Cara Menghapus Akun Gmail Permanen lewat HP atau PC

Butonrayanews.co.idCara Menghapus Akun Gmail bisa di lakukan melalui HP maupun PC/ laptop. Caranya pun mudah, namun jika kalian tidak tahu cara untuk mengapus akun gmail tersebut. Kalian bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini yang akan kita bahas secara lengkap dan mudah dipahami. Simak terus informasi selengkapnya dibawah.

Gmail atau Google Mail sendiri merupakan salah satu aplikasi pesan elektronik yang memudahkan penggunanya mengirimkan sebuah pesan. Dimana, dengan menggunakan gmail para pengguna dapat mengirim file berupa dokumen, foto, video maupun yang lainnya. Gmail juga bisa digunakan untuk login hp, login sosial media dan lainnya.

Namun, terkadang ada dari mereka yang ingin menghapus akun gmail yang dimilikinya. Mungkin karena sudah tak terpakai, atau ingin menggunakan gmail yang baru ataupun alasan lainnya. Untuk menghapus akun gmail, kalian harus mengikuti beberapa langkah agar berhasil menghapus akun tersebut. Banyak juga para pengguna gmail yang belum tahu cara menghapusnya.

Agar kalian lebih paham dan mengerti tentang cara untuk menghapus akun gmail, kalian bisa ikuti langkah-langkah yang akan kita berikan dibawah ini. Terdapat beberapa cara menghapus akun gmail dengan mudah dan juga cepat. Kalian bisa memilih salah satunya yang mudah kalian ikuti. Bisa lihat penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Menghapus Akun Gmail

Saat kalian membeli handphone baru, tentunya kalian harus menambahkan sebuah akun gmail terlebih dahulu sebelum menggunakan hp tersebut. Akun bisa digunakan untuk dapat mengakses semua aplikasi hp berbasis android. Dengan begitu, kalian bisa dengan mudah membuka email penting di gmail tanpa harus membuka PC/leptop terlebih dahulu.

Baca Juga :   3 Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen di Hp

Sebagian dari pengguna akun gmail, terkadang tiba-tiba ingin menghapus akun google pada hp. Banyak sekali alasan yang memungkinkan mereka untuk menghapus akun tersebut. Misalnya, akan mengganti hp baru, atau ingin mengganti dengan akun yang baru. Namun, banyak juga dari mereka yang belum tahu cara menghapus akun gmail.

Terdapat beberapa cara untuk menghapus akun google mail secara permanen pada hp maupun PC/ leptop. Namun sebelum menghapus akun gmail, pastikan kalian amankan dokumen penting yang tersimpan di akun tersebut. Kalian bisa pindahkan dokumen tersebut ke perangkat lain untuk menghindari berkas berharga tidak hilang.

Sebelum menghapus akun gmail, sebaiknya kalian harus tahu beberapa hal yang harus kalian amankan agar tidak hilang begitu saja. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

Pastikan Data Penting Aman

Yang pertama saat kalian akan menghapus akun gmail, pastikan data penting aman. Sebab setelah akun kalian dihapus maka semua file penting yang tersimpan di Google Drive, Google Photo dan sebagainya akan hilang pada hp tersebut. Untuk dapat memulihkannya, kalian harus menambahkan akun gmail kembali.

Agar kalian terhindar dari hal seperti itu, pastikan data penting dipindahkan ke perangkat lain. Dengan cara mentransfer data ke media penyimpanan baru, dengan begitu berkas yang dimiliki akan tersimpan aman. Langkah tersebut bisa di lakukan saat kalian mengganti handphone yang baru atau menambahkan akun gmail di hp yang lain.

Tidak Dapat Mengakses Layanan di Google Playstore

Sebekum menghapus akun gmail, kalian harus pikirkan terlebih dahulu. Sebab nantinya saat akun gmail terhapus kalian tidak dapat mengakses layanan di Google Playstore lagi. Namun jika kalian hanya menghapusnya saja dan tidak menghapus akun gmail secara permanen, kalian masih bisa membukanya lagi dengan cara login kembali.

Tidak Dapat Membuka Aplikasi Google di HP

Yang kalian perhatikaan saat akan menghapus akun gmail yaitu kalian tidak bisa lagi membuka aplikasi google di HP. Dengan menghapus akun gmail artinya kalian sudha tidak bisa membuka semua aplikasi bawaan google pada hp. Seperti google drive, google books, google kalender, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga :   4 Cara Mengubah JPG ke PDF Online Di HP Atau Laptop Dengan Mudah

Semua aplikasi yang sudah disebutkan bisa kalian akses lagi, jika kalian tidak menghapus akun google secara permanen. Saat membeli hp baru berbasis Android, kalian langsung saja tambahkan akun google yang lama pada hp yang baru. Dengan begitu, semua aplikasi yang ada di akun lama bisa di akses melalui hp yang baru.

Cara Menghapus Akun Gmail secara Permanen

Untuk bisa menghapus akun gmail kalian bisa melakukannya melalui hp maupun PC. Caranya cukup mudah untuk di lakukan, namun banyak dari mereka yang belum tahu cara untuk menghapus akun gmail yang dimilikinya. Agar memudahkan kalian, bisa lihat langkah-langkah menghapus akun gmail yaitu sebagai berikut :

1. Cara Menghapus Akun Gmail Melalui HP

Cara yang pertama untuk bisa menghapus akun gmail, kalian bisa menghapus akun tersebut melalui hp. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Gmail di HP. Pertama kalian bisa langsung masuk ke aplikasi gmail pada menu di hp, kemudian kalian klik ikon garis dan klik Manage Your Google Account.
  2. Buka Profil akun Gmail. Kemudian, kalian masuk ke profil dan pilih Data & Privacy. Lalu kalian bisa mencari menu Delete Your Google Account.
  3. Buka menu Delete Your Google Account. Selanjutnya kalian klik delete your google account dan pengguna akan diminta untuk konfirmasi password Gmail. Kemudian klik Next untuk verifikasi.
  4. Klik Delete Account. Langkah terakhir kalian dapat mengisi checkbox yang tersedia dan klik Delete Account.

2. Cara Menghapus Akun Gmail Melalui PC/ Leptop

Untuk menghapus akun gmail, tidak hanya dapat dilakukan melalui hp saja. Kalian juga dapat menghapus akun gmail melalui PC/ leptop. Caranya sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama. Agar kalian lebih paham caranya, kalian bisa lihat langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka Akun Google. Langkah pertama kalian klik Profil dan pilih Manage Your Google Account. Dimana kalian sebagai pengguna akun akan diberikan beberapa menu penting.
  2. Masuk ke menu Data & Privacy. Kalian buka More options lalu klik Delete Your Google Account.
  3. Konfirmasi password Gmail. Selanjutnya, kalian sebagai pengguna akun perlu melakukan verifikasi bahwa yang menghapus merupakan pemilik akun dengan password Gmail.
  4. Klik Delete Account. Pastikan kalian udah klik opsi Delete Account dan Klik Checkbox yang tersedia. Langsung saja kalian klik Delete Account sampai notifikasi akun Gmail terhapus muncul.
Baca Juga :   Cara Mengirim Folder Lewat Email Dengan Mudah dan Praktis 2022

3. Cara Menghapus Akun Gmail Melalui Browser

Masih ada cara lainnya yang bisa kalian lakukan untuk bisa menghapus akun gmail yaitu melalui Browser. Dengan mengetahui cara ini, hanya email inti saja yang bisa merekam aktivitas kalian di browser. Selain itu, saat kalian mendaftar sesuatu secara online, kalian tidak perlu lagi login kembali. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama, kalian kunjungi Gmail melalui browser di Hp yang dimiliki.
  2. Langsung saja kalian klik ikon tiga garis di pojok kiri atas layar.
  3. Kemudian, kalian pilih akun Gmail yang aktif ydan akan kalian hapus.
  4. Setelah memilihnya, kalian pilih Manage accounts on this device lalu klik logout dan enonaktifkan sinkronisasi.
  5. Kalian pilih menu Hapus Gmail untuk mengonfirmasi.
  6. Selesai, akun gmail kalian sudah terhapus.

Note. Proses penghapusan akun Gmail secara permanen tidak bisa langsung menghilang begitu saja. Pihak google akan memastikan bahwa semua data dan halaman penampil Gmail akan terhapus dalam waktu 2×24 jam.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa di sampaikan mengenai Cara Menghapus Akun Gmail. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!