4 Cara Daftar/Registrasi Kartu Telkomsel Dengan Mudah Terbaru 2022

Butonrayanews.co.id – Setiap pengguna nomor Telkomsel, tentu harus melakukan pendaftar dulu sebelum dapat menggunakan kartunya. Setiap pengguna, sangat penting mengetahui cara daftar kartu Telkomsel agar seluruh layanan di dalamnya, dapat digunakan.

Ketentuan ini, memang wajib dipenuhi oleh semua provider tanpa terkecuali. Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dan semua provider, memang mewajibkan para penggunanya untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

Registrasi yang dilakukan, harus menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan juga nomor yang ada dalam Kartu Keluarga. Dalam satu NIK, hanya ada satu provider yang digunakan.

Hal ini wajib dilakukan bukan tanpa alasan. Pemerintah sendiri yang membuat pengaturan demikian. Semua hal tersebut, dilakukan untuk melindungi pengguna provider itu sendiri.

Sebelum ada sistem registrasi menggunakan NIK dan nomor KK, banyak hoax yang disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, juga banyak terjadi penipuan dengan mengatasnamakan orang lain.

Melalui Peraturan Menteri tahun 2017, hal itu dapat diminimalisir dengan metode registrasi atau pendaftaran setiap pengguna provider. Namun, cara daftar kartu Telkomsel yang diberikan, seringkali menyulitkan penggunanya.

Tapi tenang saja, melalui artikel ini, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai metode pendaftaran yang dapat digunakan.

Kenapa Harus Daftar Kartu Telkomsel?

Kenapa Harus Daftar Kartu Telkomsel?

Terdapat sejumlah alasan mengapa kamu harus mendaftarkan nomor Telkomsel yang kamu miliki terlebih dahulu. Salah satu alasan yang mendasarinya, yakni harus dilakukan untuk melindungi konsumen.

Konsumen akan dilindungi dari adanya penggunaan nomor telepon Telkomsel miliknya oleh pihak yang kurang atau bahkan tidak bertanggung jawab. Kemungkinan penyalahgunaan tersebut, bisa jadi sangat kecil.

Baca Juga :   7 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Dengan & Tanpa Aplikasi

Biasanya, tanpa adanya proses registrasi, nomor Telkomsel yang kamu miliki, akan sangat mudah disalahgunakan untuk tidak penipuan dan tindak kejahatan bahkan bisa juga penyebaran hoax.

Tapi, dengan adanya kewajiban melakukan proses registrasi, maka kamu bisa mendapatkan perlindungan penuh atas berbagai hal dia atas. Nah, kamu bisa membaca cara daftar kartu Telkomsel pada artikel ini.

Kelebihan Provider Telkomsel

Selain bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai cara daftar kartu Telkomsel, dalam artikel ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang kelebihan yang dimiliki oleh provider Telkomsel.

Sejumlah kelebihan inilah yang membuat banyak orang memilih Telkomsel untuk mendukung kegiatan sehari-harinya. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh provider Telkomsel yakni:

1. Jangkauan Jaringan Sangat Luas

Jaringan Telkomsel bisa dikatakan yang paling luas jangkauannya dibandingkan dengan provider lain. Kamu bahkan bisa mendapatkan jaringan walaupun berada di pelosok daerah sekalipun.

Ini juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Telkomsel. Tak heran jika saat ini, Telkomsel adalah provider yang pelanggannya terbanyak di antara provider lainnya. Bahkan yang lain, hanya kebagian sedikit saja.

Menurut sejumlah informasi yang didapatkan, saat ini Telkomsel sudah bisa mengakses hingga 95% seluruh populasi masyarakat Indonesia. Tentu saja, angka tersebut merupakan angka yang cukup besar.

Ini juga sekaligus membuktikan bahwa Telkomsel jauh lebih unggul dalam hal jangkauan jaringan yang dimiliki.

2. Kualitas Jaringan

Salah satu kelebihan Telkomsel lainnya, adalah memiliki kualitas jaringan yang juga lebih baik dibandingkan dengan provider lainnya. Standar jaringan yang digunakan oleh Telkomsel merupakan standar jaringan internasional.

Jadi, tidak perlu heran lagi kalau Telkomsel dapat memberikan jaringan yang berkualitas bagi para penggunanya. Menurut data yang ada terkait tingkat keterhubungan antar pengguna Telkomsel, bisa sampai 98%.

Tentu saja, kelebihan ini hanya dimiliki oleh Telkomsel. Provider lain, harap untuk tidak mengaku-ngaku lebih baik dibandingkan Telkomsel sebelum dapat mengalahkan angka di atas.

Baca Juga :   4 Cara Mengubah JPG ke PDF Online Di HP Atau Laptop Dengan Mudah

Selain itu, juga ada banyak jenis jaringan yang digunakan. Bahkan ketika 4G dan 5G belum banyak yang menggunakan, Telkomsel sudah berani untuk menjadi yang pertama menyediakannya.

3. Inovasi Produk dan Layanan

Selanjutnya, masih ada juga kelebihan lain yang dimiliki oleh Telkomsel. Salah satunya dari segi inovasi produk dan juga layanan yang disediakan untuk para pelanggan setianya.

Provider ini, memang seringkali memperbaharui produk maupun layanan yang diberikannya. Salah satunya dapat dilihat dari berbagai paket yang dapat dipilih dan digunakan. Ada paket harian sampai bulanan.

Selain itu, juga terdapat berbagai paket yang dapat dipilih sesuai dengan jumlah kuota yang didapatkan. Pun masih ada opsi untuk hanya membeli paket tambahan saja ketika paket yang ada, masih belum habis masa waktunya.

Bisa dikatakan, pilihan layanan yang disediakan oleh Telkomsel sangat lengkap dan provider lainnya, sepertinya jarang punya hal yang demikian.

4. Layanan Pelanggan yang Maksimal

Belum cukup pada kelebihan di atas saja, kamu masih dapat menemukan banyak kelebihan lainnya. Salah satunya yakni dari segi layanan pelanggan yang diberikan. Telkomsel, cukup dikenal sebagai provider yang melayani pelanggan dengan maksimal.

Demi memberikan layanan yang maksimal, Telkomsel sudah menyediakan lebih dari 550 ribu pusat layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Semua pusat layanan tersebut, juga sudah menggunakan standar ISO.

Dengan kata lain, akan ada banyak gerai atau outlet yang bisa melayanimu dalam memenuhi keperluan jika menggunakan produk Telkomsel. Kamu bisa pilih seperti Gerai Halo, Grapari, dan lainnya.

Cara Daftar Kartu Telkomsel

Nah, bagi kamu yang memang sudah penasaran dengan cara daftar kartu Telkomsel, kamu bisa menyimak hal tersebut dengan baik pada uraian yang disediakan dalam bagian ini.

Adapun beberapa cara yang dapat kamu gunakan yakni:

1. Cara Daftar Kartu Telkomsel lewat Grapari

Cara pertama yang dapat kamu lakukan, bisa dengan datang langsung ke Grapari. Mereka memang akan melayani berbagai permintaan dari pelanggan yang punya urusan dengan Telkomsel.

Baca Juga :   5 Cara Mengubah Format Foto ke JPG Online / Offline Di HP Dan Laptop

Cara yang perlu dilakukan satu ini, juga terbilang mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana seperti:

  1. Datang ke Grapari terdekat di daerahmu.
  2. Jangan lupa menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP dan KK bagi WNI.
  3. Bagi yang WNA, siapkan KITAP/Paspor/KITAS.
  4. Bawa dokumen tersebut ke kantor Grapari.
  5. Ambil nomor antrian.
  6. Tunggu hingga nomor antrianmu dipanggil.
  7. Datangi CS yang ada di depan.
  8. Katakanlah kalau ingin registrasi kartu Telkomsel.
  9. Setelah itu, ikuti arahan yang diberikan oleh CS yang bertugas.

2. Cara Daftar Kartu Telkomsel Lewat SMS

Khusus cara ini, sangat tepat dilakukan bagi kamu yang tidak ingin repot pergi ke Grapari. Cara yang perlu dilakukan untuk mendaftar, bisa lewat SMS saja. Jika ingin tahu langkah-langkahnya, berikut ini selengkapnya:

  1. Pertama, siapkan KTP dan KK.
  2. Buka SMS.
  3. Kemudian, tulis pesan format REG(spasi)NIK#Nomor KK.
  4. Kirim pesan ke 4444.
  5. Pastikan sudah memasukkan NIK dan nomor KK secara benar.
  6. Kesalahan satu digit saja pada penulisan, akan membuat proses registrasi gagal dan kamu harus mengulangnya dari awal.

3. Cara Daftar Kartu Telkomsel Lewat Call Center

Selanjutnya, kamu juga bisa mendaftar melalui Call Center. Caranya juga tak kalah mudah. Tinggal lakukan sejumlah langkah berikut:

  1. Siapkan dokumen seperti KK dan KTP bagi WNI.
  2. Siapkan PASPOR/KITAS/KITAP bagi WNA.
  3. Setelah menyiapkannya, kamu bisa langsung menghubungi 188.
  4. Ketika menelpon, pilih opsi Registrasi Kartu.
  5. Jika sudah, silakan mengikuti instruksi yang diberikan oleh tim layanan pelanggan.

4. Daftar Lewat USSD

Kamu pun bisa mendaftar lewat USSD. Langkah-langkahnya juga terbilang mudah. Berikut ini penjelasannya:

  1. Siapkan dokumen KK dan KTP.
  2. Kemudian, silakan ketik *444# pada menu Panggilan.
  3. Setelah itu, klik Panggil atau ikon telepon yang berwarna hijau.
  4. Di sana, sudah ada sejumlah instruksi yang harus kamu ikut.

Penutup

Itulah serangkaian penjelasan mengenai cara daftar kartu Telkomsel yang dapat kamu lakukan. Pilih saja cara yang manapun. Semuanya sama-sama mudah.

error: Content is protected !!