Penyebab dan Cara Mengatasi IndiHome Lemot Agar Cepat

Butonrayanews.co.id – Indihome merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh Telkom, dimana indihome tersebut menyediakan layanan Wifi. Yang mana, terkadang wifi menjadi lemot dan bisa mengganggu aktivitas kegiatan pekerjaan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kalian perlu tahu Cara Mengatasi Indihome Lemot di bawah ini.

Pengguna Indihome cukup banyak dan sudah tersebar dimana-mana. Wifi lemot tentunya akan membuat setiap penggunanya terganggu karena pekerjaan mereka tehambat. Terdapat beberapa cara yang bisa kalian ikuti untuk mengatasi indihome agar tidak lemot. Kalian bisa ikuti cara-cara dibawah ini, saat wifi rumah kalian mengalami hal serupa.

Untuk kalian yang ingin tahu cara mengatasi masalah wifi lemot pada Indihome. Kalian bisa ikuti terus dari awal sampai akhir penjelasan yang akan diberikan. Agar kalian tidak ketinggalan informasi seputar Indihome. Sebelum mengetahui cara-cara mengatasi indihome lemot, kita akan bahas terlebih dahulu penyebab lemotnya internet.

Penyebab Internet Indihome Lemot

Penyebab Internet Indihome Lemot

Internet menjadi lemot, pastinya memiliki penyebab kenapa hal tersebut terjadi. Mari kalian cek satu persatu penyebabnya dibawah, apakah ada salah satu dari penyebab yang disebutkan membuat lemotnya internet Indihome di rumah kalian? Mari kalian ikuti penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. Adapun beberapa penyebabnya yaitu sebagai berikut :

1. Mengetahui Kemampuan Internet

Penyebab yang pertama yang harus kalian tahu saat internet menjadi lemot yaitu kemampuan dari internetnya sendiri. Yang mana, internet Indihome mempunyai beberapa paket, diantaranya paket 20 Mbps, 30 Mbps, 40 Mbps hingga 200 Mbps. Besar kecilnya masing-masing paket internet, penggunaanya harus disesuaikan.

Namun, jika kalian menggunakannya secara berlebihan atau melebihi batas pengguna, wifi akan melambat. DJumlah idel penggunaan device dari masing-masing kecepatan internet atau wifi Indohome yaitu sebagai berikut :

  • 20 Mbps optimal device 5
  • 30 Mbps optimal device 7
  • 40 Mbps optimal device 10
  • 50 Mbps optimal device 18
  • 100 Mbps optimal device 25
  • 200 Mbps optimal device 30
Baca Juga :   Kalkulator Tiktok Rupiah 2022, Cara Cek Penghasilan TikTok

Yang sudah di sebutkan merupakan batasan penggunaan pada masing-masing paket internet. Setelah mengetahui batasannya, kalian harus gunakan secara tepat agar wifi Indihome kalian tidak lemot.

2. Penggunaan Beton pada Sekat Rumah atau Ruangan

Penyebab lainnya yaitu penggunaan beton pada sekat rumah atau ruangan. Hal tersebut akan mempengaruhi sinyal wifi. Tidak hanya beton saya yang dapat mempengaruhinya, marmer dan batu bata juga bisa menjadi penyebab sinyal wifi. Penggunaan batas dengan material tersebut akan menghambat sinyal wifi.

Sebaiknya jika kalian menggunakan wifi indihome, letakkan modem wifi pada tempat yang terbuka dan jauh dari dinding yang dapat dijangkau oleh semua orang. Dengan begitu kalian tidak akan menemukan masalah wifi menjadi lemot.

3. FUP Sudah Limit

Wifi Indihome menggunakan sistem FUP, dimana FUP ini merupakan Fair Usage Policy yang bisa di artikan batasan pemakaian wajar. Sistem tersebut tidak memberikan layanan internet secara tak terbatas, tetapi di batasi oleh kuota. Jika sudah mendekati atau melewati FUP, wifi indihome kalian akan melambat.

Dimana, masing-masing paket internet memiliki FUP yang berbeda-beda. Semakin besar paket yang kalian pasang, semakin besar pula FUP yang disediakan oleh Indihome. Jadi, kalian harus benar-benar cek penyebab dari wifi indihome menjadi lemot.

4. Gangguan Teknis

Penyebab terakhir yang biasanya menyebabkan wifi Indihome menjadi lemot yaitu gangguan teknis. Saat wifi tiba-tiba menjadi lemot atau bahkan sampai tidak bisa digunakan. Kemungkinan besar internetnya sedang mengalami gangguan, dimana gangguan teknis juga sering dialami seperti kerusakan perangkat wifi.

Kerusakan perangkat wifi yang berasal dari kabel optik dan modem. Jika hal tersebut terjadi, segera kalian hubungi teknisi Indihomenya.

7 Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot

7 Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot

Penyebab terjadinya wifi indihome lemot berbeda-beda. Namun, disini kita akan jelaskan mengenai cara untuk mengatasi wifi indihome lemot. Yang mana, cara mengatasinya mempunyai beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah internet indihome tibat-tiba menjadi lemot.

Langsung saja, dibawah ini kita mempunyai beberapa cara mengatasi wifi indihome lemot yang bisa kalian gunakan saat mengalami hal serupa. Adapun cara-caranya yaitu sebagai berikut :

1. Restar Router yang Digunakan

Router sendiri yaitu salah satu perangkat yang sering sekali menjadi penyebab internet indihome menjadi lemot. Perangkat tersebut merupakan perangkat yang bertanggung jawab sebagai perantara antara perangkat dengan internet. Terkadang perangkat tersebut mengalami eror setelah digunakan di waktu yang cukup lama.

Baca Juga :   Logo Iphone FF Seperti Akun William GZ, Begini Cara Membuatnya

Sehingga, bisa jadi penyebab gangguan internet indihome menjadi lemot karena perangkat Router tersebut. Dengan melakukan restar router, akan membantu dalam menghilangkan eror yang terjadi. Hal tersebut, bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi indihome menjadi lemot.

2. Batasi Jumlah Pengguna

Selain cara yang sudah dijelaskan di atas, masih ada cara yang kedua agar wifi indihome kalian tidak lemot yaitu batasi jumlah pengguna wifi tersebut. Jika kecepatan internet indihome yang kalian punya hanya 10Mbps/s dan memiliki lebih dari 5 perangkat yang tersambung.

Maka kecepatan yang diterima oleh setiap pengguna wifi tersebut akan sangat kecil. Ditambah lagi, jika salah satu dari penggunanya melakukan proses download. Dengan begitu, koneksi pada pengguna wifi lainnya bisa berkurang secara drastis. Untuk melihat jumlah pengguna yang aktif, kalian bisa masuk ke menu admin.

Bisa masuk ke menu admin dan masukkan password router yang dimiliki. Setelah masuk, kalian bisa lihat berapa banyak pengguna yang terhubung dengan wifi indihome yang dimiliki. Jika memang terlalu banyak, kalian bisa hapus dan batasi jumlah penggunanya agar internet bisa kembali menjadi lancar.

3. Hapus Cache pada Browser

Cara selanjutnya yang bisa kalian ikuti saat mengalami wifi indihome lemot yaitu hapus cache pada browser. Saat melakukan browsing tiba-tiba internet menjadi lemot, mungkin penyebabnya browsing yang kalian gunakan menyimpan terlalu banyak cache. Cache bisa menjadi salah satu penyebab koneksi intenet menjadi lemot.

Karena cache berisi data dari kegiatan browsing yang dilakukan sebelumnya. Jika kalian terlalu banyak menyimpan cache, maka akan membebani kerja internet pada browser. Hal tersebut bisa menjadi penyebab indihome menjadi lemot. Kalian bisa hapus cache pada browser yang digunakan, untuk mempercepat koneksi internet indihome.

4. Gunakan Repeater

Gunakan Repeater untuk mengatasi internet indihome menjadi lemot. Jika rumah kalian cukup luas dan hanya mempunyai 1 modem saja, tentunya tidak semua area bisa mendapatkan sinyal wifi yang kencang. Selain mengganti lokasi penempatan router, kalian juga bisa menggunakan repeater agar dapat memperluas jangkauan internet.

Semakin jauh jangkauan yang bisa didapatkan, semakin stabil pula intenet yang digunakan. Reapeter ini berfungsi untuk menangkap sinyal wifi dan memancarkannya kembali. Dengan menggunakan repeater, bisa menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan agar terhindar dari wifi indihome menjadi lemot.

5. Upgrade Kecepatan yang Digunakan

Sudah empat cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi maslah internet indihome menjadi lemot. Jika empat cara tersebut tidak dapat mengatasi masalah internet menjadi lemot, kalian bisa gunakan cara yang kelima ini yaitu upgrade kecepatan yang digunakan.

Baca Juga :   Cara Repost Instagram Sebagai Feed Dan Story Terbaru 2022

Kalian perlu menambah kecepatan paket internet yang digunakan, agar koneksi internet menjadi stabil. Koneksi internet melambat atau lemot, bisa saja terjadi karena pola penggunaan internet membutuhkan koneksi yang lebih cepat dan stabil dari biasanya.

Kalian bisa pilih paket internet Indihome yang sesuai dengan kebutuhan. Agar dapat meningkatkan kecepatan internet indihome dan terhindar dari koneksi internet yang lemot. Sebaiknya kalian pilih paket internet indihome yang besar.

6. Perhatikan Lokasi Router

Tidak semua lokasi atau tempat bisa memasksimalkan kinerja router dengan baik. Ada beberapa titik malah berpotensi menghambat dan akhirnya membuat internet menjadi lemot. Apabila router yang digunakan diletakan terlalu rendah, tinggi atau terhalang oleh benda dirumah. Sebaiknya kalian pindahkan ke tempat yang lebih terbuka.

Dengan begitu, koneksi internet akan menjadi stabil. Wajib kalian tahu, jangan letakkan router berdekatan dengan perangkat elektronik lainnya atau posisi yang terhalang tembok atau besi. Jika begitu, internet yang kalian punya akan menjadi lemot ataupun kecepatannya menjadi melambat.

7. Gunakan Fungsi CMD

Cara yang terakhir untuk mengatasi internet indihome lemot yaitu kalian gunakan fungsi CMD. Untuk memanfaatkan fungsi CMD dalam mengatasi internet menjadi lemot yaitu sebagai berikut :

  1. Buka Command Prompt pada laptop atau PC yang sudah tersambung dengan Wifi.
  2. Ketik ipconfig pada halaman CMD untuk mengetahui alamat IP.
  3. Ketik ping l (jumlah request bandwidth) (IP address).

Contoh: jika menginginkan bandwidth sebesar 1000 bytes dan IP address kamu adalah 192.168.1.1, maka bisa ketik ping l 1000 192.168.1.1 t. 4. Biarkan jendela CMD tetap terbuka selama kamu menggunakan internet.

Masih ada cara lainnya yang bisa bisa mempercepat koneksi internet wifi menggunakan perintah CMD, yaitu sebagai berikut :

  1. Buka jendela CMD.
  2. Ketik **cd C:**
  3. Ketik netsh interface tcp set global autotuning = disabled. Jendela CMD akan berubah tampilan.
  4. Gunakan internet seperti biasa.
  5. Kembalikan ke kondisi semula dengan mengetikkan netsh interface tcp set global autotuning = normal, tunggu notifikasi muncul.

Penutup

Itulah yang bisa dijelaskan mengenai Cara Mengatasi Indihome Lemot. Semoga semua yang di informasikan dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai, sampai jumpa di artikel selanjutnya!