Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube Pada Chrome & Mozila

Butonrayanews.co.idIDM adalah sebuah Extension pada browser yang sangat terkenal dan sering di gunakan pada perangkat komputer. Apalagi bagi mereka yang hobi download video Youtube, IDM menjadi andalan untuk mengunduh video yang mereka inginkan. Namun sering kali IDM tidak muncul pada video yang sedang di putar. Maka dari itu kami akan membagikan cara mengatasi IDM tidak muncul di Youtube

Youtube merupakan platform video yang menyediakan berbagai macam konten video menarik. Yang mana terdapat video dengan berbagai kategori seperti Tutorial, pendidikan, review, musik dan lain – lain. Maka tidak heran jika banyak orang yang ingin mengunduh video dari youtube. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan IDM. yang mana cara ini merupakan cara yang paling cepat dan praktis.

Akan tetapi, sehebat apapun ciptaan manusia pasti memiliki kekurangan, begitu juga dengan IDM. Walaupun sudah dipercaya banyak orang bahwasanya IDM merupakan software atau Extension yang sangat hebat. Namun sering kali banyak pengguna yang mengalami kendala. seperti IDM tidak muncul pada video Youtube.

Dengan kejadian yang seperti itu tentu saja akan membuat kita kesal. apalagi jika kita benar – benar membutuhkan video yang akan di download. Namun kalian harus tetap santai jika sedang mengalami masalah tersebut. Karena kini kami akan membagikan solusi untuk Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube. Untuk selengkapnya kalian bisa simak penjelasan di bawah ini

Sekilas Tentang IDM dan Kegunaanya

Sekilas Tentang IDM dan Kegunaanya

IDM atau Internet download Manager adalah sebuah extension yang di pasang pada Browser untuk memudahkan proses download berbagai file. Seperti dokumen, Musik, VIdeo, gambar dan file lainnya, Sehingga download menjadi lebih mudah praktis dan lebih cepat.

Baca Juga :   Cara Live ( Siaran Langsung ) di Tiktok + Syarat Dan Ketentuanya

Selain itu, IDM secara khusus di buat dengan interface dan grafis yang sangat sederhana. Sehingga pengguna tidak akan merasa kesulitan ketika menggunkannya. hebatnya lagi IDM memiliki fitur resume, sehingga dapat melanjutkan proses download yang terhenti.

Dengan kata lain, kalian dapat download kembali file yang gagal di download tanpa harus mengulangi proses dari awal. seperti yang kita ketahui, mayak faktor yang membuat proses download terputus, seperti jaringan internet yang terputus atau yang lainnya. Tentu saja hal tersebut sangat menjengkelkan, apalagi jika terputus setelah file didownload hingga 90%. Tapi tenang saja, jika kalian menggunakan IDM, Hal Tersebut bukan masalah besar, karena adanya fitur resume.

Atas dasar itu, kenapa banyak orang menggunakan idm untuk download video youtube. Namun sering kali kita di hadapi kesulitan karena tombol download IDM tidak muncul pada video youtube. sehingga kita tidak bisa download video yang kita inginkan. Jika kalian sedang mengalami masalah yang sama Berikut ini cara untuk Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

Penyebab Tombol IDM tidak Muncul di Youtube

Sebelum kita membahas tentang cara untuk Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube. Alangkah lebih baik jika kalian mengetahui terlebih dahulu penyebab tombol IDM tidak muncul di Youtube. Sebab ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan masalah tersebut.

Dengan mengetahui penyebab masalah tersebut, maka kalian akan lebih mudah mengatasinya. untuk itu berikut ini adalah berbagai faktor penyebab idm tidak muncul pada video Youtube yang sedang di putar.

1. Exstensi IDM belum Terpasang dengan benar

Biasanya banyak pengguna mengalami masalah ini diakibatkan karena pemasangan idm yang tidak benar. Maka dari itu, sangat penting sekali kalian mengetahui cara pemasangan idm secara benar. Pasalnya pemasangan yang dilakukan secara asal – alasan akan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari. Salah satunya adalah IDM tidak muncul di video Youtube. sehingga kalian tidak dapat memanfaatkan IDM dengan sepenuhnya.

Baca Juga :   3 Cara Mengatasi Lupa Password Gmail Dengan Mudah 2022

2. IDM Belum Diaktivasi

Masalah berikutnya yang membuat Tombol IDM tidak muncul, bisa jadi itu diakibatkan karena IDM belum di aktivasi. Sebab banyak orang yang melas melakukannya, karena harus membayar untuk mendapatkan kode aktivasi. Sehingga kebanyakan orang menggunakan IDM mode trial atau gratis yang hanya berlaku sekitar 7 hari.

Maka dari itu, setelah masa aktif tial sudah selesai, akan banyak masalah yang muncul. salah satu yang sering terjadi adalah, tombol idm tidak muncul, hingga masalah yang terparah yaitu tidak dapat melakukan download.

3. PC / Laptop Tidak support

Jika kalian sudah mengatasi masalah di atas tapi tetap idm tidak muncul. Bisa jadi masalahnya Laptop atau PC yang kalian gunakan tidak support dengan IDM. Hal tersebut biasanya terjadi dia akibatkan oleh IDM yang telah kadaluarsa. Sehingga IDM tidak dapat digunakan karena menggunakan versi yang lamu. Untuk itu kalian harus melakukan Update IDM secara berkala. Ketika pihak IDM memberi informasi mengenai versi terbaru.

Cara Untuk Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

Cara Untuk Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

Setelah kalian mengetahui berbagai penyebab yang mengakibatkan IDM tidak muncul. selanjutnya kalian harus memperbaiki masalah tersebut sesegara mungkin. agar IDM dapat digunakan kembali seperti biasanya.

Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, kalian bisa mengikuti beberapa cara seperti di bawah ini. Untuk itu silahkan perhatikan cara berikut ini.

Install Ulang IDM Extension pada Browser

Cara pertama untuk memperbaiki masalah IDM tidak muncul pada yotube dalah dengan Menginstall kembali IDM extension pada browser. Cara ini merupakan solusi ampun untuk menyelesaikan masalah tersebut. Apalagi jika penyebab masalahnya diakibatkan oleh pemasangan yang tidak benar.

Untuk caranya silahkan iuti langkah – langkah berikut ini:

  1. Pertama buka browser yang akan dipasangkan dengan Extesion IDM, Sebagai contoh kita menggunakan Google Chrome.
  2. Setelah browser terbuka, klik ikon titik tiga yang ada si sisi kanan atas browser.
  3. Kemudian klik More Tools
  4. Lalu Klik Extensions
  5. Pada bagian IDM Intergraton Module, klik Remove, maka setelah itu akan muncul pop-up konfirmasi
  6. Kemudian klik Remove untuk melakukan konfirmasi tersebut
  7. Setelah itu buka Windows Explore
  8. Pilih Komputer
  9. Lalu klik Local Disck C
  10. Kemudian Klik Program File (x86)
  11. Klik Internet download Manager
  12. Setelah itu cari file (IDMGCExtt.crx)
  13. Kemudian klik drag pada halaman extension google chrome
  14. Seanjutya akan ditampilkan pop up sebelum menjalankan install ulang IDM Integration Modul
  15. Lalu klik add Extensions
  16. Setelah itu akan ada pemberitahuan, bahwa kalian telah berhasil menginstall IDM ke google chrome
  17. selanjutnya lakukan restart pada browser yang kalian gunakan
  18. setelah itu maka otomasti IDM akan mucul kembali pada video youtube.
Baca Juga :   Cara Daftar UMKM Online 2022 Gratis Lewat HP Dengan Mudah

Install Kembali Software IDM

Jika cara diatas tidak dapat mengatasi masalah yang kalian alami. cara berikutnya yang bisa kalian gunakan adalah dengan menginstall kembali software IDM pada pc yang kalian gunakan.

berikut ini adalah langkah – langkah untuk install ulang IDM

  1. Download kembali Software IDM versi terbaru pada halaman resmi IDM
  2. Jika sudah di download klik file installer IDM tersebut
  3. Kemudian akan ada jendela installer yang muncul
  4. Langsung saja klik Next hingga proses install dapat di lakukan
  5. Setelah muncul tombol Install, kalian klik tombol tersebut untuk memulai proses insatall.
  6. selanjutnya tunggu hingga proses install selesai
  7. setelah selesai kalian harus merestart browser yang kalian gunakan
  8. kemudian buka kembali browser lalu otomatis idm akan muncul pada video youtube.

Penutup

Demikian pembahasan kami mengenai cara untuk Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube. Semoga apa yang kami sampaikan bisa berguna khususnya bagi yang mengalami masalah yang sama. Terimakasih atas perhatiannya sampai ketemu di pembahasan kami selanjutnya