Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 Dapat Uang 600 Ribu

Butonrayanews.co.id – Pemerintah berupaya penuh untuk mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan, yakni dengan mengadakan program Prakerja. Tapi, masih banyak yang kebingungan dengan cara daftar kartu Prakerja.

Padahal, cara yang perlu dilakukan juga sangat mudah. Bahkan tidak butuh waktu berjam-jam hingga proses pendaftaran selesai dilakukan. Tanpa tahu caranya, tentu kartu Prakerja tidak bisa didapatkan.

Hal ini tentu saja menjadi penghambat program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan juga unskilled person padahal berada dalam usia produktifnya. Maka dari itu, sangat penting mengetahui cara daftar kartu Prakerja.

Nantinya, setiap orang yang sudah berhasil terdaftar, akan mendapatkan kartu Prakerja. Kartu tersebut, dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan dengan nilai Rp 3,55 juta. Bantuan ini, dapat digunakan untuk mendaftar kelas online pada beberapa platform.

Pendaftaran ke kelas online, dimaksudkan agar setiap pemilik kartu Prakerja, bisa punya kemampuan atau skill yang mumpuni. Dengan begitu, daya tawar  dirinya dalam persaingan dunia kerja, bisa lebih besar.

Jika punya skill yang mumpuni, maka bukan tidak mungkin kalau penerima kartu Prakerja,bisa langsung memiiki pekerjaan yang selama ini diidamkannya. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai kartu Prakerja, cek uraian berikut, ya.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Apa Itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja, merupakan suatu program yang telah dilaksanakan pemerintah Indonesia sejak tahun 2011 dalam rangka membantu banyak orang meningkatkan kemampuan dirinya agar dapat bersaing dalam dunia kerja.

Pihak yang disasar oleh pemerintah dalam program Prakerja ini, tentu siapa saja yang kini, masih berada dalam usia produktif namun masih belum memiliki pekerjaan atau mata pencaharian.

Baca Juga :   SssTiktok Download Sound MP3 & Video Tiktok Tanpa Watermark 2022

Kartu Prakerja, diadakan dengan maksud agar orang-orang yang berada dalam usia produktif tersebut, dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilannya jadi lebih baik lagi. Bahkan bisa juga agar mendapatkan keterampilan baru.

Seperti yang telah kamu ketahui, penyerapan tenaga kerja yang ada di Indonesia, jauh lebih rendah dibandingkan jumlah angkatan kerja yang semakin tahun semakin besar. Angkatan kerja, merupakan orang yang menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

Selain itu, orang yang juga selesai kuliah masih termasuk dalam angkatan kerja. Program ini, tentu dilakukan demi memanfaatkan bonus demografi yang terjadi, yang mana usia produktif lebih banyak dari usia non-produktif.

Jika berhasil, maka Indonesia bisa mendapatkan momen krusial tersebut untuk memajukan negara jadi lebih baik lagi. Jika tidak, maka bonus demografi hanya akan menjadi bumerang di suatu hari nanti ketika usia produktif sudah jadi non-produktif.

Demi memanfaatkan momen tersebut, pemerintah telah mengalokasikan anggaran negara yang cukup besar. Pada tahun 2020, pemerintah telah menganggarkan 1 triliun rupiah agar program berjalan lancar.

Sedangkan pada tahun 2021, anggaran yang disiapkan yakni Rp 20 triliun. Dan sepertinya, anggaran Prakerja setiap tahun, akan semakin bertambah besar. Nantinya, anggaran tersebut akan dijadikan bantuan Rp 3,55 juta per orang.

Rincian Bantuan Kartu Prakerja

Nantinya, setiap orang yang terdaftar sebagai penerima bantuan prakerja, akan dapat Rp 3,55 juta. Nah, total uang tersebut, dibagi jadi tiga kategori: biaya pelatihan, insentif pasca-pelatihan, juga insentif survey. Rincian biayanya yakni:

  • Biaya pelatihan: Rp 1.000.000
  • Insentif pasca-pelatihan: Rp 2.400.000
  • Insentif survey: Rp 150.000

Total bantuan yang ada, akan dibagikan selama empat bulan atau selama masa pelatihan. Bagi siapapun yang ingin mendapatkannya, maka kamu wajib mengetahui cara daftar kartu Prakerja lebih dulu.

Baca Juga :   3 Cara Cek Sertifikat Vaksin Secara Online Dengan Mudah Tanpa Ribet

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Namun sebelum mengetahui bagaimana cara daftar kartu Prakerja, kamu harus mengetahui lebih dulu apa saja syarat yang harus dipenuhi. Setiap pendaftar, memang harus memenuhi beberapa syarat ini dulu:

  • Pertama, sudah pasti syarat utama untuk mendaftar Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Sudah punya KTP dan sudah berusia minimal 18 tahun.
  • Sedang tidak mengikuti pendidikan formal.
  • Masih berada dalam usia produktif dan atau masih menjadi seseorang yang sedang mencari kerja.
  • Merupakan korban PHK.
  • Wirausaha.
  • Bukan merupakan anggota DPR/DPRD.
  • Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN).
  • Bukan anggota TNI/Polri.
  • Bukan aparat serta perangkat desa.
  • Bukan pejabat BUMN dan BUMD.
  • Sedang tidak dalam masa menerima bantuan dari pemerintah lainnya seperti BLT, BPUM, dan bantuan yang lain.
  • Dalam satu Kartu Keluarga (KK), hanya dua Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang boleh didaftarkan.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Nah, bagi kamu yang sedari tadi sudah penasaran dengan bagaimana cara daftar kartu Prakerja, pada bagian ini kamu bisa mendapatkannya. Di sini, sudah disediakan langkah dan tahap yang lengkap hingga berhasil mendaftar kartu Prakerja.

Bagi yang penasaran dengan langkah-langkahnya, langsung simak uraian berikut ini, ya:

1. Membuat Akun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan membuat akun lebih dulu. Sebelum daftar kartu Prakerja, kamu harus mendaftarkan diri melalui website resmi yang telah disediakan.

Bagi kamu yang mungkin belum mengerti sama sekali, pada tahap pembuatan akun, kamu harus melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka laman resmi prakerja.go.id
  2. Setelah itu, klik Daftar.
  3. Masukkan data atau informasi tentang nama lengkap, email, dan juga password yang digunakan untuk login.
  4. Klik Daftar lagi.
  5. Selesai.

Di sini, kamu baru terdaftar sebagai orang yang berhak mengikuti Prakerja pada gelombang yang disediakan. Nantikan informasi mengenai gelombang pendaftaran Prakerja agar tidak ketinggalan.

Baca Juga :   Formulir & Cara Daftar Shopee Food Merchant Tanpa NPWP

2. Mendaftarkan Diri

Setelah membuat akun, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Tentu saja, tahap selanjutnya yakni dengan mendaftar sebagai pihak yang berhak menerima kartu Prakerja.

Cara yang perlu kamu lakukan juga tidak terlalu susah. Beberapa langkah yang perlu dilakukan memang tergolong mudah. Nah, untuk cara daftar kartu Prakerja selengkapnya, dapat kamu cek pada bagian berikut:

  1. Isilah kolom KTP menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  2. Silakan lakukan verifikasi NIK.
  3. Klik Berikutnya.
  4. Unggah foto KTP.
  5. Unggah foto diri yang memegang KTP.
  6. Masukkan nomor telepon yang masih aktif.
  7. Lakukan verifikasi.
  8. Jika seluruh kolom sudah terisi, klik Kirim.
  9. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan sejumlah pertanyaan tentang sudah pernah bekerja dan beberapa pertanyaan lain.
  10. Pertanyaan tersebut tidak terlalu sukar untuk dijawab. Sifatnya pribadi serta ada hubungannya dengan pekerjaan.
  11. Silakan jawab setiap pertanyaan secara jujur agar kamu bisa terdaftar sebagai penerima kartu Prakerja.

3. Tes, Seleksi, dan Kelolosan

Jika kamu sudah melakukan cara daftar kartu Prakerja di atas, maka tahap selanjutnya adalah tinggal menunggu informasi lolos atau tidaknya. Setelah dinyatakan lolos, akan ada tes minat-bakat yang perlu dilakukan.

Kemudian, akan ada seleksi batch yang disesuaikan dengan kebutuhan dan juga domisili. Kalau kamu sudah lolos tes, kamu akan mendapatkan notifikasi dalam akun Prakerja yang dimiliki.

Jangan pernah lupa memeriksa batch, periode, dan juga area yang dipilih. Kemudian, lihatlah semua informasi benar atau tidak. Kalau sudah benar, baru klik Gabung. Kamu hanya perlu mengikuti program yang sudah disediakan.

Penutup

Setelah melalui sejumlah tahap cara daftar kartu Prakerja di atas, kamu hanya perlu menunggu tahap penerimaan insentif saja. Setelah itu, jangan lupa untuk mempelajari dan mengasah skill dengan giat, ya.

error: Content is protected !!