Cara Membuat Barcode Sendiri Di Gratis Yang Bisa di Scan Di HP/PC

Butonrayanews.co.id – Bacode merupakan sebuah kode transaksi di era digital sekarang ini, untuk kemudahan transaksi. Lalu bagaimana cara membuat barcode sendiri ? Bagi kalian yang ingin membuat barcode sendiri caranya cukup mudah. Kalian hanya perlu smartphone yang kalian miliki atau bisa juga menggunakan Laptop.

Biasanya kalian akan menemukan barcode pada toko swalayan yang menjual berbagai produk barangan. Barcode tersebut biasanya sebagai pembeda jenis saat dilakukan proses scan saat pembayaran. Sekarang kalian juga dapat membuat barcode sendiri tanpa perlu alat khusus untuk membuatnya.

Secara tampilan barcode memiliki pola geometris vertikal yang menempel pada kemasan prosuk atau barang. Kehadiran barcode ini terbilang sangat penting karena dapat menindetifikasi produk. Ada huruf dan angka unik disetiap barcode yang ada sebagai pembeda sesuai kategori yang ada.

Hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam proses penyortiran barangan yang biasa kalian beli dalam toko swalayan. Cara mebuat barcode cukup mudah kalian bisa menggunakan PC atau smartphone yang kalian miliki. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat barcode dengan mudah.

Apa Itu Barcode dan Fungsinya ?

Barcode adalah sebuah code batang, code bar, code palang yang tersusun rapih dapat terbaca oleh mesin. Fungsi dari barcode adalah sebagai informasi data spesifikasi suatu barang atau produk yang telah memiliki label kode bar.

Data-data spesifikik tentang barang yang telah dilabel kode bar meliputi, tanggal kadaluarsa, kode produksi, nomer identifikasi produk. Awal mulanya kode barcode ini digunakan untuk melacak kereta api namun seiring perkembangan zaman mulai banyak digunakan dalam produk barang.

Baca Juga :   SnapTik App : Cara Unduh Video Dan Lagu MP3 Tiktok Tanpa Watermark

Semakin populer digunakan semenjak diadopsi oleh toko-toko swalayan untuk keperluan informasi barangan yang mereka jual. Selain itu agar lebih mudah untuk mengindentifikasi produk berdasarkan kategori. Sehingga proses scan dalam pembayaran akan lebih cepat dan diperlukan alat pindai optik yang dapat membaca barcode.

Selain kebutuhan dalam prduk ritel kini fungsinya lebih dari pada itu. Penggunaan barcode juga kini bisa untuk keperluan pribadi seperti, menandai kode pribadi agar lebih mudah menindetifikasinya. Dan keperluan lainnya, untuk kalian yang ingin membuat barcode dengan mudah silahkan simak ulasan selanjutnya.

Jenis-Jenis Barcode

Ada beberapa jenis barcode yang beredar bisa kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan kalian tentunya. Salah satu yang paling sering kita jumpai barcode ritel pada barang atau produk yang ada di toko swalayan.

Nah, berikut ini jenis-jenis barcode yang sesuai dengan kebutuhannya :

1. Barcode Ritel

Jeniskode bar ini biasanya digunakan untuk keperluan packaging yang berisikan 14 angka. Kalian akan menemukan barcode ini pada produk toko swalayan. Kode bar ini menggunakan sistem Universal Prices Codes (UPC) untuk mengindetifikasi produk.

2. Barcode Non Ritel

Untuk jenis kode bar yang satu ini biasanya dipergunakan untuk peerluan pribadi. Selain itu kalian juga dapat menemukan kode bar ini pada buku-buku diperpustakaan, kartu member, atau melebeli barang inventaris.

3. Barcode Farmasi

Kode bar yang satu ini biasanya digunakan untuk menidentifikasi produk obat-obatan. Jenis barcode yang biasa digunakan adalah Healty Industry Bar Code (HIBC). Ditandai “+” dan 24 karakter campuran yang terdiri dari huruf dan angka.

4. Barcode Penerbitan

Kode bar ini dapat kalian temukan pada buku sekolah, majalah atau novel saat kalian membeli di toko buku. Kode bar yang digunakan sistem Internasional Standartd Book Number (ISBN) atau Internasional Standard Serial Number (ISSN).

Baca Juga :   Cara Cek NISN dengan Nama Secara Online di Kemdikbud 2022

Cara Membuat Barcode

Setelah kalian mengetahui ulasan mengenai barcode dan fungsinya serta jenis-jenis barcode. Maka selanjutnya kalian tinggal membuat barcode sendiri dengan mudah untuk keperluan usaha. Bagi kalian yang belum tahu cara membuat barcode, ada beberapa cara yang bisa kalian praktekan dibawah ini :

Cara Membuat Barcode di Android

Cara membuat barcode mudah dan gratis bisa kalian lakukan dengan menggunakan perangkat smartphone. Kalian juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada di Google Play.

Berikut ini langkah-langkah membuat barcode menggunakan HP Android :

  • Download dan instal aplikasi membuat barcode.
  • Buka aplikasi dan pilih menu Add code.
  • Pilih jenis barcode yang ingin kalian buat.
  • Pilih opsi tipe barcode.
  • Ekspore barcode dan simpan di HP.

Cara Membuat Barcode via iPhone

Selain dapat membuat barcode melalui perangkat android kalian juga dapat membuat barcode dengan ponsel berbasis iOS seperti iPhone dan iPad. Kalian bisa menggunakan aplikasi bernama Qrafter yang bisa kalian unduh secara gratis di App Store.

Berikut ini langkah-langkah membuat barcode di iOS :

  • Download dan instal aplikasi Qrafter diponsel kalian.
  • Buka aplikasi dan pilih ikon “+”.
  • Pilih jenis barcode yang ingin dibuat.
  • Pilih menu create untuk membuat barcode.
  • Barcode akan muncul dilayar kemudian simpan di HP.

Cara Membuat Barcode via Excel

Cara lainnya kalian bisa membuat barcode didalam Excel sebuah alternatif bagi kalian yang ingin langsung mencetak barcode tersebut. Metode ini juga sangat cocok bagi kalian yang ingin melakukan percetakan secara langsung.

Sebelum melangkah ke Excel kalian harus membuka situs Idautomation.com terlebih dahulu. Nah, berikut ini langkah-langkah membuat barcode via Excel :

  • Buka browser dan cari situs Idautomation.com.
  • Pilihmenu font tools diberanda.
  • Pilih Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access & Word.
  • Klik tombol merah download.
  • Simpan file yang diunduh ke komputer.
  • Buka file Barcodefunctions.zip untuk diekstrak.
  • Buka Microsoft Excel dan pilih menu tools.
  • Cari menu Macro dan pilih menu Visual Basic Editor.
  • Klik menu file dan pilih menu Import file.
  • Buka browser untuk menavigasi ID Automation.
  • Cari file macro IDautomation.bas dan buka di browser.
  • Uji barcode dengan cara mengetik nomer di sel A1.
  • Pada sel sebelahnya, ketik fungsi barcode.
  • Ketik =Code128(A1) di sel B2 dan Enter.
  • Barcode akan ditampilkan pada sel B2.
Baca Juga :   Cara Download Dan Menggunakan Aplikasi BPJS Kesehatan Terbaru 2022

Perbedaan Barcode & QR Code

Jika kalian berfikir QR Code dan barcode adalah suatu hal yang sama, maka kalian bisa jadi salah dan benar. Pasalnnya QR Code merupakan penerud dari barcode yang telah kalian kenal lebih dulu.

Barcode lebih sering digunakan untuk mengurutkan produk berdasarkan jenis dan nilai atau harganya. Sedangkan QR code terbilang lebih modern dan dapat menyimpan banyak data ketimbang barcode.

Untuk barcode sendiri lebih sulit untuk dibaca dan lebih banyak digunakan dalam perindustrian perdagangan. Sedangkan QR Code lebih mudah dibuat dan mudah dibaca hanya menggunakan smartphone.

AKhir Kata

Itulah informasi yang dapat disampaikan tentang cara membuat barcode dengan mudah. Kalian dapat membuat barcode sendiri dengan mudah tanpa perlu alat khusus untuk membuat barcode tersebut. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan terima kasih telah mendukung laman kami.