan vaksin dan dapatkan sertifikatnya untuk bisa bebas ke mana-mana.

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Sebenarnya, terdapat berbagai cara cek sertifikat vaksin yang bisa kamu lakukan. Setiap cara yang harus kamu lakukan juga tergolong mudah. Mungkin hanya butuh waktu beberapa menit saja hingga sertifikat vaksin berhasil dicek.

Jika penasaran dengan caranya, silakan simak penjelasan berikut ini, ya:

1. Cara Cek Sertifikat Vaksin Menggunakan Aplikasi

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk cek vaksin, bisa dengan menggunakan aplikasi. Pemerintah memang telah memberikan berbagai kemudahan termasuk salah satunya cara cek sertifikat vaksin.

Kamu bisa langsung mengecek sertifikat vaksin menggunakan aplikasi. Nama aplikasi yang harus digunakan adalah PeduliLindungi. Cara ini, merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Selain karena alasan kemudahan, tentu saja karena prosesnya yang sangat praktis dan dapat dilakukan dalam waktu cepat. Jika belum tahu caranya, silakan ikuti langkah berikut ini:

  1. Download atau install aplikasi PeduliLindungi lebih dulu.
  2. Kemudian, buka aplikasinya.
  3. Jika selesai, kamu bisa mengetikkan nomor telepon yang telah didaftarkan saat vaksinasi.
  4. Nantinya, kamu bisa dapat kode OTP dengan jumlah 6 digit yang nantinya dikirim lewat SMS.
  5. Kemudian, kamu harus mengetikkan kode tersebut jika ingin melakukan verifikasi.
  6. Kalau selesai, kamu bisa login ke dalam aplikasi PeduliLindungi.
  7. Di halaman utama, pilih Sertifikat Vaksin.
  8. Klik Nama.
  9. Kalau selesai, maka sertifikat vaksin yang kamu miliki akan ditampilkan.
Baca Juga :   3 Cara Tukar Poin Tri Dengan Kuota Data Atau Menjadi Pulsa 2022

Dengan aplikasi Peduli Lindungi, kamu juga bisa mengunduh sertifikat vaksin yang telah dilihat. Di bawah sertifikat tersebut, memang terdapat opsi untuk mendownload sertifikat vaksin.

2. Melalui SMS ke Nomor 1199

Selain menggunakan aplikasi, cara cek sertifikat vaksin lainnya bisa dengan SMS ke nomor 1199. Caranya juga mudah. Kamu hanya perlu melakukan sejumlah langkah berikut ini:

  1. Setelah kamu melakukan vaksinasi, biasanya nomor yang didaftarkan, akan mendapatkan SMS dari 1199.
  2. Dari SMS tersebut, kamu bisa tahu informasi tentang kapan melakukan vaksinasi selanjutnya juga tautan sertifikat vaksin yang dimiliki.
  3. Cek sertifikat vaksin dengan cara klik tautan yang diberikan.
  4. Kamu akan diarahkan ke website PeduliLindungi dan bisa cek sertifikat vaksin dari sana.

3. Lewat ChatBot WhatsApp Kemenkes

Selain itu, kamu juga bisa pakai chat bot yang sudah disediakan kemenkes. Caranya juga mudah, cukup pakai cara ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Simpan nomor Chatbot WhatsApp Kemenkes RI yakni 081110500567
  3. Masukan nomor telepon yang sudah terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi.
  4. Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan ke SMS.
  5. Ketuk Download Sertifikat.
  6. Masukkan nama dan NIK yang terdaftar.
  7. Pilih sertifikat vaksin yang akan diunduh.

Penutup

Itulah cara cek sertifikat vaksin yang dapat kamu lakukan. Pilihlah cara yang manapun, semuanya sama-sama mudah dilakukan. Semoga membantu.