Cara Membatasi Pengguna WiFi di HP Atau Laptop Paling Ampuh

Butonrayanews.co.id – Terdapat beberapa cara yang bisa di lakukan agar kalian dapat mengakses internet dengan baik dan cepat yaitu dengan Cara Membatasi Pengguna Wifi. Mempunyai jaringan internet wifi dirumah merupakan salah satu hal yang sangat penting, apalagi jika kalian harus mengerjakan sesuatu dan harus terhubung dengan internet.

Mempunyai wifi dirumah sangat berguna bagi kalian. Apalagi jika kalian jarang keluar rumah dan dapat memainkan hp sepuasnya menggunakan wifi tersebut. Terkadang banyak orang yang usil menggunakan wifi tanpa izin, sehingga banyak yang menggunakannya dan akhirnya koneksi internet menjadi lemot.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, lebih baik kalian batasi penggunaan wifi. Agar koneksi internet wifi berjalan dengan stabil dan tidak lemot lagi. Untuk cara membatasi pengguna wifi, kalian bisa lihat penjelasannya dibawah ini. Kita akan jelaskan semuanya tentang cara untuk membatasi pengguna wifi. Simak selengkapnya sebagai berikut.

Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan Menggunakan Modem

Koneksi Internet yang lambat tentunya bisa membuat kesal karena memakan waktu yang sangat lama. Agar wifi kalian tetap stabil dan mempunyai koneksi yang lancar, salah satu caranya yaitu dengan membatasi jumlah penggunanya. Cara tersebut sangat efektif untuk menghindari koneksi wifi yang tidak stabil atau melambat.

Cara pertama yang bisa kalian ikuti yaitu dengan menggunakan modem yang digunakan. Dimana modem sendiri disediakan oleh provider internet yang mempunyai pengaturan dan bisa kalian akses secara langsung menggunakan web browser pada komputer. Kalian bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini sebagai berikut :

  1. Pertama, kalian buka browser dengan menuliskan IP di bagian kolom alamat.
  2. Setelah kalian masuk ke dalamnya, kemudian akan muncul kolom kata sandi dan juga username. Kalian masukkan sesuai dengan modem yang dimiliki.
  3. Selanjutnya, klik pada bagian pengaturan dan klik Network.
  4. Kemudian, kalian klik pada bagian SSID setting.
  5. Disini kalian dapat menentukan jumlah pengguna di kolom Maximum Clients.
  6. Lalu, jika sudah selesai, kalian bisa klik submit agar pengaturan tersebut bisa tersimpan dengan sendirinya.
Baca Juga :   Cara Live ( Siaran Langsung ) di Tiktok + Syarat Dan Ketentuanya

Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan Menggunakan P2Power

Kalian juga bisa membatasi pengguna wifi dengan menggunakan P2Power. Dengan aplikasi tersebut, kalian bisa mengatur dan membatasi jumlah pengguna atau bandwidth pada jaringan internet wifi. Untuk langkah-langkahnya sendiri kalian bisa lihat sebagai berikut :

  1. Pertama, pastikan kalian sudah mengunduh aplikasi P2Power dan sudah menginstallnya pada Android ataupun PC dan leptop.
  2. Setelah berhasil di install pada perangkat yang dimiliki. Kalian buka dan pilih system setting untuk bisa masuk kehalaman pengaturan.
  3. Selanjutnya, kalian pilih Adaptor jaringan dan klik OK.
  4. Kemudian, kalian pilih menu Schedule setting dan pilih New > Select All > OK.
  5. Agar bisa mengatur jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan wifi, kalian pilih opsi control all > kemudian klik start > Apply Rule to Host Selected dengan cara klik kanan di salah satu bagian.
  6. Namun, jika kalian akan memblokir perangkat yang terhubung ke jaringan wifi. Caranya kalian klik Drop > Host Selected > kemudian pilih perangkat yang akan kalian blokir.

Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan Menggunakan Aplikasi NetCut

Cara lainnya yang bisa kalian lakukan untuk membatasi pengguna wifi bisa menggunakan aplikasi NetCut. Dimana NetCut sendiri merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur jumlah pengguna yang dapat terhubung ke jaringan wifi. Untuk caranya sendiri, kalian bisa lihat langkah-langkahnya dibawah ini sebagai berikut :

  1. Pertama, pastikan terlebih dahulu kalian sudah mengunduh aplikasi NetCut dan sudah menginstallnya di PC atau laptop.
  2. Kalian buka aplikasi NetCut yang sudah di innstall sebelumnya.
  3. Kemudian, kalian masuk ke menu utamanya dan akan muncul siapa saja yang terhubung ke jaringan wifi.
  4. Untuk membatasi jumlah penggunanya, kalian bisa memutuskan satu per satu perangkat yang terhubung.
  5. Setelah itu, kalian bisa geser ke bagian kiri tombol Scroll bagian biru pada perangkat yang ingin diputuskan atau diblokir. Perangkat tersebut secara otomastis tidak akan bisa lagi terkoneksi.
  6. Namun, jika akan memutuskan semua perangkat yang terhubung, kalian bisa klik tombol Cut Off All. Maka semua perangkat akan diputuskan kecuali perangkat yang tidak kalian cehcklist.
  7. Jika akan menghubungkan kembali perangkat tersebut ke jaringan wifi, kalian dapat mengembalikan tombol scroll biru ke bagian awal.
  8. Namu, jika kalian ingi menghubungkan kembali semua perangka. Kalian bisa klik resume all, dan secara otomatis semua perangkat akan terhubung kembali.
Baca Juga :   10 Cara Menambah Followers Instagram Gratis Dengan & Tanpa Aplikasi

Cara Membatasi Pengguna Wifi dengan Menggunakan NetLimer

Dengan menggunakan aplikasi NetLimer, kalian bisa membatasi pengguna wifi. Dimana, NetLimer sendiri merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur badwitch yang terhubung ke sebuah jaringan WIFI. Untuk caranya yaitu kalian bisa mnegikuti langkah-langkah dibawah ini sebagai berikut :

  1. Kalian unduh dan install aplikai NetLimer terlebih dahulu pada PC, Laptop atau smartphone.
  2. Setelah menginstallnya, kalian buka aplikasi tersebut.
  3. Kemudian kalian klik di bagian Donwload Limit, dan klik bagian KB/s – Rules Editor di bagian tersebut dapat membatasi kecepatan wifi yang diinginkan.
  4. Agar bisa membatasi jumlah pengguna yang terhubung dengan jaringan wifi. Kalian bisa klik lLimit – Tab Value – dengan angka yang diinginkan (jumlah pengguna).
  5. Dengan begitu, kalian bisa klik bagian Save untuk bisa menyimpan perubahan.

Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan Menggunakan Fitur Bandwidth Management pada Router

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk membatasi pengguna wifi dengan menggunakan fitur Bandwidth Management pada Router. Monitor status koneksi dan penggunaan bandwidth dari router kalian dengan Detail Logs. Ini merupakan cara yang sangat mudah dan bisa kalian lihat langkah-langkahnya dibawah ini sebagai berikut :

  1. Petama, kalian buka browser dengan mengetik IP address pada bagian Address Bar.
  2. Setelah itu, kalian ketik username dan juga kata sandi yang dimiliki.
  3. Kemudian, kalian akan dibawa masuk ke router control yang amna dapat dilakukan dengan cara klik Bandwidth Control dan kli pada menu conttrol setting pada Menu.
  4. Langsung saja kalian klik Bandwidth Control, kemudian klik Rules List dan klik new.
  5. Kali ini dapat mengatur pembatasannya dengan menggunakan 1 IP atau hanya satu perangkat dengan single IP. Namun untuk jumlahnya lebih dari satu klik Range IP.
Baca Juga :   Ukuran Feed Instagram Yang Ideal Untuk Reels, Foto, Video, & IGTV

Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan Menggunakan Password yang Rumit

Untuk Cara yang terakhir yaitu kalian bisa menggunakan password yang rumit. Agar bisa membatasi penggunaan jaringan wifi. Kombinasi kata sandi dengan menggunakan angka ataupun huruf, usahakan kalian membuat kata sandinya yang sulit di tebak. Dengan begitu, orang lain tidak akan bisa terhubung dengan koneksi jaringan wifi yang ada.

Untuk caranya sendiri, kalian bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama, pastikan kalian sudah terhubung dengan Router acces point bisa menggunakan kabel LAN atau wifi.
  2. Kemudian, kalian buka browser pada kolom alamat ketik IP Default dari router dan klik enter.
  3. Kalian bisa login menggunakan username dan kata sandi, lalu klik masuk.
  4. Setelah memasuki laman utama, kalian pilih Wireless.
  5. Selanjutnya kalian klik wireless security.
  6. Kemudian, klik WPA/ WPA2-Perosnal untuk bisa menambahkan kata sandi yang sulit.
  7. Setelah melakukan perubahan pada kata sandi, kalian bisa klik Save.
  8. Selanjutnya, kalian klik opsi Click Here dan kli Reboot, klik OK.

Penutup

Itulah yang bisa dijelaskan mengenai Cara Membatasi Pengguna Wifi. Semoga semua yang sudah dijelaskan dapat bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!