Cara Mengirim Folder Lewat Email Dengan Mudah dan Praktis 2022

Butonrayanews.co.id – Di era digital, kini email merupakan salah satu kebutuhan yang harus di miliki setiap orang. pasalnya email, merupakan salah satu alat untuk mengirim dan menerima berbagai file. Oleh karena itu keberadaan email sangat penting. Namun apakah Kalian tahu bagaimana cara mengirim folder lewat Email, bagi yang belum mengetahuinya silahkan simak ulasan berikut ini.

Mengirim email dalam bentuk file memang sangat mudah, namun akan sangat menyusahkan jika file yang dikirim memiliki jumlah yang sangat banyak. Tentu saja hal itu menjadi tidak efektif, karena kita harus mengirimnya satu per satu. Untuk memudahkan sekaligus mempersingkat waktu, kalian bisa mengirim seluruh file tersebut dalam bentuk folder.

Dengan demikian kalian bisa mengirim banyak file dalam satu kali pengiriman, hal itu juga akan memudahkan penerima, karena dapat download sekaligus satu kali klik. Tentu saja cara ini menjadi pilihan terbaik untuk mengirim berbagai file sekaligus. tapi sayangnya tidak semua orang mengetahui cara ini. Oleh sebab itu kami akan menjelaskan cara kirim Folder lewat email dengan mudah dan praktis.

Penjelasan singkat mengenai email

Penjelasan singkat mengenai email

Sebelum kami menjelaskan tentang cara mengirim folder lewat emal. kami akan mengingatkan kembali apa itu email dan fungsinya. Email adalah singkatan dari Elektronik Mail yang di jika di translate artinya surat elektronik. Yaitu sebuah sarana untuk mengirim surat melalui media internet.

Berhubung memerlukan jaringan internet, maka Untuk menggunakannya memerlukan perangkat berupa PC atau Smartphone. yang mana kedua perangkat tersebut harus terhubung ke jaringan internet. Keunikan mengirim surat melalui email tidak di pungut biaya untuk membeli perangko.

Untuk fungsinya sendiri, Email memiliki banyak kegunaan. Karena pada dasarnya email merupakan alamat resmi kita di dunia maya. Sama halnya nomor telepon yang merupakan alamat kita di jaringan telpon.

Baca Juga :   SnapTik App : Cara Unduh Video Dan Lagu MP3 Tiktok Tanpa Watermark

Melalui email, kalian dapat terkoneksi dengan berbagai aktivitas di internet. Bisa untuk mendaftar ke sosial media, seperti facebook, Instagram serta daftar di berbagai situs yang di perlukan. Sebagai media untuk kirim – mengirim kini email memiliki banyak fungsi seperti mengirim FIle, Foto, Video dan dokumen..

Belakangan ini, untuk memudahkan para pengguna Dapat mengirim Banyak file sekaligus dalam sekali kirim. Yang dengan mengirim folder yang telah terisi semua file yang akan kita kirim. Jika kalian ingin mengetahui caranya silahkan beberapa ulasan berikut ini.

Cara Mengirim Folder lewat Email

Cara Mengirim Folder lewat Email

Untuk dapat mengirim folder melalui email, ada dua cara yang bisa kalian lakukan. Pertama menggunakan RAR lalu selanjutnya dengan menggunakan Google Drive. Kalian bisa memilih kedua cara tersebut yang menurut kalian lebih mudah dan praktis.

Mengirim Folder Dengan RAR

Untuk dapat mengirim folder lewat email salah satu cara yang sering di gunakan yaitu dengan menggunakan RAR. Tapi untuk menggunakan cara ini kalian harus install terlebih dahulu aplikasi RAR di PC maupun Laptop. Jika kalian sudah memilikinya, kalian harus merubah folder yang akan di kirim menjadi file RAR. Untuk caranya kalian bisa ikuti langkah langkah seperti di bawah ini.

Cara merubah Folder Menjadi File RAR

  1. Pertama kalian cari folder yang akan dikirim melalui email. Tapi kalian tidak perlu untuk membuka folder tersebut. kalian cukup berada di luar folder yang akan di rubah menjadi rar.
  2. Setelah itu, Klik kanan pada mouse, kemudian pilih dan klik pada opsi ADD to “nama folder.rar”. Perlu kamian pahami, “nama Folder.rar” akan selalu berbeda tergantung nama folder itu sendiri.
  3. Selanjutnya kalian hanya tingga lenunggu proses perubahan selesai, Jika selesai maka akan ada file rar dengan nama yang sama dengan nama folder yang akan di kirim. Namun dedanya file tersebut memiliki extension .RAR di belakang nama file tersebut.

Cara Mengirim Folder Lewat Email dengan RAR

Setelah folder dirubah menjadi file RAR, Kini saatnya kalian mengirim folder tersebut ke alamat yang akan di tuju. Caranya sangat mudah, namun bagi yang merasa bingung, silahkan simak dan ikuti langkah langkah seperti di bawah ini.

  1. Langkah pertama, Pastikan kalian sudah memiliki email serta mengetahui alamat email yang akan di tuju.
  2. Jika sudah, selanjutnya buka email yang kalian miliki, baik itu menggunakan Gmail atau yang lainnya.
  3. Setelah masuk ke halaman email, Klik tombol Tulis. sama halnya dengan kalian mengirim pesan atau file melalui email.
  4. Setelah itu akan muncul format pengiriman email. disini kalian kan di minta untuk mengisi alamat penerima dan subjek.
  5. kemudian Isi alamat email penerima dengan benar
  6. Untuk Subjek, itu bebas boleh di isi atau tidak, tapi alangkah baiknya jika kalian isi dengan menjelaskan apa yang sedang kalian kirim.
  7. Untuk mengirim folder, kalian klik simbol Attachment FIles / Lampirkan File Yang ditandai dengan ikon peper clip.
  8. Selanjutnya kalian akan di minta untuk mencari dan memilih file rar yang akan dikirim.
  9. Setelah ketemu klik File RAR tersebut lalu klik tombol open di bagian bawah
  10. Lalu tunggu hingga proses upload selesai, apa bila bar sudah menujukan berwarna biru sepenuhnya 100%, itu menandakan file telah terupload sempurna dan siam di kirim.
  11. Setelah itu Klik Tombol Kirim / Send untuk mengirim file tersebut ke alamat yang sudah di tulis sebelumnya.
Baca Juga :   Cara Menghapus Akun Gmail Permanen lewat HP atau PC

Itulah cara mengirim folder lewat email dengan rar, mudah dan praktis bukan. Jika kalian rasa ini merupakan cara yang mudah silahkan lakukan cara ini.

Mengirim Folder di Google Drive

Jika kalian menggunakan Email dari google atau Gmail. ada cara yang lebih mudah untuk mengirim folder. Dan pastinya cara ini akan lebuh mudah dan praktis dari pada cara yang sebelumnya. namun syaratnya baik anda selaku pengirim dan si penerima memiliki akun Gmail terlebih dahulu.

Kenapa demikian, karena Google Drive yaitu layanan atau fitur yang hanya di miliki oleh Gmail. Sehingga hanya pengguna Gmail yang dapat menggunakan fitur tersebut. maka dari itu untuk dapat menggunakan layanan ini diwajibkan memiliki akun Gmail.

Bagi yang tertarik ingin menggunakan cara ini, Serta ingin mengetahui bagaimana cara mengirim folder lewat email dengan Google Drive. Silahkan perhatikan langkah – langkahnya seperti di bawah ini.

Cara Mengirim Folder lewat Email dengan Google Drive

  1. Pastikan kalian sudah memiliki akaun Gmail dan terdaftar pada akun Goole drive serta si penerima menggunakan alamat Gmail juga.
  2. Selanjutnya kunjungi situs Gmail lalu login dengan akun gmail yang kalian miliki
  3. Setelah berhasil masuk ke halaman utama, Klik Tombol Tulis / Compose
  4. kemudian akan muncul format pengiriman email yang harus kalian isi seperti alamat penerima, Subjek dan Isi pesan.
  5. Setelah itu Isi alamat email penerima dengan alamat Gmail yang benar
  6. Sedangkan pada kolom Subjek, itu bebas boleh di isi atau tidak, tapi alangkah baiknya jika kalian isi untuk menjelaskan apa yang sedang kalian kirim.
  7. Untuk mengirim folder berbeda dengan cara sebelumnya, yang mana pada sebelumnya kalian klik simbol Attachment FIles / Lampirkan File Yang ditandai dengan ikon peper clip.
  8. Namun untuk menggunakan layanan Google Drive, kalian hanya perlu klik ikon Google drive ( Insert Files Using Google Drive) pada bagian bawah
  9. setelah itu, secara otomatis akan ditampilkan semua folder dan file yang ada pada google drive yang kalian miliki.
  10. Selanjutnya kalian hanya tinggal memilih folder mana yang akan di kirim, klin folder tersebut lalu klik Insert yang ada pada bagian bawah.
  11. Setelah itu, folder tersebut akan otomatis masuk ke dalam email yang akan di kirim. Keunggulan layanan ini adalah kalian bisa memilih beberapa folder sekaligus sehingga lebih praktis.
  12. Jika sudah seleai, memilih folder, selanjunya kalian tinggal kirim folder tersebut dengan klik tombol Kirim / Send yang ada di bagian bawah email.
Baca Juga :   Cara Restar HP Vivo Yang Hang Atau Terkunci Ke Setelan Pabrik

Penutup

Kurang lebih seperti itu cara mengirim folder lewat email. bisa menggunakan RAR maupun Google drive. Setiap cara pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. kalian tinggal pilih mana yang terbaik dan paling mudah di gunakan. Baiklah sampai disini pembahasan kita kali ini, sampai ketemu di ulasan selanjutnya.