Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP, PC atau Laptop

Butonrayanews.co.idCara Ganti Password Wifi Indihome melalui Hp ataupun PC dan leptop, sangat penting untuk kalian ketahui. Dengan mengganti password secara rutin, kalian bisa meningkatkan keamanan pada data yang dimiliki. Karena saat ini sudah banyak sekali orang yang melakukan hack, baik itu melalui bobol wifi ataupun cara lainnya.

Indihome merupakan salah satu produk yang dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Dimana, Telkom tersebut mempunyai salah satu layanan terbaik yaitu jaringan internet wifi. Kalian bisa memasang dan berlangganan produk tersebut.

Biasanya jaringan internet wifi Indihome dilengkapi dengan username dan password. Fungsinya sendiri yaitu agar koneksi internet pada wifi tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan mengganti password secara rutin, kalian akan terhindar dari kebobolan atau hal buruk lainnya.

Cara untuk mengganti passwordnya sendiri, kalian bisa menggunakan berbagai perangkat, seperti Hp, PC ataupun laptop. Para pengguna wifi indihome juga semakin dimudahkan, karena terdapat aplikasi indihome yang dapat membantu kalian dalam menikmati setiap layanan wifi indihome yang tersedia.

Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP

Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan saat akan mengganti password wifi indihome yaitu melalui hp. Dimana, dengan menggunakan hp saja kalian bisa mengubah password wifi indihome dengan mudah. Kalian bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini sebagai berikut :

  1. Hubungkan perangkat dengan jaringan, nyalakan pengaturan Wifi dan masuk ke jaringan yang akan kalian ganti passwordnya.
  2. Buka mesin pencarian, kalian bisa menggunakan google chrome, opera atau browser lainnya pada hp yang dimiliki.
  3. Ketik http://192.168.1.1/ di adress bar, pada menu pencarian, kalian masukkan angka dan titik 192.168.1.1. Nomor tersebut merupakan alamat IP pribadi yang digunakan untuk masuk ke panel admin. Pilihan lainnya jika IP tersebut tidak bisa di akses yaitu http://192.168.1.254/ atau http://192.168.0.1/.
  4. Masukkan username dan password, ini yang sering menjadi pertanyaan. Apa username dan password untuk masuk ke panel admin pengaturan WiFi? Ternyata mudah saja. Jika belum pernah diganti, maka cukup ketikkan ‘user’ tanpa kapital untuk mengisi keduanya.
  5. Masuk ke menu “Security”, pada bar samping kanan akan menemukan banyak menu dan submenu yang bisa dipilih. Untuk membuka menu “Security” kalian klik menu “Network” kemudian pilih sub menu “WLAN” lalu pilih “Security”.
  6. Masukkan passsword baru, dalam menu security kalian akan menemukan bagian WPA paraphrase. Langsung saja masukkan password baru yang sudah kalian buat dan klik “submit” di bagian pojok kanan bawah jika sudah. Sekarang password wifi kalian sudah di perbarui.
Baca Juga :   3 Cara Nuyul Snack Video Dengan 1 HP, Auto Dapat Jutaan Koin Tiap Hari

Cara Ganti Password Wifi Indihome Melalui PC atau Laptop

Cara Ganti Password Wifi Indihome Melalui PC atau Laptop

Selain bisa mengganti password wifi indihome melalui hp, kalian juga bisa menggantinya melalui PC atau Laptop. Mau tahu caranya? Kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini yaitu sebagai berikut :

  1. Pertama, kalian bisa menghubungkan PC atau laptop ke jaringan wifi Indihome.
  2. Selanjutnya, kalian masukkan password wifi Indihome lama yang dimiliki.
  3. Kemudian, setelah terkoneksi dengan internet. Kalian bisa membuka browser seperti google chrome ataupun modzilla firefox.
  4. Setelah itu, pada address bar, kalian harus masukkan kode alamat IP 192.168.1.1.
  5. Selanjutnya kalian tekan enter.
  6. Jika alamat tersebut tidak merespons, alian dapat melihat IP default de bagian belakang router.
  7. Kalian bisa lakukan sesuai dengan cara sebelumnya.
  8. Pada halaman browser, kalian dapat memasukkan username dan password lama wifi Indihome yang dimiliki.
  9. Setelah kalian masuk, pilihlah menu Network.
  10. Kemudian kalian bisa mengganti password wifi Indihomen dengan password yang baru.
  11. Langsung saja kalian klik submit pada kolom yang sudah di isi.
  12. Kalian tunggu beberapa saat, setelah itu kata sandi atau password wifi kalian sudah terganti dengan yang baru.

Cara Ganti Password Wifi Indihome Menggunakan Aplikasi

Dengan adanya aplikasi Indihome, bisa memudahkan para penggunanya mengganti password wifi Indihome kapan saja dan dimana saja. Untuk caranya sendiri, kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini sebagai berikut :

  1. Pertama, pastikan kalian sudah mempunyai aplikasi Indihome yang terpasang pada perangkat hp yang dimiliki.
  2. Jika kalian belum mempunyai aplikasi tersebut, bisa mengunduhnya terlebih dahulu pada google playstore bagi perangkat hp android dan appstore untuk perangkat Apple.
  3. Setelah mempunyai aplikasinya, kalian langsung saja masuk pada aplikasi Indihome tersebut.
  4. Kemudian, dihalaman utama, kalian bisa tekan ikon beranda.
  5. Selanjutnya, kalian pilih menu pengaturan.
  6. Kalian klik “ganti password” untuk bisa mengubah kata sandi wifi indihome yang dimiliki.
  7. Setelah itu, kalian akan menerima SMS kode verifikasi.
  8. Masukkan kode verifikasi yang sudah didapatkan.
  9. Kemudian kalian bisa mengganti password wifi Indihome.
Baca Juga :   Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanent & Sementara

Cara Ganti Password Via CISCO

kalian juga bisa mengganti kata sandi menggunakan CISCO. Cisco ini merupakan brand yang memproduksi router, router tersebut biasanya digunakan untuk menangkap sinyal wifi. Untuk langkah-langkah mengganti password wifinya, kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini sebagai berikut :

  1. Pertama, kalian buka aplikasi browser di PC atau melalui HP yang dimiliki.
  2. Masukkan alamat 168.1.1.
  3. Kemudian masukkan username dan password pada kolom yang muncul, lalu tekan login.
  4. Kalian pilih opsi wireless untuk mengganti password wifi.
  5. Selanjutnya, pilih basic wireless setting dan cari opsi wireless security.
  6. Pada bagian passpharase, kalian isi dengan kata sandi baru.
  7. Kemudian, klik save dan proses pergantian password selesai.

Kenapa Harus Mengganti Password Wifi Indihome?

Alasan mengganti password wifi indihome yaitu untuk menghindari penyalahgunaan dari orang yang tidak dikenal. Karena orang tersebut mengetahui password wifi indihome yang kalian miliki. Dengan secara rutin mengganti password wifi, maka kalian akan menjadi lebih aman dan terkendali. Sangat jarang sekali orang mengganti password wifi dirumahnya.

Walaupun mengganti password seperti hal sepele, pada kenyataannya akan membuat kalian terhindar dari beberapa masalah yang sering kali terjadi. Masalah tersbet diantaranya yaitu sebagai berikut :

Masalah Keamanan Wifi

Jika kalian jarang melakukan pergantian password wifi atau username wifi. Akan meningkatkan celah keamanan dari suatu jaringan internet yang kalian guankan setiap harinya. Bukan hanya pencurian internet saja, ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab dan menggunakan hal tersebut untuk mencuri data-data penting.

Terhindar dari Jaringan yang Lambat

Mungkin kalian pernah mengalami jaringan wifi dirumah yang tiba-tiba lemot atau melambat. Mungkin saja hal tersebut disebabkan oelh penggunakan internet secara berjamaah. Dengan begitu kecepatan akan menjadi menurun dan bila hal tersebut terjadi, salah satu cara mengatasinya yaitu kalian harus mengganti password wifi indihome sekarang juga.

Baca Juga :   Cara Ganti Password Gmail Mudah Dan Tips Buat Password Baru

Hal tersebut terjadi karena banyak orang yang mengetahui password wifi kalian. Seperti teman, keluarga, atau tetangga yang kerap kali menumpang internet saat tidak memiliki kuota internet. Bisa saja mereka menggunakannya secara ilegal dirumahnya karena sinyal wifi tertangkap di rumahnya.

Penutup

Seperti itu saja penjelasan mengenai Cara Ganti Password Wifi Indihome. Semoga semua yang dijelaskan dapat bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!