Cara Ganti Password Gmail Mudah Dan Tips Buat Password Baru

Butonrayanews.co.id – Penting bagi kalian yang mempunyai akun Gmail untuk mengganti password secara berkala. Dengan begitu akun Gmail yang kalian miliki akan terlindungi dari para hacker. Namun, banyak para pengguna akun gmail yang tidak tahu Cara Ganti Password Gmail yang dimilikinya. Kalian bisa lihat cara-caranya dibawah ini.

Hampir semua orang mempunyai akun Google Mail atau Gmail. terutama bagi kalian yang menggunakan perangkat Android. Agar dapat menggunakan berbagai macam fitur layanan dari Google di android, kalian hanya perlu menggunakan satu akun gmail saja. Karena dengan satu akun saja, sudah dapat mengakses semua fitur layanan yang google berikan.

Dengan membuat satu akun gmail, dapat digunakan untuk mendaftar berbagai sosial media seperti WA, FB, Twitter, IG dan sosial media lainnya. Selain itu, biasanya pada akun gmail kalian dapat menyimpan data penting juga. Oleh karena itu, kalian harus menjaga kerahasiaan kata sandi yang digunakan untuk masuk ke akun gmail yang dimiliki.

Untuk bisa menjaga kerahasiaan password gmail, kalian harus mengganti password tersebut secara berkala. Agar akun gmail kalian tidak mudah di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Cara Ganti Password Gmail dengan mudah dan cepat, kalian bisa lihat cara-caranya dibawah ini yang akan kita bahas secara detail. Sebagai berikut.

Cara Ganti Password Gmail

Cara Ganti Password Gmail

Saat kalian lupa dengan password gmail atau ingin mengganti kata sandi akun Google Mail, bisa dilakukan dengan mudah. Setelah menggantinya, pastikan password gmail yang baru mempunyai keamanan yang cukup dengan menerapkan tips yang tepat. Cara ganti password gmail tidaklah sulit, asalkan kalian mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca Juga :   3 Cara Nuyul Snack Video Dengan 1 HP, Auto Dapat Jutaan Koin Tiap Hari

Terkadang kalian perlu mengganti password Gmail secara berkala, agar akun yang dimiliki tidak mudah di bobol oleh orang lain. Buat kalian yang sudah tidak sabar ingin mengetahui cara untuk bisa mengganti kata sandi pada Gmail. Bisa lihat cara untuk mengganti password dibawah ini. Kalian bisa ikuti langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

Masuk ke Akun Gmail

Langkah pertama, tentunya kalian harus masuk ke akun gmail yang dimiliki. Kalian tinggal memasukkan username atau alamat email yang dimiliki beserta passwordnya. Jangan lupa untuk koneksikan perangkat yang digunakan dengan internet.

Buka Setting Gmail

Langkah selanjutnya yaitu kalian buka setting gmail. Setelah masuk ke akun gmail, langsung saja kalian arahkan kursor atau jari kalian ke arah “Setting” atau “Pengaturan”. Cara mencarinya pun cukup mudah, berada di bagian pojok kanan atas dengan simbol gambar roda bergigi. Setelah itu kalian klik, nanti akan muncul pilihan tombol “Setting” yang ada di urutan keempat.

Masuk ke Bagian “Accounts and Import”

Setelah berada di menu setting, akan muncul tampilan pengaturan Gmail secara keseluruhan. Diantara semua pilihan yang ada, silahkan kalian pilih tombol “Account and Import”. Dengan begitu kalian akan di arahkan kepada pergantian password.

Ganti Password Sekarang Juga

Selanjutnya, kalian akan di arahkan pada instruksi pergantian password, lelu klik tombol “Change Password”. Sebelum melakukan pergantian kata sandi baru, sistem akan memastikan bahwa kalian benar-benar pemilik akun tersebut dan bukan hacker. Dimana, sistem akan mengarahkan kalian kepada di alog sebagai berikut :

  • Menyapa “Hi”, kemudian meminta kalian melakukan verifikasi password lama yang dimiliki.
  • Kemudian kalian akan memasukkan kata sandi dan setelah itu kalian langsung saja klik “Next”.
Baca Juga :   Ukuran Feed Instagram Yang Ideal Untuk Reels, Foto, Video, & IGTV

Silahkan Membuat Password Baru

Langkah berikutnya agar berhasil mengganti password, kalian akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Dimana, kalian akan diminta untuk mengetik password baru sesuai yang diinginkan. Gmail secara otomatis akan mengukut tingkat keamanan kata sandi yang kalian buat. Apakah kata sandi yang dibuat masih lemah, sedang atau sudah kuat.

Password bisa dinilai kuat tergantung kalian merangkai password yang di masukkan. Semakin acak rangkaian kata sandi yang dibuat, maka akan semakin kuat penilaian Gmail terhadap kata sandi baru tersebut. Sebaiknya kalian membuat password yang terdiri dari huruf, angka dan juga simbol.

Tips Membuat Password Baru pada Akun Gmail

Tips Membuat Password Baru pada Akun Gmail

Cara mengganti sebuah kata sandi pada akun gmail ternyata tidak begitu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan begitu, kalian bisa mengganti password akun Gmail secara rutin. Pergantian password secara rutin akan meningkatkan keamanan pada akun Gmail yang dimiliki.

Agar kata sandi yang kalian buat tidak mudah di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kalian harus tahu tips untuk membuat password baru pada akun Gmail yang dimiliki. Dengan mengikuti semua tips dibawah ini, diharapkan akun gmail kalian akan lebih aman. Langsung saja, inilah beberapa tips untuk membuat password baru, sebagai berikut :

  1. Pertama, kalian buat kata sandi yang panjang dan terdiri dari angka, huruf, simbol atau gabungan antara angka, huruf dan juga simbol.
  2. Kalian harus membuat kata sandi dengan penggabungan kata yang sulit untuk dapat di tebak oleh orang lain.
  3. Menggunakan kombinasi antara huruf kapital, angka, huruf kecil, dan juga simbol.
  4. Kalian jangan memasukkan informasi yang bersifat pribaadi/ personal. Karena akan lebih mudah ditebak oleh orang lain.
  5. Kalian juga tidak boleh menggunakan kata sandi yang sama pada beberapa akun yang berbeda.
Baca Juga :   Cara Logout Wifi.id Dengan Mudah Dari Hp atau PC

Untuk bisa menghindari peretasan atau pencurian data, sebaiknya kalian menggunakan kata sandi yang panjang. Bisa juga membuat kata sandi gabungan yang terdiri dari huruf kapital, angka, dan juga simbol. Memang terlihat agar merepotkan, namun dengan membuat password seperti itu, orang lain akan sulit menebak kata sandi akun gmail kalian.

Tips Agar Tidak Mudah Lupa dengan Password Gmail

Sebelumnya sudah kita bahas mengenai tips untuk membuat kata sandi yang tepat. Nah, untuk selanjutnya kalian perlu tahu tips agar tidak muda lupa dengan password gmail yang dimiliki. Untuk itu, kalian bisa mengikuti tips dibawah ini agar kalian tidak lupa dan terus mengingatnya. Berikut ini beberapa tipsnya yaitu sebagai berikut :

1. Menuliskan Kata Sandi di Kertas/ Buku

Tips pertama yang harus dilakukan yaitu kalian bisa menuliskan kata sandi di kertas. Kemudian simpan buku tersebut di tempat yang aman dan tidak bisa dilihat oleh orang lain bahkan membukanya. Saat kalian lupa dengan kata sandi tersebut, kalian bisa membuka kembali buku tersebut untuk melihat password yang sudah ditulis sebelumnya.

2. Menggunakan Aplikasi Khusus

Sudah banyak diluar sana aplikasi yang dibuat secara khusus untuk para pengguna yang sering lupa dengan kata sandi gmailnya. Kalian dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menyimpan sebuah password gmail. Pilihlah aplikasi yang terpercaya dan juga aman untuk digunakan dalam menyimpan kata sandi tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk dapat menyimpan kata sandi. Hal tersebut dapat bermanfaat untuk kalian yang sering kelupaan password gmail yang dimiliki.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa disampaikan mengenai Cara Ganti Password Gmail. Semoga semua yang dibahas di atas dapat bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!