10 Cara Jadi Creator Capcut : Syarat dan Penghasilan

butonrayanews.co.id – Semenjak boomingnya aplikasi Capcut, banyak para pengguna Tiktok yang mencari cara jadi Creator Capcut. Capcut sendiri adalah sebuah aplikasi video editor buatan developer ByteDance yang juga menjadi perusahaan induk dari Tiktok.

Saat ini penggunaan aplikasi Capcut banyak diminati karena bisa membuat sebuah video menjadi lebih menarik setelah diedit terlebih dahulu sekaligus membagikannya ke media sosial lainnya seperti Instagram Reels, Tiktok hingga Snack Video.

Di dalam aplikasi ini pengguna bisa mengedit video dengan berbagai jenis filter, tools editor, efek hingga tampilan antarmuka aplikasi sederhana yang bisa dipakai penggunanya untuk mengedit dengan mudah dan cepat.

Cara Daftar Akun Capcut dan Buat Video yang Menghasilkan Cuan

Cara Jadi Creator Capcut

Sejauh ini, penggunaan aplikasi Capcut memang lebih banyak digunakan oleh kalangan muda karena mempunyai beragam fitur edit video yang menarik, fleksibel dan mudah untuk digunakan.

Kini untuk mengedit sebuah video tak harus menggunakan computer PC, namun hanya berbekal HP android saja Anda sudah bisa mengubah video menjadi lebih menarik dan memiliki daya jual yang tinggi.

Membuat video Capcut ternyata bukan hanya untuk kesenangan sendiri saja, namun juga bisa menjadi sebuah pekerjaan sampingan yang memiliki hasil lumayan. Penasaran dengan bagaimana cara untuk membuat video Capcut yang menghasilkan cuan lumayan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sebelum Anda mulai membuat video di aplikasi Capcut pastikan sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di dalamnya. Diantaranya adalah dengan mendaftarkan diri untuk memiliki akun creator Capcut. Selain itu, sebelum mendaftar cara jadi creator Capcut pastikan Anda menyiapkan beberapa hal berikut:

  • Unduh dan install aplikasi Capcut
  • Nama ID Tiktok
  • Nama ID Capcut
  • Jumlah follower di Tiktok
  • Video kreasi yang dibuat dengan menggunakan Capcut
  • Jenis agensi yang akan dipilih

Untuk mendaftar menjadi creator Capcut bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Unduh dan install aplikasi Capcut di perangkat android Anda
  2. Setelah aplikasi terinstal lalu buka untuk mengakses layanan di dalamnya. Pilih menu Template yang ada di bagian bawah layar aplikasi
  3. Pilih opsi banner bertuliskan “Menjadi Bintang Agency”
  4. Laman aplikasi kemudian akan menampilkan Capcut ID Agency Banner lalu klik tombol Add dengan ikon orang+
  5. Tahap selanjutnya adalah pengguna akan diarahkan ke akun grup Telegram dari agensi Capcut
  6. Tunggu hingga ada menu pop-up yang muncul, kemudian Anda bisa mengklik tombol “Join Grup” untuk bergabung di dalamnya
  7. Kemudian setelah Anda bisa masuk ke dalam grup Telegram agensi tersebut, cari sebuah menu yang berisi link form untuk pendaftaran menjadi creator di Capcut
  8. Form tersebut akan meminta Anda untuk memasukkan ID Tiktok, jumlah follower di Tiktok, ID Capcut, nama lengkap, nomor HP, link video kreasi yang dibuat dengan menggunakan Capcut dan memilih agensi yang sesuai
  9. Pastikan untuk mengisi form pendaftaran dengan data dan informasi yang benar kemudian klik tombol “Kirim” untuk mendaftar

Setelah form pendaftaran menjadi creator Capcut terkirim, berikutnya pengajuan pendaftaran menjadi creator di Capcut akan dilakukan analisa, evaluasi dan peninjauan ulang untuk mengetahui layak atau tidak menjadi creator di Capcut. Hasil analisa dan penilaian bisa diketahui oleh pendaftar dalam rentang waktu dari mulai 1 hingga 2 minggu lamanya.

Jika nanti Anda lolos menjadi creator di Capcut maka akan muncul adanya notifikasi yang tampil di aplikasi Capcut yang sudah terinstal. Setelah resmi menjadi seorang creator Capcut kamu bisa membuat lebih banyak template video sehingga bisa menambah penghasilan yang dimiliki.

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Capcut?

Banyak yang memberikan pujian pada aplikasi Capcut, khususnya karena memiliki tampilan user interface yang cukup mudah untuk dipelajari oleh pemula sekalipun. Bahkan seorang YouTuber juga memberikan pujiannya pada fitur Capcut yang dinilai memiliki performa menyerupai aplikasi Adobe Premiere menjadi sebuah video editor yang lebih sederhana penggunaannya.

Untuk memiliki penghasilan dari CapCut yang lumayan, terlebih dahulu Anda harus mempunyai keahlian dasar dalam bidang mengedit video. Bagaimana jika belum memilikinya? Jangan khawatir karena ada banyak sekali tutorial belajar mengedit video dari dasar yang sangat mudah dipelajari di YouTube.

Kunci penting untuk memiliki penghasilan yang bagus dengan melakukan cara jadi creator Capcut adalah dengan memiliki konsisten yang baik khususnya dalam membuat sebuah template video hingga konten yang menarik di Capcut.

Dengan ketekunan tinggi maka penghasilan dari Capcut bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi penghasilan tambahan. Terutama karena menjadi seorang konten creator akan mempunyai jam kerja yang lebih fleksibel namun penghasilan lebih tinggi dibandingkan gaji karyawan kantoran jika melakoninya dengan sebaik-baiknya.

Jika sudah terdaftar secara resmi menjadi creator di Capcut, selain bisa mengupload template video kreasi sendiri, Anda juga akan memperoleh ratusan ribu pengikut sekaligus mendapatkan penghasilan langsung dari penyedia Capcut. Lalu bagaimana cara untuk mengedit video di Capcut agar supaya menjadi sebuah video yang menarik serta viral?

Tutorial Singkat Edit Video Menggunakan Capcut

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengedit video dengan menggunakan Capcut, yaitu sebagai berikut:

a. Cara mudah tambahkan efek

  • Buka aplikasi Capcut untuk membuat proyek edit video baru
  • Pilih menu New Project lalu tentukan jenis video yang ingin diedit untuk ditambahkan efek
  • Tunggu hingga video selesai diunggah yang kemudian secara otomatis laman Capcut akan membawa Anda ke halaman Tools
  • Setelah masuk ke halaman Tools barulah Anda bisa menggunakan berbagai jenis efek yang tersedia seperti untuk menambahkan stiker, filter, teks hingga efek sesuai dengan yang diinginkan
  • Setelah selesai memberikan efek pada video yang diinginkan, berikutnya adalah untuk mengklik ikon dengan gambar tanda panah yang terletak di pojok sebelah kanan atas aplikasi untuk menyimpannya dalam format MP4.

b. Cara tambahkan audio

  • Klik menu New Project untuk mengedit video baru dengan cara klik ikon bergambar + pada laman aplikasi untuk unggah video yang akan diedit
  • Anda bisa memilih foto atau video yang ingin diedit dengan menggunakan aplikasi Capcut dari galeri HP
  • Halaman Capcut akan langsung membawa pengguna ke halaman yang berisi Tools untuk edit video. Pilih menu audio untuk memasukkan audio yang diinginkan, klik Sounds untuk memilih jenis audio yang diinginkan.
  • Opsi Record bisa Anda pilih jika ingin menggunakan jenis audio yang direkam secara khusus
  • Lakukan penyesuaian antara video dengan audio yang digunakan sehingga bisa terdengar pas. Anda bisa memilih tombol Mute untuk membuat audio yang terdengar tak bertabrakan dengan audio asli dari video. Sedangkan untuk menyesuaikan audio dengan video bisa dilakukan dengan menggeser timelinenya hingga sesuai.
  • Lakukan ekspor video dengan cara meng-klik tanda panah yang ada di bagian pojok sebelah kanan atas sehingga bisa mengubah format video menjadi format MP4

c. Cara menggunakan template

  • Buka aplikasi Capcut lalu pilih menu Template
  • Pilih jenis template yang tersedia atau menggunakan template hasil kreasi sendiri
  • Laman aplikasi akan segera diarahkan menuju laman Tools, Anda bisa mengunduh beberapa foto untuk bisa dimasukkan ke dalam template yang ingin digunakan
  • Klik tanda Simpan yang terletak di bagian pojok kanan atas laman aplikasi
  • Tunggu hingga aplikasi Capcut selesai memproses editing foto Anda

Sekian ulasan tentang cara jadi creator Capcut . Semoga bisa menambah informasi yang Anda perlukan untuk mengetahui bagaimana cara menjadi creator Capcut yang bisa menghasilkan cuan yang lumayan.

Leave a Comment