Cara Live ( Siaran Langsung ) di Tiktok + Syarat Dan Ketentuanya

Butonrayanews.co.id – Meskipun sudah lama digunakan, nyatanya tidak semua pengguna mengerti bagaimana cara Live di Tiktok. Bukan tanpa alasan, dan sebenarnya wajar juga. Pasalnya, tidak ada menu live di aplikasi Tiktok yang dapat ditemukan jika membuka halaman utamanya.

Fitur ini tersembunyi, dan tidak semua pengguna dapat memanfaatkannya. Artinya, ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Syarat ini tidaklah sulit sebenarnya, salah satunya adalah memiliki minimal 1.000 followers.

Tiktok adalah aplikasi media sosial yang sudah lama hits dan sampai saat ini masih menarik digunakan. Berbasis video pendek, pengguna hanya diperbolehkan upload video maksimal 3 menit. Untuk kategori video bebas, namun harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain dijadikan aplikasi penghasil uang oleh konten kreator, Tiktok juga dinikmati pengguna biasa. Maksudnya, mereka hanya menikmati tontonan dari media sosial ini. Kategori video tergantung dari yang di upload konten kreator, asalkan di seting untuk publik.

Cara Live di Tiktok bukan satu-satunya yang menarik sebenarnya, melainkan dari konten. Kelengkapan konten yang tersedia menjadi salah satu alasan kenapa sebanyak 500 juta orang download aplikasinya. Belum lagi terhitung pengguna iPhone dan website langsung.

Apapun jenis video yang kamu butuhkan, semuanya tersedia. Baik berupa tutorial, tips, trik, dan cuplikan film seru. Namun sebagian besar konten video yang tersedia kebanyakan dari prank atau tantangan. Biasanya, tantangan ini mudah viral dan banyak yang mengikuti.

Cara Live di Tiktok di Android

Cara Live di Tiktok di Android

Kelebihan lain dari Tiktok yakni multi platform. Artinya, kamu dapat menggunakan media sosial ini di berbagai jenis sistem operasi. Baik Android, iPhone, dan bahkan PC atau laptop dapat digunakan untuk mengakses media sosial ini sesuai platform nya masing-masing.

Baca Juga :   Cara Download Snack Video Tanpa Watermark Terbaru 2022

Cara Live di Tiktok di Android dan platform lainnya tidak ada perbedaan. Intinya mencari tombol Live yang digunakan sebagai siaran langsung. Oleh karena tombol ini tersembunyi, silahkan ikuti tutorial mudah berikut untuk menghindari kesalahan.

  1. Buka Tiktok, baik di HP maupun PC.
  2. Silahkan login terlebih dahulu, pastikan menggunakan akun utama.
  3. Di halaman utama, tekan tombol ikon + di bagian bawah layar.
  4. Dari daftar menu yang muncul, pilih LIVE.
  5. Tentukan judul yang diinginkan untuk siaran langsung Tiktok.
  6. Tambahkan filter jika perlu, ini hanya menu opsional dan tidak wajib.
  7. Jika sudah yakin dengan pengaturan awal, klik GO LIVE.
  8. Tunggu loading selesai dan tersambung dengan server.

Syarat Live di Tiktok dan Ketentuannya

Sebelum melakukan cara siaran langsung di Tiktok melalui langkah diatas, sebaiknya kamu perhatikan dulu syarat apa saja yang dibutuhkan. Ini penting supaya kamu tidak menyalahkan tutorial nya atau menganggap Tiktok sedang error jika nantinya tidak sukses.

  • Minimal berusia 16 tahun, sesuai syarat awal pembuatan akun.
  • Dilarang menebar kebencian dan teror dalam bentuk apapun.
  • Tidak mengandung konten pornografi.
  • Tidak menggunakan kekerasan pada hewan atau sejenisnya.
  • Unsur penipuan akan ditindaklanjuti sesuai bukti dan kesaksian audience.
  • Dilarang memperdagangkan sesuatu yang ilegal, termasuk narkoba.

Keuntungan Live di Tiktok

Kenapa banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara live di Tiktok? Tentu jawabannya tidak lain adalah karena memilki berbagai keuntungan. Apa saja keuntungan yang dimaksud? Bagi yang belum mengetahui, berikut poin penting yang berhasil kami rangkum!

Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Dengan melakukan siaran langsung, kemungkinan kamu bakal mendapatkan penghasilan tambahan. Seperti yang diketahui, Tiktok termasuk salah satu aplikasi penghasil uang terpercaya dan terbukti membayar dengan sistem koin yang digunakan.

Baca Juga :   Cara Memasukan Kode Undangan Snack Video 2022 Dengan Mudah

Ketika melakukan siaran langsung, audience yang merasa terhibur biasanya memberikan sejumlah koin. Nantinya, koin inilah yang ditukarkan menjadi rupiah sesuai konversi yang berlaku. Mereka yang memanfaatkan fitur ini biasanya live di Tiktok sambil main game.

Meningkatkan Engagement

Selain mendapatkan penghasilan, keuntungan live di Tiktok berikutnya adalah meningkatkan engagement. Ini adalah istilah yang digunakan antara audience dengan konten kreator. Sederhananya, engagement adalah komunikasi dua arah antara konten kreator dengan pemirsa.

Komunikasi merupakan hal yang paling penting untuk menggaet pemirsa, baik yang masih baru atau lama. Harapannya, mereka tetap setia menanti konten selanjutnya. Jika mereka termasuk follower, maka nantinya akan diberi notifikasi jika ada video baru atau sedang live.

Media Promosi Penjualan

Bagi penjual, mengetahui cara live di Tiktok sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Mungkin kamu pernah melihat penjual yang menawarkan barang dagangannya dengan siaran langsung, biasanya banyak pembeli yang berebut barang yang menarik.

Tentunya strategi penjualan sangat diperlukan di sini, tidak boleh hanya asal-asalan. Selain itu, pastikan menjual barang yang berkualitas dan saat itu sedang viral. Jangan lupa memberikan penjelasan deskripsi selengkapnya supaya audience tidak banyak bertanya.

Tips Siaran Langsung di Tiktok

Masih baru pertama kali ini melakukan siaran langsung di Tiktok? Ada baiknya kamu perhatikan tips yang kami berikan berikut. Tujuannya supaya apa yang kamu lakukan tidak sia-sia yang nantinya justru merugi.

Pastikan di Waktu yang Terbaik

Percuma saja jika kamu sudah mengetahui cara live di Tiktok, namun tidak menentukan waktu terbaik ketika siaran langsung. Waktu sangat penting untuk mendapatkan banyak penonton. Pilih waktu dimana banyak pengguna yang sedang istirahat dan membuka Tiktok.

Baca Juga :   999 Username TikTok Aesthetic Keren Lucu Untuk Boy/Girl Dan Artinya

Tentukan Durasi Pas

Tips berikutnya menentukan lama waktu siaran langsung. Jika terlalu lama, penonton pastinya bosan dan segera meninggalkannya. Begitu juga jika terlalu singkat, bisa jadi audience belum puas melihat pertunjukan yang anda berikan.

Aktif Membagikan Konten

Sebelum melakukan live di Tiktok, pastikan kamu sering membagikan video pendek. Tujuannya untuk memancing penonton dan mendapatkan kesan bahwa kamu termasuk aktif. Lakukan sebelum kamu live, karena biasanya penonton akan diarahkan ke halaman live tersebut.

Tambahkan Efek yang Menarik

Tiktok adalah aplikasi yang memiliki keunggulan dari efek yang menarik. Efek ini tidak hanya digunakan saat merekam video, namun juga ketika siaran langsung. Tambahkan efek sesuai keinginan, asalkan menarik. Jangan lupa memilih musik yang sesuai dengan tema.

Sesuaikan Tema Live

Tips yang terakhir yaitu menyesuaikan tema siaran langsung dengan isinya. Maksudnya, kamu gunakan judul yang sesuai dengan kegiatan live. Jangan hanya karena ingin memancing audience, kamu memberikan judul yang tidak sama dengan isinya, justru banyak yang kecewa.

Perhatikan Koneksi Internet

Silahkan urungkan niat apabila kamu tidak memiliki koneksi internet yang kencang. Pasalnya, live sangat membutuhkan stabilitas dari koneksi supaya lebih lancar. Penonton yang melihat siaran langsung tersendat pastinya kecewa dan segera meninggalkan ruangan.

Kesimpulan

Demikian informasi dari kami mengenai cara Live di Tiktok, syarat yang harus dipenuhi, dan juga tips supaya mendapatkan banyak penonton. Media sosial ini bukan hanya sekedar untuk mencari hiburan, namun juga mencari penghasilan. Menjadi influencer memiliki banyak kelebihan, salah satunya tawaran brand ambasador dari produk ternama.

error: Content is protected !!